9 Makanan Ini Membantu Mengurangi Masalah Sendi

Ilustrasi nyeri sendi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Makan makanan yang dikemas penuh vitamin C dapat membantu menurunkan risiko radang sendi dan masalah persendian. Arthritis bisa menjadi kondisi yang menyakitkan dan melemahkan.

Air Kelapa Vs Air Lemon, Mana yang Lebih Banyak Manfaatnya untuk Tubuh?

Diperkirakan lebih dari 10 juta warga Inggris saat ini hidup dengannya, serta masalah bersama lainnya. Meskipun tidak ada obatnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mencegah atau meredakan gejalanya.  Scroll untuk simak artikel lengkapnya

Seperti banyak kondisi medis, salah satu caranya adalah melalui diet. Secara khusus, makan makanan yang kaya vitamin C bisa membantu. Penelitian telah menunjukkan bagaimana vitamin C membantu produksi dan pemeliharaan kolagen, yang merupakan bagian utama dari tulang rawan. 

5 Cara Masukkan Lemon ke Dalam Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Tulang rawan adalah jaringan yang ditemukan di seluruh tubuh yang menutupi permukaan sendi, demikian dilansir dari laman Expres.co.uk. Ini bertindak seperti peredam kejut dalam tubuh tetapi dapat menjadi rusak karena cedera atau keausan - osteoartritis.

Dan satu penelitian, yang diterbitkan dalam British Medical Journal, menyimpulkan bahwa makan lebih sedikit vitamin C dapat meningkatkan risiko seseorang terkena poliartritis inflamasi - penyakit yang memengaruhi setidaknya lima persendian.

Jasad Wanita Tinggal Tulang Ditemukan Ditimbun Dalam Rumah di Makassar, Diduga Dibunuh Suami

“Asupan buah dan sayuran yang lebih rendah, dan vitamin C dikaitkan dengan peningkatan risiko mengembangkan poliartritis inflamasi (IP). Mereka yang berada dalam kategori asupan vitamin C terendah, dibandingkan dengan yang tertinggi, meningkatkan risiko mengembangkan IP lebih dari tiga kali lipat, rasio odds yang disesuaikan dengan interval kepercayaan 95 persen.”

Sebuah studi terpisah, yang diterbitkan dalam Arsip Medis, menemukan bahwa mengonsumsi vitamin C secara alami dapat membantu mereka yang menderita osteoartritis.

“Tidak dapat disangkal bahwa vitamin C bermanfaat bagi semua orang, apakah mereka menderita radang sendi atau tidak. Oleh karena itu, adalah ide yang baik untuk menjaga keseimbangan vitamin C yang sehat. Tanpa diragukan lagi, vitamin C bermanfaat bagi kebanyakan orang dengan osteoartritis dini.”

Berikut ini sembilan makanan yang dapat membantu memaksimalkan asupan vitamin C Anda secara alami:

Paprika
Jeruk
Jeruk bali
Stroberi
Nanas
Brokoli
Kacang merah
Buah kiwi
Kembang kol.

Sumber lain menyebutkan termasuk lemon, tomat, kubis Brussel, kubis, dan kentang putih. Osteoarthritis adalah jenis arthritis yang paling umum di Inggris, memengaruhi hampir sembilan juta orang.

Awalnya itu membahayakan lapisan tulang rawan halus sendi, membuat gerakan lebih sulit dan menyebabkan rasa sakit dan kekakuan. Ini terutama memengaruhi sendi di tangan, lutut, tulang belakang dan pinggul. 

Jenis arthritis kedua yang paling umum adalah rheumatoid arthritis, yaitu ketika sistem kekebalan tubuh menargetkan sendi yang terkena. Ini biasanya menyebabkan rasa sakit dan bengkak.

Gejala radang sendi akan tergantung pada jenis yang Anda miliki, tetapi dapat mencakup:

- Nyeri sendi, nyeri tekan dan kekakuan
- Peradangan di dalam dan sekitar sendi
- Pergerakan sendi terbatas
- Kulit merah hangat di atas sendi yang terkena
- Kelemahan dan pengecilan otot.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya