6 Warna Kuku Sebagai Tanda Indikasi Masalah Kesehatan pada Tubuh

Ilustrasi kuku rapuh
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Tahukah kamu bahwa kondisi kesehatan pada tubuh ternyata bisa terlihat dari penampilan fisik? Salah satunya seperti pada warna kuku yang bisa memperlihatkan indikasi tentang apa yang terjadi di dalam tubuh. Jika kamu menemukan kukumu terlihat pucat atau lusuh, mungkin saja kamu bisa kurang melakukan perawatan kuku. Tapi, warna kuku pucat dan lusuh juga bisa menjadi indikasi masalah kesehatan. 

Harmoni Energi Sehat Menyuarakan Pesan Kesetaraan dalam Pelayanan Kesehatan

Tanda-tanda seperti perubahan warna pada kuku dapat mengindikasikan adanya masalah kesehatan. Melansir dari HealthShots, berikut ini perubahan warna kuku yang menjadi indikasi kesehatan tubuh. 

Yuk scroll ke bawah!

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

1. Kuku pucat

Ilustrasi memijat ibu jari.

Photo :
  • U-Report
Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Mungkin warna kuku pucat relatif umum, tapi itu dapat menunjukkan bahwa tubuhku sebenarnya memiliki gangguan kesehatan seperti kekurangan gizi, penyakit hati dan anemia. Terkadang, warna pucat juga disebabkan kekurangan darah pada tubuh. 

2. Kuku kuning

Ilustrasi kuku .

Photo :
  • U-Report

Selanjutnya tanda warna kuku kuning dan tebal serta melengkung. Jika kuku kamu seperti itu, berarti tanda bahwa adanya infeksi jamur. Terkadang, kuku kuning juga menunjukkan penyakit seperti penyakit paru-paru, tiroid dan diabetes.

3. Tidak ada motif bulan sabit

Ilustrasi tangan/jari.

Photo :
  • Pexels/Daria Shevtsova

Kuku yang sehat umumnya memang berwarna merah muda dan biasanya memiliki lekukan bulat berwarna putih seperti bulan sabit di pangkal setiap kuku. Jika kuku kamu tidak ada lekukan seperti bulan sabit dapat menunjukkan tanda-tanda depresi, anemia, kekurangan gizi, kecemasan, pusing, serta penurunan berat badan dan penambahan berat badan.

4. Bintik putih

Ilustrasi kuku rapuh

Photo :
  • Times of India

Biasanya bintik-bintik putih pada kuku biasa terjadi dan tidak berbahaya. Bahkan, dalam kasus yang jarang sekali  terjadi, seluruh kuku kamu mungkin saja menjadi putih, kondisi ini biasanya dikenal sebagai leukonychia total. Itu berarti menunjukkan kekurangan zinc, beberapa penyebab lainnya termasuk reaksi alergi dan infeksi jamur.

5. Kuku kebiruan

Ilustrasi kuku kaki menghitam.

Photo :
  • U-Report

Jika warna kuku kamu biru, itu berarti menunjukkan bahwa tubuh kamu tidak mendapatkan cukup oksigen. Hal itu bisa disebabkan juga karena karena penyakit paru-paru dan jantung.

6. Garis-garis gelap atau sakit saat tumbuh

Garis hitam di kuku.

Photo :
  • U-Report

Garis hitam, coklat tua dan kemerahan pada kuku bisa menjadi pertanda suatu gangguan kesehatan yang serius pada tubuh. Hal tersebut bisa disebabkan oleh melanoma, suatu jenis kanker kulit yang serius.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya