Jaga Imunitas Tubuh, 5 Makanan Ini Wajib Dikonsumsi Selama Musim Hujan

ilustrasi musim hujan
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Menjaga sistem imun di tengah musim penghujan dan banjir menjadi penting untuk menghindari beberapa penyakit seperti batuk, pilek, demam, flu hingga demam berdarah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Selain menjaga kebersihan diri dan lingkungan rumah mengonsumsi makan yang sehat selama musim hujan juga diketahui dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Maka dari itu, Anda harus memperhatikan apa yang Anda konsumsi saat musim hujan. Yuk scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Ilustrasi musim hujan.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Berikut ini adalah beberapa cara untuk membantu Anda tetap sehat selama musim hujan melansir laman smarter health.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

1. Buah dan Sayuran
Pertahankan energi Anda sepanjang hari dengan mengonsumsi buah-buahan, seperti apel, pir, atau delima. Anda juga bisa makan irisan mentimun karena kandungan airnya yang tinggi dapat membantu meningkatkan hidrasi tubuh dan membuang racun.

Hindari risiko infeksi dengan memasukkan pare dan fenugreek dalam diet harian Anda. Selain itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan Anda dengan mencuci sayur, dan buah-buahan sebelum Anda makan.

2. Bawang Putih & Kunyit

Teh bawang putih

Photo :
  • Times of India

Bawang putih dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh Anda. Anda bisa menambahkan bawang putih ke dalam sup atau kari Anda.

Adapun kunyit, itu adalah sumber alami antibiotik. Anda dapat mencoba minum susu kunyit untuk melindungi diri dari masuk angin.

3. Diet Rendah Natrium
Anda harus memperhatikan asupan garam Anda. Mengurangi garam akan membantu menurunkan tekanan darah yang dapat melindungi dari serangan jantung dan stroke.

Diet rendah natrium berarti menghindari junk food, keripik asin, mentega, keju, acar, makanan kemasan, dll. Ada baiknya jika Anda mulai mengonsumsi sayuran, kentang panggang, ubi jalar, kacang-kacangan, yoghurt tawar, dan sumber makanan lainnya.

4. Makanan Ringan
Sistem pencernaan manusia lebih lemah saat musim hujan, sehingga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mudah dicerna seperti buah-buahan, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan nasi.

Selain itu, minyak zaitun, ghee (mentega yang diklarifikasi), atau minyak bunga matahari diketahui memiliki manfaat kesehatan untuk memperbaiki pencernaan Anda.

5. Makanan Kering
Makanan kering seperti jagung, buncis, atau gandum bisa menjadi pilihan makanan yang enak disantap saat musim hujan.

Makan makanan kering membantu menghindari pembengkakan atau kembung yang disebabkan oleh sumber makanan berkadar air tinggi seperti semangka, melon, atau yoghurt dingin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya