Ladies, 5 Kebisaan Sehari-Hari Ini Bisa Buat Payudara Kendur

Ilustrasi payudara
Sumber :
  • vecteezy

VIVA Lifestyle – Payudara tak hanya sebagai organ tubuh penting bagi wanita, namun bisa jadi penunjang penampilan. Di umur tertentu, apalagi seiring bertambahnya usia maka payudara bisa mengendur. Hal tersebut dipengaruhi oleh jaringan kolagen di dalamnya yang ikut berkurang dan menua.

Asia Pacific Breast Cancer Summit 2024, Bahas Pentingnya Deteksi Dini Kanker Payudara

Ilustrasi payudara

Photo :
  • vecteezy

Namun, ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang ternyata bisa menjadi penyebab payudara mengendur. Berikut 5 kebiasaan tersebut. Yuk scroll ke bawah!

Rahasia Kebahagiaan dan Jantung Sehat: Berikan Kenikmatan Ini Buat Suami!

Memakai Bra Tak Pas Dengan Ukuran

Ilustrasi pakaian dalam wanita

Photo :
  • Pixabay/ KlaunHausmann
Benarkah Obat Herbal Bisa Sembuhkan Kanker? Begini Penjelasan Dokter

Tak banyak yang menyadari bahwa ukuran bra yang pas juga dapat memengaruhi bentuk payudara, secara permanen. Memilih bra yang benar (tak terlalu sempit atau terlalu longgar) bisa memberikan topangan tepat pada payudara.

Semakin banyak guncangan yang terjadi pada bagian payudara akan mempengaruhi tekanan pada jaringan payudara dan kandungan kolagen. Dengan begitu, maka sebaiknya kamu gunakan bra dengan ukuran tepat dan sesuai dengan fungsinya untuk memberikan support pada payudara.

Postur Tubuh Tak Ideal

Ilustrasi bekerja sambil duduk.

Photo :
  • U-Report

Kamu mungkin sering dengar postur tubuh memengaruhi tulang. Namun ternyata, postur tubuh juga dapat memengaruhi payudara, lho.

Jika terlalu sering duduk, berdiri, atau berjalan dengan posisi bahu membungkuk, payudara pun jadi cenderung mengendur. Ini karena otot-otot di sekitar payudara melemas. Maka, kamu sebaiknya selalu menjaga postur tubuh yang ideal, baik saat duduk maupun berdiri. Idealnya, berdirilah atau duduk dengan posisi punggung yang tegak. Dengan begitu, otot-otot di sekitar payudara juga akan mengencang. 

"Otot dan ligamen mengendur karena postur yang buruk, dan menyebabkan payudara kendor. Postur tubuh yang benar, terutama saat duduk, sangat penting," jelas Dr Surabhi Siddhartha, konsultan dokter kandungan dan ginekologi di Motherhood Hospital, Kharghar, Mumbai.

Terlalu Sering Terkena Matahari

Ilustrasi berjemur di bawah sinar matahari

Photo :
  • identifymagazine.com

Ya, kamu tak salah baca. Matahari juga bisa menjadi penyebab payudara kendur. Melansir dari Women's Health, bahwa ekspos dari sinar matahari bisa merusak kondisi kulit dan membuatnya mengalami penuaan. Paparan sinar matahari bisa merusak elastisitas payudara dan membuatnya kendur dengan merusak kandungan kolagen pada payudara. 

Nah untuk itu, untuk kamu yang hobi tanning di bawah sinar matahari, jangan lupa gunakan sunscreen dan berikan juga perawatan pada area payudara agar terhindar dari payudara kendur.  

Merokok

Wanita merokok.

Photo :
  • U-Report

Rokok bisa menjadi musuh besar bagi payudara. Sebab, kebiasaan merokok dapat memengaruhi bentuk payudara yang diakibatkan oleh racun-racun dan kandungan berbahaya lainnya.

Ketika merokok, kulit akan kehilangan elastisitasnya, bagian-bagian yang dulunya kencang mungkin mulai terlihat lebih kempis. Para peneliti telah mengidentifikasi merokok sebagai penyebab utama payudara kendur.

"Setiap jumlah rokok akan melemahkan elastisitas kulit. Selain itu, merokok juga bisa mengurangi suplai darah ke permukaan kulit sehingga payudara tampak lebih kendur," kata Michael Edwards, M.D., seorang ahli bedah payudara dan pemimpin di American Society for Aesthetic Plastic Surgery.

Naik-Turun Berat Badan

ilustasi payudara

Photo :
  • U-Report

Saat diet ketat dan berat badan naik turun dengan drastis dalam waktu cepat, payudara juga bisa ikut mengendur. Melansir dari Her, Angela Fitch, M.D., dari Weight Loss Center di University of Cincinnati menjelaskan bahwa payudara bisa turut mengecil bersama dengan bobot tubuh yang berkurang.

Fitch menjelaskan, saat diet, sesungguhnya kita tidak dapat mengubah di mana beban berkumpul pada bagian tubuh yang kita miliki. "Karena pada tubuh, kita hanya dapat dapat mengamati di mana saja beban itu berada pada bagian yang terlihat mata. Itulah mengapa kita lebih menyadarinya dibanding pada bagian belakang tubuh," jelas Fitch.

"Terkadang, payudara akan memiliki lebih banyak lipatan tonjolan dibanding paha karena mereka lebih berat sehingga gravitasi menariknya ke bawah," lanjut Finch.

"Akan tetapi kecepatan juga tidak berpengaruh, Ketika kamu kehilangan lebih banyak berat, kamu akan memiliki kulit yang lebih kendur," imbuhnya.

Maka dari itu, tak heran jika banyak orang yang diet dan menurunkan berat badan secara ekstrim, maka payudara bisa ikut kendur. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya