Gak Cuma Ngehits, Ini 5 Manfaat Olahraga Berkuda Bagi Kesehatan

Atlet berkuda cilik, Iftirasy Ahmad Falah Pujiyono
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Lifestyle – Manfaat olahraga berkuda sangat beragam untuk kesehatan tubuh. Olahraga berkuda adalah jenis olahraga yang mengutamakan keterampilan dalam menunggang, mengendarai, melompat atau berlari menggunakan kuda. 

Sukses Kontingen Jakarta di PON 2024 Jadi Momentum Kebangkitan Olahraga Berkuda Nasional

Secara singkat disebutkan bahwa berkuda memiliki manfaat pertama, melatih otot inti. Ternyata juga salah satu bentuk kebugaran isometrik, yang dapat memperkuat inti tubuh. Hanya dengan menyeimbangkan pada hewan, penunggang dipaksa untuk menggunakan otot tertentu, seperti paha.

Kedua, menguatkan otot paha. Menunggangi kuda dapat melatih otot bokong, paha depan, dan paha belakang. Otot akan mengencang dan mengendur saat bergerak naik dan turun bersama kuda.

Putrinya Boyong Medali Emas Berkuda di PON 2024, Irfan Hakim: Akhirnya Diberikan Kemenangan

Olahraga berkuda belakangan sedang menjadi tren, terutama di kalangan artis tanah air seperti Nabila Syakieb, Nia Ramadhani, hingga Cathy Sharon. Bahkan beberapa dari artis tersebut sudah memiliki kuda pribadi dengan harga fantastis. Bukan tanpa alasan belakangan menunggang kuda menjadi salah satu olahraga hits. Ternyata ada banyak manfaat olahraga berkuda yang bisa didapatkan yaitu:

1. Melatih koordinasi dan fleksibilitas tubuh

Hari Ketiga Olimpiade Paris, 19 Medali Emas Diperebutkan di Delapan Cabor

Pegiat berkuda, Margenie MG

Photo :
  • Instagram/@margenie_mg

Menurut studi berjudul "The effects of horseback riding simulator exercises on the muscle activity of the lower extremities according to changes in arm posture" dalam jurnal "The Journal of Physical Therapy Science" tahun 2015, disebutkan bahwa menunggang kuda dapat memperkuat otot punggung dan perut, meningkatkan keseimbangan tubuh, dan melatih koordinasi. Karena membutuhkan kekuatan seluruh otot tubuh, berkuda juga bisa membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh.

2. Mengurangi Penyakit Kardiovaskular

Atlet berkuda cilik, Aleeya Herlambang

Photo :
  • Istimewa

Manfaat berkuda bagi kesehatan lainnya adalah mampu melatih kardiovaskular. Manfaat ini didapat bergantung pada kecepatan dan ketangkasan kuda, menunggang kuda bisa membutuhkan lebih banyak usaha, energi, dan kapasitas kardiovaskular.

3. Otot punggung lebih kuat dan postur tubuh membaik

Hiroshi Hoketsu atlet berkuda

Photo :
  • http://kayceeweezy.wordpress.com

Selain meningkatkan kesehatan kardiovaskuler, ternyata olahraga berkuda juga dapat memperbaiki postur tubuh. Sebuah penelitian berjudul "Posture, Flexibility and Grip Strength in Horse Riders" dalam "Journal of Human Kinetics" tahun 2014, menyebutkan bahwa seorang atlet atau penunggang kuda memiliki otot punggung yang lebih kuat dan postur tubuh yang lebih simetris.

4. Membantu Memperlancar Sirkulasi Darah

Atlet berkuda cilik, Iftirasy Ahmad Falah Pujiyono

Photo :
  • Istimewa

Banyak gerakan yang bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah. Tekanan pada otot sebenarnya juga cukup berpengaruh untuk memperlancar aliran darah. Dengan aliran darah yang lebih lancar saat berolahraga kuda, pasokan oksigen yang akan diedarkan melalui darah lebih lancar dan tidak terganggu.

5. Memperkuat Tulang Sendi

Atlet berkuda Indonesia, Ivana Putri Santosa.

Photo :
  • Jakarta International Hourse Show 2019

Manfaat olahraga berkuda selanjutnya adalah membantu dalam memperkuat sendi, khususnya bagian tubuh atas dan bawah seperti lutut, tangan, dan bagian pinggul. Berkuda juga merupakan olahraga yang menggunakan sebagian besar fungsi sendi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya