Duh, Kebiasaan Ini Picu Serangan Jantung Usia Muda

Ilustrasi serangan jantung/stroke.
Ilustrasi serangan jantung/stroke.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA Life – Penyakit jantung masih menjadi penyebab utama kematian di Indonesia. Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia dr. Radityo Prakoso, SpJP (K) mengatakan penyakit jantung kini mulai banyak menyerang anak muda.

Dulu penyakit jantung identik dengan usia tua, trennya kini mulai bergeser dengan meningkatnya usia muda yang mengalami masalah jantung. Bukan tanpa alasan, gaya hidup buruk yang membuat kasus obesitas, darah tinggj, kolesterol tinggi, hingga perokok di usia muda membuat risiko serangan jantung kian besar.

"Terdapat peningkatan prevalensi serangan jantung pada usia kurang dari 40 tahun sebanyak 2 persen setiap tahunnya dari tahun 2000 sampai 2016,” ucap dokter Radityo, dalam acara virtual Hari Jantung Sedunia 2022, oleh Kementerian Kesehatan.

Penyakit jantung pada wanita

Penyakit jantung pada wanita

Photo :
  • times of india

Salah satu penyakit jantung yang mengalami peningkatan pada usia muda adalah penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner terjadi karena ada sumbatan pada pembuluh koroner baik akibat deposit kolesterol atau inflamasi (peradangan).

Gaya hidup tidak sehat menjadi penyebab paling umum dari penyakit jantung koroner di usia muda. Masyarakat diimbau untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, berhenti merokok, berhenti makan makanan berlemak, berhenti konsumsi alkohol, dan rajin olah raga minimal 30 menit sehari.

Layanan Primer Masalah Jantung