Jangan Minder Dulu, Ini 4 Cara Hilangkan Bekas Luka

Ilustrasi bekas luka di wajah.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Cara menghilangkan bekas luka ada dua jenis, yaitu secara alami dan secara medis. Cara menghilangkan bekas luka tentu akan memiliki hasil yang maksimal jika dirawat dengan benar. Muncunya bekas luka pada kulit bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari luka lecet karena terjatuh, tergores, teriris benda tajam, luka bakar, cacar air, hingga luka karena iritasi pada kulit. 

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Bekas luka pada kaki tentu sangat mengganggu penampilan. Namun, bagaimanapun bekas luka di kaki merupakan bagian alami dari penyembuhan luka. Sebagian besar bekas luka sulit untuk hilang sepenuhnya. Kabar baiknya, ada cara menghilangkan bekas luka di kaki yang dapat membantu mengurangi tampilannya. 

Cara Menghilangkan Bekas Luka secara Alami

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

1. Lidah buaya

Ilustrasi lidah buaya/aloe vera.

Photo :
  • Pixabay/casellesingold
Pencarian Perawatan Kesehatan Global, Memahami Perspektif dan Tren Masyarakat Indonesia

Lidah buaya menjadi salah satu tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat bagi Kesehatan kulit, sebagai salah satu tanaman dengan banyak sekali bagi kesehatan kulit. Selain dapat mengatasi berbagai masalah kulit kering yang berfungsi dalam mencerahkan kulit, lidah buaya juga dapat membantu menyamarkan serta menghilangkan bekas luka membandel.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan bekas luka cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke area bekas luka, kemudian diamkan selama sekitar 30 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air bersih. Untuk mendapat hasil yang maksimal, gunakan gel lidah buaya sebanyak 2 kali sehari.

2. Madu

Ilustrasi madu manuka

Photo :
  • healthline.com

Di balik rasanya yang manis, madu kemudian bermanfaat dalam mempercepat penyembuhan luka, sekaligus menghilangkan bekas luka yang membandel. Hal ini karena madu mengandung efek antibakteri, antioksidan serta antiradang yang baik dalam proses pemulihan luka di kulit.

Kamu cukup mengoleskan madu ke area bekas luka, lalu balut dengan perban. Setelah itu, diamkan semalaman dan lepaskan perban di pagi hari. Bersihkan kulit dengan air hangat.

3. Lemon

Manfaat lemon

Photo :
  • stardaily

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bekas luka pada area kaki adalah dengan menggunakan lemon. Lemon sendiri kaya akan vitamin C serta kaya antioksidan. Lemon juga memiliki kandungan asam alpha hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas yang terdapat di dalam kulit, sehingga bekas luka di kaki kemudian dapat memudar secara berkala.

Cara menggunakannya sendiri sangat mudah yaitu hanya dengan mengoleskan perasaannya ke area bekas luka di kaki. Lakukan cara ini secara rutin pada malam serta pagi hari agar mendapatkan hasil yang lebih efektif.

4. Baking soda

Baking soda.

Photo :
  • U-Report

Meski sering digunakan untuk membuat adonan kue agar dapat mengembang, baking soda juga menjadi salah satu bahan alami yang dipercaya bisa menghilangkan bekas luka. Anda cukup mencampurkan baking soda dengan air suling sedikit demi sedikit hingga berubah menjadi kental. Setelah itu, oleskan ke area bekas luka. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Meski beberapa bahan alami alami di atas dinilai dapat membantu menghilangkan bekas luka membandel, ada baiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter sebelum menggunakannya. Pasalnya, sebagian orang, terutama yang memiliki kulit sensitif atau riwayat alergi, mungkin bisa mengalami iritasi setelah menggunakan bahan-bahan di atas.

Cara Menghilangkan Bekas Luka secara Medis

Jika cara alami tak bisa menghilangkan bekas luka, Anda dapat menempuh cara medis untuk menghilangkannya. Biasanya prosedur yang disarankan akan berbeda-beda, tergantung pada jenis luka dan lokasinya. Di antaranya:

1. Dermabrasi

Dermabrasi bisa dilakukan untuk mengatasi bekas luka di kulit yang membuat permukaan kulit tampak tidak rata. Prosedur ini dilakukan dengan cara mengikis bagian permukaan kulit bekas luka dan merangsang pertumbuhan jaringan kulit baru, sehingga lapisan kulit tampak lebih halus dan merata.

2. Suntikan kortikosteroid

Suntikan kortikosteroid cocok bagi Anda yang memiliki bekas luka hipertrofi atau luka keloid. Suntikan ini dapat membantu melunakkan jaringan bekas luka dan mengecilkan benjolan di kulit yang muncul akibat bekas luka.

Namun, cara menghilangkan bekas luka ini perlu dilakukan beberapa kali dan membutuhkan waktu cukup lama agar hasilnya bisa terlihat.

3. Laser resurfacing

Laser resurfacing hampir sama dengan dermabrasi, dan membutuhkan waktu pemulihan yang lebih singkat dibandingkan perawatan dengan jenis laser terdahulu. Penggunaan laser jenis baru dalam perawatan kulit ini dapat memberikan hasil yang lebih halus, karena bekerja pada jaringan kolagen dalam dermis tanpa menghilangkan lapisan atas kulit.

4. Balut tekan bersilikon

Jika Anda memiliki luka bekas cangkok kulit atau luka bakar besar, Anda dapat menggunakan balut tekan bersilikon di atas bekas luka. Dengan menggunakan balut ini, bekas luka akan terlihat lebih rata dan lembut. Prosedur ini harus dilakukan di bawah pengawasan dokter spesialis kulit.

Cara menghilangkan bekas luka memang cukup beragam. Metode apa pun yang Anda pilih, baik menggunakan bahan alami maupun prosedur medis, pastikan Anda telah berkonsultasi dulu dengan dokter kulit untuk mendapatkan rekomendasi penanganan bekas luka yang tepat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya