Studi: Kunyit Dapat Membantu Mengurangi Nyeri Lutut

Kunyit untuk nyeri lutut
Sumber :
  • Express.co.uk

VIVA Lifestyle – Arthritis adalah kondisi kronis yang dapat menyebabkan rasa sakit di setiap area tubuh, tetapi terkadang perubahan pola makan dapat meredakan gejalanya. Arthritis bisa berupa rasa sakit di leher (secara harfiah). 

Mengajak Masyarakat Berolahraga dan Adopsi Gaya Hidup Sehat di Gowes 90 Tahun 90 KM

Akibatnya, ini dapat membuat kehidupan sehari-hari menjadi lebih sulit daripada yang dirasakan banyak orang saat ini. Namun, satu penelitian menunjukkan bahwa menyesuaikan pola makan Anda dapat membantu meringankan gejala kondisi tersebut. Scroll yuk untuk selengkapnya.

Dilakukan pada tahun 2020, penelitian oleh American College of Physicians melihat bagaimana suplemen kunyit dapat membantu meringankan gejala osteoartritis, demikian dilansir dari laman Express.co.uk, Sabtu 15 Oktober 2022.

Equestrian All Star Tour 2024 Segera Digelar, Ajang Pengembangan Atlet Berkuda Indonesia

Nyeri lutut.

Photo :
  • U-Report

Menerbitkan penelitian mereka di jurnal Annals of Internal Medicine, penelitian ini menemukan suplemen kunyit lebih efektif untuk nyeri lutut yang disebabkan oleh osteoarthritis daripada plasebo.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Para peneliti secara acak menugaskan 70 pasien dengan gejala osteoarthritis dengan suplemen kunyit atau plasebo. Setelah 12 minggu, mereka yang mengonsumsi suplemen kunyit melaporkan lebih sedikit rasa sakit dengan efek samping.

Dalam kesimpulan mereka, penulis menulis: “[Kunyit] lebih efektif daripada plasebo untuk nyeri lutut tetapi tidak mempengaruhi efusi lutut-sinovitis atau komposisi tulang rawan. Uji coba multicenter dengan ukuran sampel yang lebih besar diperlukan untuk menilai signifikansi klinis dari temuan ini.”

Jika diperlukan lebih banyak percobaan, apakah penelitian ini tidak ada gunanya? Tidak, setiap penelitian memiliki keterbatasan. Selanjutnya, setiap studi memajukan kemajuan yang dibuat oleh setiap studi sebelumnya.

Fakta bahwa penelitian ini menunjukkan kunyit bisa memiliki beberapa manfaat kesehatan bagi pasien arthritis menambah kredibilitas keyakinan bahwa itu bisa.

Apa keterbatasan penelitian ini?

Keterbatasannya adalah ukuran sampel yang kecil, durasi studi tindak lanjut yang singkat, pusat penelitian tunggal, dan fokus pada nyeri lutut.

Apakah itu penting?

Ya, setiap sendi bereaksi berbeda terhadap kekuatan dan rangsangan yang berbeda. Suplemen kunyit dapat bekerja untuk lutut, tetapi tidak untuk bahu atau pergelangan tangan.

Selain itu, penting untuk diingat bahwa meskipun suplemen bermanfaat, suplemen tidak boleh digunakan sebagai cara utama untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh radang sendi.

Apa cara utama?

Jogging

Photo :

Metode utama pengurangan gejala adalah penghilang rasa sakit dan fisioterapi. Obat penghilang rasa sakit ini biasanya akan diresepkan oleh NHS dan dokter umum Anda.

Namun, sifat obat penghilang rasa sakit akan tergantung pada tingkat keparahan rasa sakit dan dalam beberapa kasus mungkin lebih aman untuk menggunakan metode penghilang rasa sakit yang tidak menghilangkan rasa sakit.

Otot yang kaku dapat memperburuk rasa sakit yang disebabkan oleh arthritis. Akibatnya, melonggarkan mereka dapat membantu meringankannya.

Meskipun olahraga mungkin menjadi hal terakhir dalam pikiran Anda, itu mungkin hal terbaik yang harus dilakukan untuk tubuh Anda. NHS mengatakan: “Olahraga adalah salah satu perawatan paling penting untuk orang-orang dengan osteoartritis, berapa pun usia atau tingkat kebugaran Anda.

“Aktivitas fisik Anda harus mencakup kombinasi latihan untuk memperkuat otot dan latihan untuk meningkatkan kebugaran umum Anda. Jika osteoarthritis menyebabkan Anda sakit dan kaku, Anda mungkin berpikir olahraga akan memperburuk gejala Anda.

“Namun, olahraga teratur yang membuat Anda tetap aktif, membangun otot, dan memperkuat persendian biasanya membantu memperbaiki gejala. Olahraga juga baik untuk menurunkan berat badan, memperbaiki postur tubuh, dan menghilangkan stres, yang semuanya akan meredakan gejala.

"Dokter Anda, atau mungkin fisioterapis, akan membahas manfaat yang dapat Anda harapkan dari program latihan dan dapat memberi Anda rencana latihan untuk diikuti di rumah."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya