Hati-hati Serangan Jantung Sering Terjadi Pada Malam Hingga Subuh

Serangan jantung
Serangan jantung
Sumber :
  • Times of India

VIVA Life – Serangan jantung adalah kondisi yang terjadi akibat aliran darah yang kaya akan oksigen tiba-tiba terhambat masuk ke otot jantung, sehingga jantung tidak mendapatkan oksigen.

Serangan jantung bisa disebabkan oleh penyakit jantung koroner atau adanya robekan di arteri jantung. Ini merupakan kondisi yang tak boleh dianggap remeh.

Beberapa kasus serangan jantung terjadi pada malam hingga pagi menjelang subuh. Atau biasa terjadi pada saat seseorang sedang tertidur.

Ilustrasi Tidur

Ilustrasi Tidur

Photo :
  • Unsplash

“Serangan jantung waktu timbulnya memang ada beberapa literatur yang mengatakan  cenderung malam-malam ke subuh,” kata spesialis jantung dan pembuluh darah, dari RS Premier Jatinegara dr. Hasril Hadis dalam acara PremierJatinegara Cardiac Center Comperhensif, Kamis 29 September 2022. 

Sementara itu, serangan jantung yang terjadi di pagi hari seringkali dikaitkan oleh para peneliti dengan irama sirkardian.

Pada pagi hari, terjadi peningkatan sekresi hormon tertentu yang digerakkan oleh sirkardian, terutama epinefrin, norepinefrin, dan kortisol. Kondisi ini memicu peningkatan permintaan oksigen dan tekanan darah.