7 Rahasia Efek Makan Brokoli, Salah Satunya Bikin Panjang Umur

Brokoli
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Sulit untuk menemukan hal negatif untuk dikatakan tentang makan brokoli, karena ini adalah makanan super yang meningkatkan kesehatan. Brokoli dikemas dengan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat; baik untuk jantung, otak, tulang, sistem kekebalan tubuh, dan kesehatan usus

Begini Penampakan Mengerikan Belut Besar yang Ditemukan Hidup di dalam Perut Seorang Pria

Plus, mereka bekerja sebagai sisi yang bagus dengan hampir setiap hidangan. Memang bermanfaat untuk mengatasi efek samping yang tidak menyenangkan dari makan brokoli, daripada menghindari "pohon" mini ini karena ada banyak hal positif  yang mengejutkan saat mengkonsumsinya. Yuk scroll untuk selengkapnya.

1. Brokoli bisa membuat kembung

Blak-blakan, Aldi Taher Ungkap Rahasia Sembuh dari Kanker

Brokoli

Photo :
  • Eat This

Ada efek samping rahasia dari makan brokoli, terutama brokoli mentah, yang tidak akan menjadi rahasia lagi jika, katakanlah, Anda mengalaminya di dalam mobil yang penuh dengan orang dengan jendela di bawah: perut kembung.

Heboh Kopi Tanpa Kafein, Disebut Mengandung Bahan Pemicu Kanker

Brokoli menyebabkan gas dan kembung waktu besar. Sebuah laporan dalam jurnal Gastroenterology & Hepatology merinci gejala gas dan berbagai pemicunya dengan sangat rinci. 

Brokoli, seperti sepupu silangannya, kangkung, kembang kol, dan kubis, cenderung menjadi salah satu sayuran penghasil gas yang paling produktif, menurut jurnal tersebut.

Brokoli sarat dengan rafinosa, gula yang terdiri dari tiga sakarida—galaktosa, glukosa, dan fruktosa—yang berjalan tidak tercerna melalui usus kecil Anda sampai bakteri di usus besar Anda memfermentasinya, yang menghasilkan gas metana. 

Sayuran berserat tinggi juga mengandung glukosinolat, senyawa belerang yang dipecah usus menjadi gas hidrogen sulfida yang berbau telur busuk. Memasak brokoli cenderung mengurangi efek samping gas karena mempercepat proses pemecahan yang terjadi di usus. 

Dan perlahan-lahan menambahkan lebih banyak serat ke dalam makanan Anda secara bertahap dapat mengurangi gejala, menurut Yayasan Internasional untuk Gangguan Gastrointestinal.

2. Memengaruhi tiroid

Brokoli termasuk dalam kategori makanan yang disebut goitrogen. "Goitrogen adalah makanan yang mengandung senyawa yang disebut 'goitrin', yang dapat mengganggu sintesis hormon tiroid, ketika di samping kekurangan yodium," kata Molly Hembree, MS, RD, LD, anggota Dewan Pakar Medis.

Tapi jangan khawatir, memanaskan sayuran ini yang, bersama dengan brokoli, termasuk kembang kol dan kubis, mengurangi efek ini. 

"Memanaskan sayuran silangan menghilangkan aktivitas goitrogeniknya," kata Hembree. 

3. Dapat mengurangi peradangan

Asupan brokoli tampaknya berperan dalam mengurangi kadar CRP, atau C-Reactive Protein, dalam darah, penanda peradangan. Dokter Anda dapat memesan tes darah CRP untuk menentukan risiko Anda terkena penyakit arteri koroner, arteri yang menyempit berdasarkan hasil. 

Sebuah studi di International Journal of Food Sciences and Nutrition mengevaluasi intervensi diet berbasis brokoli pada sekelompok pria perokok muda. Setelah 10 hari mengonsumsi 250 gram brokoli per hari, para perokok melihat kadar CRP plasma mereka menurun rata-rata 48% dan kadar folat dan lutein yang bermanfaat masing-masing naik 17% dan 29%.

4. Mencegah penyakit pembuluh darah

Brokoli dan kecambah Brussel dapat menjaga arteri dan vena Anda tetap bersih. Menggunakan data dari 684 wanita Australia yang lebih tua, para peneliti yang melaporkan dalam British Journal of Nutrition menemukan bahwa konsumsi yang lebih tinggi dari sayuran ini dan sayuran silangan lainnya dikaitkan dengan penyakit pembuluh darah yang kurang luas.

Wanita yang makan brokoli dan kubis Brussel paling banyak cenderung tidak memiliki penumpukan kalsium di aorta mereka, tanda kunci penyakit darah struktural yang luas.

5. Dapat melindungi dari penyakit hati berlemak

Anda tidak perlu menjadi ahli hepatologi untuk mengetahui bahwa kuntum brokoli adalah pilihan yang jauh lebih baik daripada sepotong pizza pepperoni atau beberapa permen Twizzlers yang terbuat dari sirup jagung dan gula. 

Tetapi perlu diingat bahwa semakin Anda mengikuti diet standar Barat, yang tinggi lemak jenuh dan gula, semakin besar kemungkinan Anda mengembangkan apa yang dikenal sebagai penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD), yang dapat berkembang menjadi sirosis dan kanker hati.

Penuhi brokoli dan, untuk tujuan praktis, kemungkinan besar Anda akan mengonsumsi lebih sedikit makanan manis dan berlemak yang dapat merusak hati Anda. 

Tapi brokoli dapat memberikan manfaat lebih dari sekedar pengganti makanan yang tidak sehat: Sebuah studi hewan pengerat di The Journal of Nutrition menunjukkan bahwa tikus yang diberi diet yang dirancang untuk meniru diet manusia yang berlemak dan manis mengalami penurunan trigliserida di hati mereka dan risiko kanker hati yang lebih rendah.

6. Dapat mengurangi risiko kanker

Brokoli

Photo :
  • Eat This

Jauh dari terbukti, tapi banyak yang menunggangi penelitian pada manusia dan nt menunjukkan bukti yang menghubungkan konsumsi harian sayuran silangan dengan risiko kanker prostat, usus besar, paru-paru, dan payudara yang lebih rendah, menurut National Cancer Institute.

7. Membantu hidup lebih lama

Satu porsi brokoli memasok sumber serat makanan rendah kalori yang baik, sekitar 3 gram hanya untuk 30 kalori, jadi makan beberapa batang dan makanan kaya serat lainnya akan menempatkan Anda di jalur menuju tujuan yang direkomendasikan yaitu 25 dan 38 gram setiap hari, untuk wanita dan pria masing-masing. 

Sebuah meta-analisis studi observasional di The Lancet menemukan penurunan 15% hingga 30% dalam semua penyebab kematian dan penurunan insiden penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, dan kanker kolorektal pada orang yang makan serat paling banyak dibandingkan yang paling sedikit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya