7 Makanan untuk Kuku Sehat dan Kuat, Gak Gampang Rapuh

Ilustrasi kuku rapuh
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Mungkin masih banyak orang, terutama wanita yang mengeluhkan kesehatan kukunya. Mulai dari kering, mudah rapuh, susah tumbuh dan mungkin retak, intinya kuku kurang sehat dan kurang terawat. Jika memang itu permasalahannya, kamu harus melihat kembali bagaimana pola makanmu sehari-hari.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Perlu diketahui bahwa salah satu cara terbaik untuk memperkuat kuku adalah dengan makan makanan untuk kuku sehat. Apa yang kamu makan dapat memengaruhi kesehatan kuku. Maka dari itu, kamu direkomendasikan untuk makan makanan seimbang yang dikemas dengan sayuran, buah dan karbohidrat kompleks serta ditambah cukup protein dan lemak sehat.

Hal terpenting adalah makan yang cukup agar kuku mendapatkan nutrisi yang juga cukup. Lantas, makanan apa saja yang membuat kuku tumbuh lebih panjang dan kuat? Melansir dari humnutrition.com, berikut ini makanan untuk kuku sehat dan kuat yang bisa kamu konsumsi. Yuk scroll artikelnya ke bawah!

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

1. Telur

telur

Photo :
  • U-Report
7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Telur, khususnya kuning telur adalah sumber biotin yang sangat baik. Biotin adalah salah satu nutrisi paling terkenal untuk kuku yang kuat, meningkatkan ketebalan dan dan mengurangi kuku mudah retak atau patah. 

Tapi, kamu perlu mengonsumsi telur yang sudah dimasak. Putih telur mentah mengandung avidin, protein yang mengikat biotin dan sebenarnya mengganggu penyerapan. Untuk itu, dengan memasak putih telur hingga matang, tubuh akan lebih baik dalam menyerap biotin.

2. Daging Tanpa Lemak (Lean Meat)

Daging sapi

Photo :
  • Times of India

Makanan untuk kuku sehat selanjutnya adalah daging tanpa lemak atau lean beef. Kuku terbuat dari keratin, protein yang juga ada di lapisan atas kulit dan rambut. Jika kuku rapuh dan lemah, kamu bisa menambahkan lebih banyak protein ke dalam makanan, termasuk daging tanpa lemak seperti ayam, kalkun dan ikan.

Selain itu, daging tanpa lemak merupakan sumber zat besi yang baik dan penting untuk membawa oksigen ke sel-sel di seluruh tubuh, termasuk kuku. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kuku berbentuk seperti cekungan, "berbentuk sendok" atau ada tonjolan di permukaan.

3. Sarden

ilustrasi sarden

Photo :

Sarden atau ikan air asin kecil yang menjadi makanan untuk kuku sehat ini kaya akan vitamin B12 yang penting untuk penyerapan zat besi dan berkontribusi pada kesehatan kuku. Tanpa vitamin B12 yang cukup, kuku bisa tampak kebiruan dengan pigmentasi gelap. 

Vitamin B12 terutama ditemukan dalam makanan hewani, seperti:

  • daging
  • unggas
  • ikan
  • telur
  • beberapa makanan nabati 

Sehingga orang-orang yang menjadi vegan dan vegetarian harus melengkapi nutrisi tubuh dengan vitamin B12 untuk mengurangi risiko kekurangan.

4. Ubi Jalar

Ubi jalar.

Photo :
  • U-Report

Karena antioksidan sangat penting untuk kesehatan kuku, ubi jalar adalah salah satu makanan untuk kuku sehat dan kuat yang terbaik. Ubi jalar mengandung vitamin A. yang bertindak sebagai antioksidan dan menangkal radikal bebas untuk mengurangi peradangan dan kerusakan sel. Selain itu, vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak yang dapat membantu kuku tetap berkilau secara alami.

5. Roti Gandum Utuh

roti gandum

Photo :

Biji-bijian utuh kaya akan magnesium, mineral yang penting untuk lebih dari 300 reaksi dalam tubuh. Magnesium adalah kofaktor yang diperlukan untuk sintesis protein. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan tonjolan vertikal di kuku.

Kamu bisa mengonsumsi roti gandum utuh untuk memenuhi magnesium. Jika tidak, kamu bisa mengonsumi sumber magnesium lain yang baik (makanan untuk pertumbuhan kuku) termasuk kacang-kacangan dan biji-bijian.

6. Strawberry

Buah Strawberry.

Photo :
  • U-Report

Makanan untuk kuku sehat selanjutnya yang bisa dikonsumsi adalah buah strawberry. Buah strawberry sendiri juga mengandung vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Vitamin C sangat penting untuk produksi kolagen yang tidak hanya penting untuk kesehatan kulit, tetapi juga penting untuk kuku yang kuat. Selain itu, vitamin C adalah antioksidan lain yang membantu mengais radikal bebas dan menjaga kuku tetap kuat.

7. Salmon

Salmon pengurang rasa sakit.

Photo :

Terakhir ada salmon, salah satu sumber terbaik asam lemak omega-3. Asam lemak diperlukan untuk mencegah kuku rapuh dan menjaga kelembaban kuku. Tak hanya kuku, asam lemak omega-3 juga membantu menjaga rambut tetap berkilau dan kulit bercahaya, jadi sebagai penguat kecantikan menyeluruh yang dapat kamu konsumsi. 

Jika kamu bukan penggemar ikan, biji rami dan kenari yang juga mengandung asam lemak bisa kamu konsumsi untuk kuku yang kuat pula. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya