Awas, Nyeri Mendadak di Kaki Tanda Bahaya pada Jantung

Ilustrasi kram kaki.
Ilustrasi kram kaki.
Sumber :
  • Freepik/Drazen Zigic

VIVA Lifestyle – Nyeri kerap menjadi salah satu tanda bahwa tubuh tengah mengalami masalah yang dapat dideteksi sejak dini. Tak terkecuali dengan rasa nyeri pada kaki yang terasa mendadak merupakan gejala penyumbatan pembuluh darah yang berdampak bahaya.

Menurut dokter jantung dan pembuluh darah, dr. Taofan SpJP, penyumbatan pembuluh darah dapat memicu bahaya pada jantung. Sebab pada dasarnya, darah dari seluruh tubuh akan mengalir ke jantung sehingga munculnya penyumbatan akan membahayakan organ jantung. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Munculnya sumbatan pembuluh darah dapat dikenali dengan hadirnya rasa nyeri. Hal itu dapat dirasa di area kaki dengan rasa nyeri secara mendadak sehingga masyarakat tak boleh mengabaikannya.

"Bisa juga kejadiannya mendadak. Kalau ada nyeri mendadak harus segera dipastikan bagaimana nyerinya diakibatkan oleh pembuluh darah atau tidak. Harus segera ke emergency rumah sakit," ujarnya dalam acara Hidup Sehat tvOne, Senin 24 Oktober 2022.

Ilustrasi jantung.

Ilustrasi jantung.

Photo :
  • Pixabay

Rasa nyeri tersebut berbeda dengan nyeri akibat penyakit lain seperti asam urat. Menurutnya, nyeri pada pembuluh darah cukup khas lantaran tak tergantung pada aktivitas. Selain itu, nyeri disertai gejala lain yang juga sangat khas.

"Istirahat aja udah nyeri. Kaki teraba dingin, warna biru kehitaman atau sudah ada luka. Ketiga, pas ada gerakan terasa nyeri. Denyut nadi tidak teraba karena aliran darah sudah mulai menghilang," jelasnya.