7 Rahasia Efek Samping Makan Mentimun yang Perlu Diketahui

Timun
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Saat Anda mengunyah mentimun di salad atau dicelupkan ke dalam mayones, ada banyak manfaat kesehatan yang terkait dengan makan mentimun yang mungkin tidak disadari. 

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Selain manfaat yang baik untuk kesehatan, ada juga beberapa efek samping lain yang harus lebih diwaspadai, terutama jika Anda memiliki masalah perut. Inilah yang perlu Anda ketahui yang kami kutip dari laman Eat This. Scroll untuk simak artikelnya.

1. Dapat menurunkan tekanan darah

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Pemeriksaan tekanan darah

Photo :
  • Eat This

Sebuah studi tahun 2017, menunjukkan penurunan tekanan darah setelah minum jus mentimun. Meskipun ukuran sampelnya kecil — hanya 20 peserta berusia 60 tahun atau lebih dengan tekanan darah tinggi — temuannya sangat mendukung mentimun. 

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Para partisipan meminum satu buah mentimun yang dicampur air dua kali sehari selama tujuh hari. Studi menunjukkan "efek signifikan" jus mentimun pada penurunan tekanan darah pada kelompok usia. Meskipun mentimun secara tradisional tidak termasuk dalam smoothie, ini bisa menjadi alasan untuk membuat jus mentimun hari ini. Bersulang!

2. Dapat membantu mencegah diabetes

Saat mencoba menghindari diabetes, yang terbaik adalah mulai mengatur pola makan Anda—hindari karbohidrat olahan, hindari minuman manis, dan batasi daging merah, menurut Harvard Health. Selain pilihan diet tersebut, penting juga untuk mulai makan lebih banyak makanan dengan indeks glikemik (GI) rendah. 

GI adalah angka yang ditetapkan untuk makanan yang berbeda, mulai dari nol hingga 100. Semakin tinggi indeks glikemik suatu angka, semakin banyak gula darah seseorang akan naik setelah memakannya. Mentimun memiliki indeks glikemik 15, menjadikannya makanan dengan angka yang relatif rendah.

Makan makanan dengan GI rendah dapat membantu mengurangi resistensi insulin, yang pada gilirannya membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2, menurut Nutrition Journal.

Salad timun dan tomat

Photo :
  • Eat This

3. Lebih terhidrasi

Berpikir untuk berinvestasi dalam botol air 64 ons? Lupakan saja. Yang Anda butuhkan untuk lebih terhidrasi adalah mengemil beberapa irisan mentimun dan Anda sudah siap. Yah, mungkin Anda harus tetap mendapatkan botol air, dan terus minum air, tetapi itu tidak menghilangkan mentimun sebagai sumber hidrasi.

Menurut survei populasi Prancis dan Inggris yang diterbitkan oleh Nutrients, mentimun mengandung lebih dari 95% air — yang berarti bahwa selain camilan renyah, Anda juga terhidrasi dalam proses makan mentimun.

"Mereka dapat membantu berkontribusi pada asupan cairan harian Anda secara keseluruhan dan membuat Anda merasa terhidrasi dan tubuh Anda berfungsi secara optimal," kata Ahli Diet Terdaftar dan Ahli Nutrisi Bersertifikat, Kristin Gillespie.

4. Menurunkan berat badan

Berat badan

Photo :
  • Eat This

Ada sejumlah cara yang dilakukan orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dalam hal menyesuaikan pola makan mereka. Salah satu langkah yang harus diambil adalah menambahkan mentimun, bukan hanya karena mereka menawarkan kerenyahan yang hebat ke dalam berbagai hidangan, tetapi juga karena mereka adalah makanan sehat yang membantu menurunkan berat badan.

Hanya ada 16 kalori dalam satu cangkir mentimun, yang berarti makanan tersebut memiliki kepadatan energi yang rendah. Menurut sebuah studi Nutrisi yang berfokus pada kepadatan energi makanan, ada hubungan antara mengonsumsi makanan dengan kepadatan energi yang lebih rendah dan penurunan berat badan.

Selain itu, karena kandungan airnya yang tinggi, mentimun sangat mengenyangkan namun tetap rendah kalori, menjadikannya camilan yang bagus untuk siapa saja yang ingin menurunkan berat badan. Apalagi jika Anda memasangkannya dengan saus sehat yang mengenyangkan, seperti hummus atau guacamole!

5. Terhindar dari sembelit

Ilustrasi sembelit.

Photo :
  • U-Report

Dengan semua air dan serat yang Anda temukan dalam mentimun, apakah mengherankan jika mentimun membantu mencegah sembelit? Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Fitoterapia dari Universitas Jadavapur, dikatakan bahwa biji mentimun, yang banyak jumlahnya, membantu "mencegah sembelit." Selain itu, mereka memiliki "efek pendinginan" pada tubuh, menurut penelitian.

Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Pennsylvania merekomendasikan untuk menambahkan mentimun ke berbagai hidangan untuk membantu meringankan sembelit.

Sementara manfaat dari makan mentimun adalah Anda dapat menghindari sembelit, sisi negatifnya adalah mentimun juga dapat menghasilkan beberapa gas berlebih.

Menurut UC Davis, mentimun mengandung cucurbitacin, senyawa yang ditemukan dalam buah dan sayuran lain termasuk labu, labu, dan semangka. Cucurbitacin menghasilkan rasa pahit yang ditemukan pada mentimun, dan juga merupakan penyebab perut kembung dan gangguan pencernaan. Gejala tidak nyaman ini dapat terjadi jika Anda makan terlalu banyak mentimun sekaligus.

7. Dapat mencegah kembung

Dengan kandungan air yang tinggi, mentimun luar biasa untuk membuat Anda tetap terhidrasi, tetapi mereka juga bagus untuk membantu menghilangkan kelebihan air. Yang berarti Anda akan terhindar dari kembung setelah makan mentimun.

"Mentimun kaya akan nutrisi spesifik yang membantu menghilangkan retensi air, peradangan, dan akhirnya kembung," kata ahli gizi Lisa Richards, penulis The Candida Diet. Richards mengatakan mereka baik untuk sejumlah masalah perut lainnya juga.

"Kandungan seratnya meningkatkan kesehatan usus dan pergerakan usus," kata Richards.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya