Simak! Manfaat Olahraga bagi Lansia yang Perlu Diketahui

Ilustrasi lansia.
Ilustrasi lansia.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA Lifestyle Olahraga dan nutrisi adalah bagian penting dari gaya hidup sehat sepanjang hidup seseorang, dan seiring bertambahnya usia, kebutuhan kita terus berubah. Semakin banyak penelitian menggambarkan betapa olahraga teratur sangat penting bagi manula, dan bagaimana lebih banyak manula memilih gaya hidup aktif daripada gaya hidup menetap. 

Nah pada artikel ini akan menunjukkan kepada Anda manfaat olahraga untuk lansia, tujuh bentuk olahraga terbaik untuk manula, dan beberapa olahraga yang mungkin berbahaya bagi kesehatan manula.

Manfaat Kesehatan Olahraga pada Lansia

Pasangan lansia berolahraga.

Pasangan lansia berolahraga.

Photo :
  • U-Report

Biologi kita berubah seiring bertambahnya usia, menyebabkan para manula memiliki alasan berbeda untuk tetap bugar daripada generasi yang lebih muda. Meskipun kebugaran fisik memberikan manfaat pada usia berapa pun, manfaat kesehatan yang dinikmati lansia yang bugar secara fisik lebih menonjol. 

Dokter dan peneliti mengatakan manula harus tetap seaktif mungkin, tanpa memaksakan diri. Pada orang dewasa yang lebih tua, olahraga membantu Anda hidup lebih lama, lebih sehat, dan lebih menyenangkan. Beberapa manfaat berolahraga yang dapat dirasakan adalah sebagai berikut, yang telah dilansir dari seniorlifestyle.com:

Lebih banyak olahraga berarti lebih banyak kemandirian bagi manula

Lansia yang berolahraga secara teratur cenderung tidak bergantung pada orang lain. Menurut Harvard Medical School , olahraga teratur meningkatkan kemampuan orang dewasa yang lebih tua untuk berjalan, mandi, memasak, makan, berpakaian, dan menggunakan kamar kecil. Jika kemandirian adalah prioritas, olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk mempertahankan kemandirian untuk orang dewasa yang lebih tua.

Latihan meningkatkan keseimbangan untuk orang dewasa yang lebih tua

Jatuh adalah masalah yang jauh lebih besar bagi orang dewasa yang lebih tua daripada yang lebih muda. Setiap 11 detik, seorang lansia dirawat di ruang gawat darurat karena cedera terkait jatuh, dan setiap 19 menit, seorang lansia meninggal karena jatuh, menurut National Council of Aging . Meskipun tidak ada dua jatuh yang sama, dan mencegah jatuh sangat kompleks, olahraga teratur mengurangi kemungkinan jatuh sebesar 23% .