Lakukan Terapi Sitz Bath Untuk Atasi Wasir Hingga Pasca Persalinan

Ilustrasi bak mandi
Ilustrasi bak mandi
Sumber :
  • pixabay

VIVA Lifestyle – Bagi mereka yang berjuang dengan kondisi tertentu dari daerah anogenital atau area alat kelamin dan anus, bisa melakukan terapi sitz bath. Apa itu sitz bath

Menurut pakar bedah gastrointestinal di Yale Medicibe, Dr Walter Longo mengatakan, Sitz bath adalah terapi air hangat yang dapat membantu mengurangi rasa tak nyaman.

Untuk kondisi wasir, terapi sitz bath dapat membantu meringankan ketidaknyamanan dan rasa sakit terkait vena yang meradang dan bengkak di anus dan rektum dengan mengurangi pembengkakan.

Sebuah studi tahun 2018 terhadap wanita hamil dengan wasir menemukan, melakukan sitz bath tiga kali sehari lebih efektif untuk menyembuhkan wasir sepenuhnya daripada menggunakan krim anorektal.

Lebih lanjut, Longo mengatakan, sitz bath mungkin direkomendasikan pasca operasi anorektal, tetapi tanyakan kepada dokter terlebih dahulu untuk instruksi pasca operasi.

Pakar OB-GYN di Providence Mission Hospital, Dr Jamie Leavitt mengatakan, terapi sitz bath juga dapat membantu membersihkan dan menenangkan perineum setelah melahirkan. Perineum yaitu area di antara otot vagina dan anus yang menghubungkan otot dasar panggul.

Halaman Selanjutnya
img_title