Perlu Tahu, 5 Efek Samping Mengejutkan Makan Selai Kacang

Selai kacang
Sumber :
  • Eat This

VIVA LIfestyle – Apakah Anda penggemar selai kacang, selai kacang dicintai oleh banyak orang, itulah sebabnya kami menganggap perlu untuk membongkar potensi efek samping (tidak semuanya buruk!) yang bisa Anda dapatkan dari memakannya. 

5 Rekomandasi Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi, Sayuran Hijau Paling Wajib

Selai kacang yang enak. Di bawah ini, adalah enak efek samping dari mengonsumsi selai kacang yang kami kutip dari laman Eat This. Scroll untuk simak artikelnya.

1.Bikin mulas

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Sayangnya, selai kacang dapat menyebabkan ketidaknyamanan besar di dada dan tenggorokan Anda. Mengapa? Kacang lebih tinggi lemaknya daripada kacang lainnya, yang berarti mereka memperburuk apa yang disebut sfingter esofagus bagian bawah atau lower esophageal sphincter (LES). 

Makanan berlemak dapat menyebabkan LES menjadi rileks—tetapi tidak dengan cara yang baik. Anda membutuhkan LES Anda untuk tetap kuat, karena itulah yang menyegel bagian bawah kerongkongan Anda dan melindunginya dari asam lambung.

5 Cara Alami untuk Berhenti Merokok, Dukungan Sosial Jadi yang Terpenting

Jadi, ketika makanan berlemak membuat LES Anda rileks, asam lambung bisa naik ke kerongkongan, memberi Anda gejala refluks asam dan mulas. Namun, selama makan selai kacang dalam porsi kecil (sekitar dua sendok makan per porsi) sepanjang minggu, Anda dapat menghindari masalah ini. 

2. Kesulitan menelan

Selain mengonsumsi sesendok selai kacang yang terlalu besar dan memiliki perasaan bahwa Anda benar-benar tidak dapat menelan tanpa segelas air di tangan, ada alasan lain selai kacang dapat mempersulit kerongkongan Anda untuk melakukan fungsi normal ini. 

Anda mungkin memiliki sedikit alergi terhadap kacang, dan tidak mengetahuinya, yang mungkin menyebabkan eosinophilic esophagitis (EoE). Ya, itu seteguk. Menurut Mayo Clinic, EoE adalah penyakit sistem kekebalan kronis yang dapat menyebabkan peradangan pada jaringan kerongkongan dan membuat sulit menelan.

Alergi makanan, bersama dengan faktor risiko lain seperti alergi lingkungan dan asma, dapat menyebabkan EoE berkembang. Selain itu, serangan refluks asam yang berulang dapat memperburuk peradangan di kerongkongan.

3. Menyebabkan peradangan

Kacang tanah memiliki asam lemak omega-6, yang dapat memiliki efek peradangan pada tubuh jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak. 

Seperti yang dikatakan Sydney Greene, MS, RD, "Meskipun aman dan bahkan bermanfaat dalam jumlah sedang, masalah dengan omega-6 adalah bahwa kebanyakan orang Amerika mengonsumsi lebih banyak [dari itu] daripada omega-3, yang membuang rasio yang sehat. Ketika rasio omega-6 dengan omega-3 lebih condong ke arah 6, lebih banyak proses inflamasi dapat terjadi di dalam tubuh."

Asam lemak omega-3, di sisi lain, membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, jadi penting bagi Anda untuk makan lebih banyak jenis makanan ini (kenari, salmon, biji rami, tiram) untuk memastikan peradangan di tubuh Anda. dijaga agar tetap minimum. Ini penting mengingat peradangan kronis dapat berdampak negatif pada jaringan dan organ Anda jika tidak ditangani.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Pada saat yang sama, karena kacang kaya akan asam lemak tak jenuh ini, mereka merupakan pengganti yang jauh lebih baik untuk makanan yang mengandung lemak jenuh (pikirkan, makanan olahan dan daging merah). 

Minyak kacang sangat kaya akan asam oleat, yang dipercaya dapat membantu menjaga kadar kolesterol baik (HDL) dan tekanan darah, yang keduanya merupakan faktor kunci untuk kesehatan jantung yang optimal. 

Hal ini terutama terjadi ketika kacang diganti dengan lemak tidak sehat dalam makanan Anda. Jadi, memilih satu sendok makan selai kacang dengan satu atau dua kotak cokelat hitam jauh lebih baik daripada, misalnya, menenggak setengah liter es krim penuh lemak.

5. Menyebabkan kenaikan berat badan

Berat badan

Photo :
  • Eat This

Selai kacang mengandung kalori, jadi, Anda bisa menambah berat badan jika Anda makan terlalu banyak—sepanjang waktu. Ingat, hanya dua sendok makan selai kacang di bawah 200 kalori. Ingatlah hal itu saat Anda mengolesi roti panggang Anda dengan mentega kacang. Seperti kebanyakan makanan, semuanya dalam jumlah sedang, bukan?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya