Selain Sehatkan Mata, Jus Wortel Ampuh Pangkas Kolesterol

WOrtel
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Wortel dikenal sebagai salah satu sumber sayuran yang mudah diolah untuk berbagai jenis makanan dengan rasanya yang lezat. Tak hanya itu, wortel pun kerap menjadi primadona lantaran khasiatnya yang dinilai dapat memberi kesehatan pada mata namun rupanya juga ampuh memangkas kolesterol di tubuh.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Ya, wortel memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan pembuluh darah sehingga membuat plak atau kolesterol jahat yang menempel, bisa luruh secara perlahan. Tak hanya itu, wortel pun memiliki kandungan antioksidan yang mampu mencegah munculnya radikal bebas di tubuh. Yuk scroll untuk selengkapnya.

"Wortel itu tinggi betakaroten, pembentuk vitamin a. Vitamin a bagus untuk kesehatan pembuluh darah, antioksidannya juga tinggi," ujar dokter spesialis gizi klinik, dr. Diana Suganda, dalam acara Hidup Sehat, TvOne, Senin 3 Oktober 2022.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Kolesterol

Photo :
  • Times of India

Wortel juga memiliki kandungan lain bernama kalium dan potasium. Kedua zat tersebut cukup tinggi di wortel dengan khasiat membuat pembuluh darah lebih elastis sehingga nantinya kolesterol akan menurun dengan sendirinya.

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

"Kolesteorl biasanya ada plak sehingga sering kaku di pembuluh darah. Kandungan kalium dalam wortel bantu elastisitas pembuluh darah yang kaku. Jadi kolesterolnya lebih baik. Pada penderita hipertensi juga bagus bisa menurunkan darah tinggi," tutur dokter Diana.

Selain wortel, ada pula jenis sayuran lain yang membantu proses peluruhan kolesterol menjadi lebih baik. Salah satunya adalah timun, jenis sayuran yang murah dan mudah ditemui, sekaligus memiliki rasa yang menyegarkan.

"Timun buat lalapan, ternyata bisa dipakai untuk jus. Timun ada antioskidan membantu elastisitas pembuluh darah. Kalau elastisitasnya bagus maka tekanan darahnya bisa diatur," kata dia.

Dokter Diana menganjurkan agar konsumsi jus yang ampuh dalam menurunkan kolesterol, dianjurkan untuk dikombinasi. Hal itu agar manfaatnya bisa maksimal sehingga kolesterol akan menurun. Ini tentunya diimbangi dengan pola hidup sehat. 

"Bagus kalau dimix bisa 3-4 item sekali ngejus. Misal rasa agak pahit kombinasi dengan jus rasa manis dan asam untuk kurangi bau-bau langunya," ujarnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya