Mengapa Siklus Haid Wanita Tidak Lancar? Ini Penjelasan Dokter

Ilustrasi menstruasi/haid/pembalut.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Lifestyle – Mungkin bagi kamu yang wanita pernah bertanya-tanya mengapa siklus haid tidak teratur pada setiap bulannya? Hal itu mungkin dialami oleh sejumlah wanita yang merasa bahwa siklus haid mereka tidak normal dan tidak teratur. 

Jaga Toko Kue Sendirian, Pegawai Wanita Ini Jadi Korban Tindakan Asusila

Pada kali ini kita akan membahas mengenai siklus haid dan penyebabnya mengapa bisa tidak teratur. Seperti yang dijelaskan oleh Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Probo Mangastomo dari OMNI Hospital Pekayon dalam sesi tanya dokter lewat video di kanal YouTube Kata Dokter. Scroll artikelnya ke bawah untuk simak artikelnya. 

Kenapa haid pada wanita tidak teratur?

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Ilustrasi darah haid.

Photo :
  • U-Report

Menurut Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Probo Mangastomo, hal itu bisa dibagi menjadi dua kelompok besar yakni bisa karena kelainan organik dan kelainan non organik. 

Detik-Detik Wanita ODGJ Ngamuk Rusak Minimarket di Bekasi, Pemotor Dipukuli

Berikut ini masing-masing penjelasan kelainan organik dan non organik:

  • Kelainan organik: Bisa dari penyakit-penyakit kandungan seperti mioma uteri, erosi pada mulut rahim (serviks) dan penyakit yang mengacu pada keganasan. 
  • Kelainan non organik: Biasanya disebabkan oleh hormonal yang terbagi dari tingkatan hormonal sentral atau dari hormonal ovarium. 

Dampak haid tidak teratur pada wanita?

Ilustrasi haid tidak teratur.

Photo :
  • U-Report

Jika memang disebabkan oleh suatu proses penyakit kandungan seperti mioma atau keganasan mulut rahim efek sampingnya adalah darah akan keluar lebih banyak sehingga bisa menjadi kekurangan darah atau anemia. Jadi, secara fisik orang tersebut akan mudah lemas dan kelelahan. 

Jika karena keganasan itu tidak diobati dan dibiarkan berlarut-larut, maka penyakitnya akan menyebar dan menjadi lebih berat lagi. 

Sementara dari hormonal, tidak terlalu menimbulkan efek yang berat bagi wanita, hanya saja kesehariannya mungkin akan terganggu. Misalnya tiba-tiba darah bisa keluar kapan saja. 

Selain itu juga, jika haid datang dengan jarak yang berdekatan, maka bisa membuat sel telur tidak keluar. Hal itu yang menyulitkan sulit untuk memiliki anak, bukan tidak bisa tapi sedikit terganggu. 

“Jika tidak teraturnya jarang, kemudian gak keluar-keluar sampe tiga bulan ya biasanya kalo perempuan pasti lebih ke psikis pengaruhnya ya,” kata dokter Probo Mangastomo.

Namun, dikatakan bahwa tidak ada efek yang signifikan atau parah jika memang haid pada seorang wanita berjalan dengan tidak teratur. 

Bagaimana agar haid bisa teratur?

Flek, menstruasi, perdarahan, haid, pembalut

Photo :
  • Pixabay/ pikulkeaww_333

Pertama dilihat dari di tingkat mana terganggunya, apakah di tingkat central atau ovarium. Agar hormonnya isa distabilkan, caranya bisa dengan obat-obatan dan mengatur gaya hidup. 

Jika memang gangguan disebabkan karena keganasan dalam kandungan maka penyebabnya harus dihilangkan terlebih dahulu. 

Haid yang Normal

Ilustrasi menstruasi/haid/pembalut.

Photo :
  • Freepik

Haid yang normal bisa dilihat dari siklusnya, lama saat haid keluar dan berapa jumlah atau berapa banyak darah yang keluar saat haid. Siklus haid yang normal berada pada rentang waktu antara 21 hari hingga 35 hari. Sementara lama haid umumnya terjadi pada 3 hingga 7 hari dan jumlah darah yang keluar biasanya sebanyak 50-60 ml.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya