Bukan Tanda Perawan, Kesalahan Bercinta Ini Bikin istri Berdarah di Malam Pertama

Ilustrasi bercinta/pasangan.
Sumber :
  • Freepik/lookstudio

VIVA Lifestyle – Bagi perempuan yang baru menikah mengalami ketakutan untuk berhubungan seksual dengan sang suami. Salah satu alasannya adalah adanya salah paham mengenai perdarahan di malam pertama.

Kalau Istri Hyperseks apa yang Perlu Dilakukan Suami? Begini Nasehat Dokter Boyke

Perdarahan saat melakukan hubungan suami istri untuk pertama kali banyak menjadi perdebatan. Tidak sedikit yang menganggap bahwa perdarahan di malam pertama menandakan bahwa perempuan tersebut masih perawan. Padahal hal itu tidaklah benar.

Ilustrasi wanita/bercinta.

Photo :
  • Freepik/svetlanasokolova
Ini 6 Cara Buat Suami Bertahan di Atas Ranjang

"Kalau berdarah justru ada yang salah dengan hubungan seksnya, misalnya perempuan belum siap, belum terangsang vaginanya tau-tau langsung dipenetrasi, sakit nyeri," kata dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM), saat ditemui dalam acara opening QuickGlam di Kelapa Gading, baru-baru ini.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Haekal, keperawanan ini berkaitan dengan anatomi selaput dara wanita atau hymen. Menurut dia, hymen merupakan selaput tipis yang ada di rongga vagina dan bentuknya berbeda pada setiap perempuan. Ada yang utuh, ada yang berlubang dan tidak semua perempuan punya hymen.

Hati-hati, 7 Dosa Bikin Pasangan Ogah Bercinta

Hymen, jelas Haekal, bisa rusak tanpa disadari perempuan, misalnya saat aktivitas olahraga berlebihan, terjatuh, bersepeda, bisa merusak hymen. Namun, hubungan seksual tidak selalu merusak hymen.

Ilustrasi bercinta.

Photo :
  • Pexels/Pixabay

"Artinya malam pertama tidak berdarah bukan berarti si perempuan sudah melakukan hubungan seks sebelumnya. Tidak boleh salahkan perempuan, perempuan bukan objek seksual, perempuan merupakan subjek seksual sama seperti laki-laki karena tujuan melakukan hubungan seks untuk mencapai kepuasan bersama kedua pihak," ungkap Haekal.

Di sisi lain, jika pasangan suami istri sudah melakukan tes kesehatan sebelum menikah dan dinyatakan baik-baik saja, serta tidak ada indikasi Infeksi Menular Seks, maka hubungan seksual tidak akan masalah. Namun, jika hasil pemeriksaan baik tapi istri mengalami perdarahan dan rasa sakit, kemungkinan disebabkan tahap foreplay yang belum sempurna
“Si istri belum terangsang optimal, belum mengalami lubrikasi yang banyak di vaginanya langsung dipenetrasi laki-laki,” tambah Haekal.

Kesalahan lainnya adalah perdarahan atau nyeri pada perempuan saat malam pertama mungkin juga terjadi karena posisi bercinta yang salah, di mana perempuan titik rangsangnya di dalam dan di klitoris.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya