Sakit Pinggang Melanda, Dokter Tak Anjurkan Olahraga Ini

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

VIVA Lifestyle – Sakit pinggang kerap dialami dari anak muda hingga lansia. Penyebabnya pun beragam, dari saraf kejepit, salah posisi tidur, keseleo, masalah otot, tulang, gangguan ginjal hingga olahraga. Lantas, olahraga apa yang sebaiknya dihindari dan dianjurkan saat sakit pinggang?

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Dokter spesialis olahraga, dr Sophia Hage, SpKO, menuturkan bahwa nyeri punggung tak boleh dianggap sepele. Sebab, nyeri punggung disertai gejala lain yang dirasakan bisa menjadi tanda munculnya saraf kejepit. Scroll terus artikel ini.

Ilustrasi sakit pinggang.

Photo :
  • Freepik/shayne_ch13
6 Tips Jaga Stamina Saat Puasa Ramadhan, Jangan Sungkan untuk Olahraga Ringan

"Ada nyeri punggung bawah harus hati-hati kalau nggak hilang. Apalagi, ada kesemutan, kelemahan otot, jangan-jangan gejala saraf kejepit. Segera ke dokter," bebernya dalam acara Hidup Sehat, Selasa 4 Oktober 2022.

Menurutnya, sakit pinggang berarti tanda agar tubuh tak menjalani olahraga tertentu yang bersifat gerakan esktrem dari punggung. Sejumlah gerakan olahraga yang mungkin melibatkan punggung seperti cobra pose saat yoga atau melompat saat sedang aerobik.

Profil Yoon Sung Bin, Atlet yang Dirumorkan Jadi Pacar Baru Jihyo TWICE

"Gerakan melompat, meloncat, lari itu ada hentakan. Karena kita menahan berat badan kita di tulang belakang, bagian pinggang. Kalau lompat, itu jangan dilakukan ketika lagi sakit pinggang," tambahnya.

Ilustrasi olahraga/push up.

Photo :
  • Pexels/Monstera

Ketika sedang merasa nyeri pinggang, baiknya melakukan gerakan peregangan atau stretching dengan duduk di kursi yang ada sandaran. Lalu bungkukan punggung hingga terasa tertarik. Setelah mereda, dokter Sophia baru memperbolehkan melakukan olahraga ringan yang melatih otot.

"Kalau udah kurang nyerinya, baru tambah latihan otot. Nyerinya bisa hilang kalau kekutan core kita, batang tubuh dari perut dan pinggang udah bagus. Kadang kita juga nggak sadar bawa beban tapi dari berat badan kita sendiri, makanya atur juga berat badan," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya