5 Cara Menenangkan Diri saat Stres dengan Cepat dan Mudah

Ilustrasi lupa/stres.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Jika kamu merasa sedang benar-benar kewalahan dan membutuhkan cara cepat untuk menenangkan diri dari stres, jangan khawatir karena ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya sebagai cara menenangkan diri saat stres. 

Pakar Ungkap Pria Harus 21 Kali Ejakulasi dalam Sebulan, Kenapa?

Stres bisa datang dalam berbagai bentuk, dapat membangun secara bertahap dari waktu ke waktu atau terjadi dalam sekejap dan kemudian hilang. Jika kamu menghadapi stres yang berlebih, penting untuk menerapkan beberapa praktik untuk mengelola stres tersebut dalam jangka panjang.

Terlalu banyak merasa stres juga dapat membuat kita merasa kewalahan. Melansir dari Verywell Mind, berikut ini cara menenangkan diri saat stres atau merasa kewalahan. 

Pencarian Perawatan Kesehatan Global, Memahami Perspektif dan Tren Masyarakat Indonesia

1. Jalan-jalan sebentar

Ilustrasi jalan kaki

Photo :
  • Pixabay/Mabel Amber
Gak Boleh Dipendam, Rasa Marah Bisa Memicu Gaya Hidup Tidak Sehat

Menggerakkan tubuh dengan jalan-jalan sebentar meski hanya 5 atau 10 menit akan sangat membantu saat kamu sedang merasa kewalahan dengan dirimu sendiri. Kamu bisa jalan-jalan entah di dalam rumah ataupun di luar rumah. 

Jika berjalan dengan teman yang baik, bisa menjadi cara untuk mendapatkan dukungan sosial dan jika berjalan sendirian dapat memberimu waktu untuk berpikir, membingkai ulang dan kembali ke situasi dengan optimisme baru. Selain itu, kamu juga  mendengarkan musik yang menenangkan atau memberi energi.

2. Tarik napas dalam-dalam

Sukhasana Pose dalam yoga

Photo :
  • YouTube VDVC

Jika kamu tidak dalam posisi untuk bisa berjalan-jalan, kamu bisa merasa lebih baik dengan berlatih latihan pernapasan. Mendapatkan lebih banyak oksigen ke dalam tubuh dan melepaskan ketegangan fisik adalah dua cara agar latihan pernapasan dapat bermanfaat bagi dirimu. Hal ini juga bisa kamu lakukan kapan saja dan di mana saja.

3. Tuliskan kewalahanmu

Ilustrasi menulis

Photo :
  • pixabay

Cara menenangkan diri saat stres selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menuliskan apa yang membuatmu bisa mengalami stres. Jika kamu hanya memiliki waktu beberapa menit, kamu dapat memanfaatkan buku jurnal untuk menulisnya. Hal itu tampaknya dapat membantu mengurangi tekanan psikologis. Kamu dapat menulis tentang apa yang menyebabkan kamu stres dan mengeluarkan emosi di halaman tersebut.

4. Minum air

Minum air putih.

Photo :
  • U-Report

Selain haus, dehidrasi juga bisa membuat kamu merasa lelah dan pusing. Jadi jika kamu merasa kewalahan, cobalah minum segelas air putih. Atau lebih baiknya lagi menyeduh secangkir teh penghilang stres yang dapat memberikan istirahat yang sangat dibutuhkan untuk menjauh dari apa yang membuat kamu stres.

5. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet.

Photo :
  • U-Report

Cara menenangkan diri saat stres berikutnya adalah dengan mengunyah permen karet. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat membantu mengurangi stres. Maka dari itu, paling tidak sekarang kita bisa menyetok permen karet di kantong atau di tas dan lihatlah apa itu benar-benar bisa membantumu menenangkan diri dari stres. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya