5 Alasan Madu Jadi Superfood Cegah Penyakit di Musim Hujan

Ilustrasi madu
Sumber :
  • healthline.com

VIVA Lifestyle – Musim hujan sudah mulai melanda di berbagai daerah di Tanah Air sehingga memicu penurunan kondisi imunitas tubuh. Tak heran, banyak yang akhirnya mengalami penyakit menular mulai dari batuk hingga flu yang membuat para pakar menyarankan untuk mulai mengubah gaya hidup lebih sehat.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Salah satu gaya hidup yang dianjurkan adalah dengan pola makan lebih sehat. Ini termasuk dengan menambahkan madu ke dalam pola makan keseharian. Scroll yuk untuk artikel lengkapnya.

Dikutip dari laman Health Shots, Dengan menambahkan madu yang kaya nutrisi ke dalam diet rutin Anda, Anda dapat menikmati banyak manfaat kesehatan. Manfaat madu sudah bukan rahasia lagi. Telah digunakan sejak zaman kuno untuk sifat obatnya. 

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

ilustrasi musim hujan

Photo :
  • U-Report

Mengetahui nilai gizi Menurut data yang diterbitkan oleh National Library of Medicine, madu merupakan sumber yang kaya vitamin seperti asam askorbat, asam pantotenat, niasin, dan riboflavin, dan mineral khusus seperti kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium dan seng.

Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Ini juga mengandung antioksidan dan senyawa tanaman bioaktif. Antioksidan yang ada dalam madu menjaga ROS (spesies oksigen reaktif) penyebab kerusakan sel tetap netral di dalam tubuh. Berikut manfaat madu untuk kesehatan.

1.Cegah lonjakan gula darah

Seorang pria mengecek gula darah diabetes

Photo :
  • Eat This

Jika kita berbicara tentang kadar gula darah, seperti gula lainnya, madu juga bisa meningkatkan kadar glukosa darah dalam tubuh. Tetapi sifat antioksidan yang ada di dalamnya melindungi terhadap sindrom metabolik dan dapat bermanfaat dalam masalah diabetes.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh PubMed Central pada madu, madu melepaskan hormon yang disebut adiponektin, yang mengurangi peradangan dan menyeimbangkan regulasi darah. Tetapi jika Anda adalah pasien diabetes, Anda harus mengonsumsi madu dalam jumlah sedang.

2.Penambah energi

Glukosa hadir dalam madu meningkatkan tingkat energi dalam tubuh. Itu sebabnya madu digunakan sebagai bahan utama dalam sebagian besar minuman energi buatan sendiri. Ini membantu dalam mengurangi kelelahan dan kelesuan.

3.Membantu menyembuhkan luka bakar dan luka

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Biotechnology and Medicine menyatakan bahwa khasiat obat madu dapat menyembuhkan kulit terbakar, infeksi, dan luka akibat operasi.

4.Bermanfaat untuk kesehatan kulit

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh National Institute of Medicine menyatakan bahwa sifat antioksidan madu sangat penting untuk kesehatan kulit. Bersamaan dengan ini, madu membantu mengurangi bintik hitam dan bertindak sebagai pelembab alami untuk kulit Anda

5.Membantu dalam memerangi bakteri penyebab batuk

Ilustrasi batuk/COVID-19/virus corona/masker.

Photo :
  • Freepik/freepik

Anda pasti sudah sering mendengar bahwa orang menggunakan madu untuk pilek dan batuk. Moms selalu menggunakan madu sebagai bahan utama dalam pengobatan rumah mereka untuk pilek dan batuk. Sifat antibakteri madu dapat membantu dalam memerangi infeksi bakteri yang menyebabkan batuk. Bersamaan dengan ini, madu juga mengencerkan dahak dan mengeluarkannya dari tubuh.

Tak heran, PT Deltomed Laboratories memperkenalkan produk terbaru yaitu minuman KOJIMA yang merupakan minuman madu habbatusauda yang dilengkapi kurma dengan rasa tamarind (asam jawa) yang menyegarkan pertama di Indonesia. Manfaat madu habbatusauda yang dilengkapi dengan kurma telah lama dikenal oleh masyarakat. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa jika ketiganya dikonsumsi dalam komposisi yang tepat, dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Chief Business Development and R&D Deltomed Laboratories, Apt. Drs. Victor S. Ringoringo, S.E., M.Sc. mengatakan, beragam bentuk dan rasa minuman kekinian sekarang menjadi tren. Deltomed, sebagai perusahaan yang berkomitmen menghadirkan produk herbal terbaik dengan bahan dasar natural, melihat kebutuhan minuman kekinian yang tidak hanya bagus secara visual dan rasa enak, tapi dapat memberikan manfaat dan juga sehat bagi masyarakat. 

"Minuman KOJIMA hadir dengan kombinasi rasa manis dan asam yang pas, memberikan kesegaran yang khas serta mudah dikonsumsi, praktis dibawa kemana saja dan yang terpenting memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Minuman KOJIMA mengandung madu asli, ekstrak jinten hitam (habbatusauda) dan ekstrak kurma yang telah dikenal baik untuk tubuh," jelasnya.

Dengan kandungan madu asli memiliki rasa yang manis alami dan menyegarkan serta baik untuk tubuh, Sedangkan, jinten hitam (habbatusauda) sudah dikenal khasiatnya sebagai antivirus dan antibakteri sehingga dianggap mampu melawan infeksi. Untuk kurma sendiri merupakan sumber energi alami dan dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.

“Sesuai dengan tagline minuman KOJIMA yaitu ‘Segarnya Asik, Baiknya Asli’, masyarakat dapat langsung merasakan kebaikan madu habbatusauda di setiap tegukan. Minuman KOJIMA membawa kesegaran dari asam jawa dan kombinasi kandungan madu asli, ekstrak jinten hitam (habbatusauda) dan ekstrak kurma yang baik untuk tubuh," Head of Marketing Deltomed Maria Eleison.

Agar lebih nikmat, minuman KOJIMA baiknya dikonsumsi dalam kondisi dingin. Minuman KOJIMA telah mendapatkan sertifikasi Halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Departemen Agamadan mendapatkan nomor izin BPOM RI, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir tentang kualitas produknya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya