Benarkah Sering Marah-Marah Picu Cepat Tua? Ini Penjelasan Ahli

Ilustrasi wanita/marah.
Ilustrasi wanita/marah.
Sumber :
  • Freepik/benzolx

VIVA Lifestyle  – Pasti kamu pernah mendengar pernyataan "jangan suka marah, karena bisa buat cepat tua". Ternyata, hal itu bukan hanya pernyataan mitos belakang, namun sering marah-marah dan tak sabaran bisa beneran membuat wajah cepat tua, lho. Berikut penjelasan ahli.

Marah bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adanya rangsangan emosional yang dialami seseorang. Yuk scroll ke bawah!

Seperti diketahui, emosi erat kaitannya dengan pikiran. Bagian otak yang mengatur emosi adalah sistem limbik. Sistem limbik adalah sebuah sistem yang hanya dimiliki manusia. Sistem ini mengatur perilaku manusia atau motivasi, kondisi emosi, serta pembentukan memori. 

Ilustrasi wanita/marah.

Ilustrasi wanita/marah.

Photo :
  • Freepik/benzolx

Hal ini disampaikan oleh Dr. Greeta Greewal, ahli bedah kosmetik dan kesehatan dari Klinik Kesehatan 9Muses mengatakan bahwa itu bukan sekadar mitos belaka. Mood atau suasana hati ternyata memang benar bisa memengaruhi kesehatan kulit dan tampilan wajah. Ia menyatakan bahwa mood atau suasana hati bisa memengaruhi kesehatan kulit wajah. 

Nah, ketika marah, ada berbagai otot-otot yang bekerja keras dalam keadaan ini, contohnya wajah akan cemberut saat kita marah. Wajah manusia membutuhkan 43 otot untuk mengerutkan kening ketika cemberut, dan hanya membutuhkan 14 otot untuk tersenyum.

Hal ini dapat diartikan jika marah-marah membutuhkan lebih banyak otot daripada tersenyum. Ketika marah, otot-otot tersebut akan menjadi tegang, sehingga membuat wajah terlihat lebih tua karena kerutan-kerutan yang terjadi pada wajah.

Halaman Selanjutnya
img_title