Seberapa Bahaya Insomnia Bagi Tubuh dan Mental? Ini Penjelasan Ahli

Insomnia
Insomnia
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Tak sedikit orang yang mengalami insomnia namun tak menyadarinya. Tak sedikit pula yang sudah tahu bahwa ia terkena insomia, namun masih menganggap enteng gangguang ini.

Mengutip Doylestown Health, insomnia secara umum dipahami sebagai gangguan tidur yang ditandai dengan bangun tidur terlalu pagi dan tidur tidak berkualitas (7-8 jam setiap malam).

Insomnia dibedakan dalam 2 jenis, yaitu primer dan sekunder. Insomnia primer adalah ketika seseorang memiliki masalah tidur yang tidak berhubungan langsung dengan kondisi atau masalah kesehatan lainnya.

Insomnia

Insomnia

Photo :
  • Times of India

Insomnia sekunder artinya seseorang mengalami masalah tidur karena hal lain, seperti kondisi kesehatan atau efek samping obat yang diminum.

Insomnia dapat bersifat jangka pendek (akut) berlangsung selama beberapa hari atau mungkin berminggu-minggu. Jenis insomnia ini umum dan sering disebabkan oleh hal-hal seperti stres di tempat kerja, masalah keluarga, ujian besar di hari berikutnya atau peristiwa traumatis. Insomnia berkelanjutan atau jangka panjang (kronis), terjadi setidaknya 3 kali seminggu dan berlangsung selama 1 bulan atau lebih.

Namun, seberapa bahayanya insomnia bagi tubuh dan mental? Berikut penjelasannya. Menurut berbagai sumber insomnia dianggap berbahaya karena terkait dengan berbagai penyakit fisik maupun mental. 

Halaman Selanjutnya
img_title