Murah dan Mudah, Ternyata Bawang Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah

Bawang bombay
Sumber :
  • pixabay

VIVA LIfestyle – Penelitian telah menemukan bahwa sayuran biasa dapat memangkas kadar glukosa darah hingga 50 persen. Satu dari 10 orang di atas usia 40 hidup dengan diabetes tipe 2 di Inggris. Kondisi gula darah ini berasal dari produksi insulin yang tidak mencukupi - hormon yang membantu mengatur gula darah. 

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Kadar glukosa darah dapat mencapai ketinggian yang berbahaya, memicu serangkaian komplikasi. Untungnya, diet adalah salah satu senjata terbesar di gudang senjata Anda. Yuk Scroll untuk selengkapnya.

Penelitian telah menemukan bahwa sayuran biasa dapat memangkas kadar glukosa darah hingga 50 persen, demikian dilansir dari laman Express. Penelitian, yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan ke-97 The Endocrine Society di San Diego, membuat alasan kuat untuk menambahkan sayuran “murah” ke dalam diet penurun gula darah Anda.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Para peneliti menemukan bahwa ekstrak bawang merah, Allium cepa, mampu “sangat” menurunkan gula darah tinggi bila diberikan bersama metformin. Jika Anda tidak sadar, metformin adalah obat lini pertama utama yang digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2.

Gula darah

Photo :
  • Eat This
Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Terlebih lagi, ekstrak bawang yang digunakan dalam penelitian ini dibuat dari umbi bawang yang tersedia di supermarket lokal. Peneliti utama Anthony Ojieh mengatakan bawang itu murah dan tersedia dan telah digunakan sebagai suplemen nutrisi. Bawang memiliki potensi untuk digunakan dalam mengobati pasien dengan diabetes.

Tim peneliti menguji ekstrak ini pada tikus yang dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiga kelompok model hewan dengan diabetes menerima berbagai dosis ekstrak bawang untuk melihat apakah itu akan meningkatkan efek metformin.

Dosisnya adalah 200mg, 400mg, dan 600mg per kilogram berat badan. Obat dan bawang merah juga diberikan kepada tiga kelompok tikus nondiabetes dengan kadar gula darah normal.

Penelitian mengungkapkan bahwa tikus diabetes yang diberi 400mg dan 600mg ekstrak bawang bombai mengalami penurunan kadar gula darah masing-masing sebesar 50 persen dan 35 persen. Selain itu, sayuran biasa juga mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi menggambarkan penumpukan zat lemak dalam darah Anda yang dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan yang serius, mulai dari penyakit jantung hingga stroke.

Bawang bombay.

Photo :
  • U-Report

Sama halnya dengan glukosa darah tinggi, dosis 400mg dan 600mg terbukti paling ampuh untuk kolesterol. Ekstrak juga menyebabkan kenaikan berat badan di antara tikus nondiabetes, namun, model diabetes tidak mengalami kenaikan berat badan ini.

"Bawang tidak tinggi kalori. Namun, tampaknya meningkatkan tingkat metabolisme dan, dengan itu, meningkatkan nafsu makan, yang mengarah pada peningkatan makan," kata Profesor Ojieh.

Sementara sayuran dikaitkan dengan hasil yang mencolok, para peneliti saat ini tidak yakin apa bagian ampuh yang menargetkan gula darah.

Profesor Oljeh menambahkan: "Kita perlu menyelidiki mekanisme bawang merah yang menyebabkan penurunan glukosa darah. Kami belum memiliki penjelasan."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya