4 Makanan yang Boleh dan Dihindari untuk Melawan Osteoporosis

Ilustrasi Osteoporosis
Sumber :
  • healthshots

VIVA Lifestyle – Osteoporosis adalah kondisi umum dan serius mengingat kesehatan tulang menentukan kesehatan keseluruhan individu. Seseorang dengan tulang yang sehat merasa lebih energik sepanjang hari. 

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Diet sehat yang penuh dengan protein, kalsium, dan vitamin D berkualitas baik membantu mengembangkan tulang yang sehat dan mencegah osteoporosis, masalah kesehatan masyarakat yang signifikan. Scroll untuk simak artikel lengkapnya.

Di bawah metabolisme tulang yang normal, tulang terus patah dan terbentuk kembali. Tetapi jika metabolisme ini terganggu, tulang menjadi lebih lemah dan rapuh. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya nutrisi yang tepat, usia tua, menopause atau obat-obatan tertentu. 

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Osteoporosis

Photo :
  • eatthis.com

Namun, Anda bisa mengatasinya dengan makanan tertentu untuk tulang yang bisa membantu membuatnya lebih kuat dan sehat. Pada Hari Osteoporosis Sedunia yang jatuh pada Kamis 20 Oktober 2022, mari cari tahu tentang mereka. Berikut empat makanan untuk tulang yang lebih sehat dan kuat:

Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Harian, Sayuran dan Buah Ini Sangat Rendah Protein

1. Makanan kaya kalsium

Penelitian selalu menunjukkan hubungan positif antara asupan kalsium dan massa tulang dan diet rendah kalsium yang mengarah ke tingkat patah tulang yang lebih tinggi. 

Produk susu adalah sumber kalsium terbaik seperti yoghurt, dadih, susu, keju dll dan sumber lainnya termasuk sayuran berdaun hijau (bayam, bayam, daun paha, kubis cina, brokoli dll), produk kedelai atau ikan.

2. Makanan kaya vitamin D

Salmon

Photo :
  • Eat This

Vitamin sinar matahari ini diperlukan untuk penyerapan kalsium, yang sumber utamanya adalah sinar matahari. Sumber makanan vitamin ini adalah kuning telur, ikan berlemak (salmon, trout, mackerel dan tuna), keju, jeroan serta makanan yang diperkaya seperti susu, jus jeruk, margarin dan sereal. Jadi, tambahkan makanan ini ke dalam diet Anda untuk kesehatan tulang.

3. Sumber protein berkualitas baik

Penelitian telah menunjukkan korelasi antara asupan protein yang rendah dan tingkat patah tulang yang lebih tinggi. Protein menambah kepadatan mineral tulang. Memiliki kacang-kacangan dan biji-bijian, produk susu, kacang-kacangan dan polong-polongan, daging, ikan, telur dan produk kedelai membantu menambahkan protein berkualitas baik ke dalam makanan. Tapi selalu diingat untuk tidak berlebihan asupan protein karena kelebihan protein juga menyebabkan ekskresi kalsium dalam urin.

4. Buah dan sayuran

Menurut penelitian, asupan buah dan sayuran yang lebih tinggi menyebabkan massa tulang tinggi karena zat gizi mikro yang ada di dalamnya seperti Vitamin C, Vitamin K, Magnesium, Kalium dan karotenoid. Mereka juga menurunkan kemungkinan patah tulang.

Sementara itu empat makanan dan minuman ini dapat menyebabkan efek samping pada kesehatan tulang:

1. Asupan garam rendah

Kelebihan garam dalam makanan menyebabkan ekskresi kalsium dari ginjal (kalsiuria). Jadi, konsumsilah garam meja rendah dan makanan kemasan. Namun, masih perlu penelitian yang lebih luas.

2. Alkohol

Penyerapan kalsium dan vitamin D oleh tubuh, dua nutrisi penting untuk kesehatan tulang, dipengaruhi oleh konsumsi alkohol. Hormon testosteron pria dan hormon estrogen wanita berkurang karena asupan alkohol dan menyebabkan osteoporosis.

3. Makanan kaya oksalat dan fitat

Fitat hadir dalam gandum utuh dan oksalat hadir dalam bayam, kacang-kacangan, produk kedelai dan bit mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium. Oksalat dan fitat mengikat dengan kalsium dalam tubuh dan mengeluarkannya. Jadi, teknik terbaik untuk menghindarinya adalah dengan merendam makanan tersebut dalam air selama beberapa jam dan kemudian memasaknya di air tawar.

4. Kafein

Kopi.

Photo :
  • https://www.eatthis.com/

Cola dan kopi memiliki efek merugikan pada kesehatan ginjal dengan menyebabkan calciuria. Faktanya, mereka dikenal untuk mengurangi massa tulang dan meningkatkan risiko patah tulang dalam beberapa kasus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya