Peringatan CDC: Penyakit Flu akan Meningkat Tahun Ini

Ilustrasi flu
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Musim flu telah tiba dan pejabat kesehatan mengkhawatirkan musim dingin ini karena meningkatnya kasus influenza. Seperti di Indonesia, saat ini telah memasuki musim hujan dan penyakit flu pun mulai meningkat. 

5 Common Cat Diseases, Everything You Need to Know

"Kami telah mencatat bahwa aktivitas flu mulai meningkat di sebagian besar negara, terutama di AS Tenggara dan selatan-tengah," kata Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau Centers for Disease Control (CDC) Amerika Serikat, Dr. Rochelle Walensky mengatakan kepada NBC News yang dikutip dari laman Eat This. Scroll untuk simak artikelnya. 

Ia menjelaskan, tidak semua orang mendapat vaksinasi flu tahun lalu, dan banyak orang tidak terkena flu. Jadi itu membuat kita matang untuk berpotensi mengalami musim flu yang parah. Ahli lain setuju bahwa musim dingin ini mungkin brutal dan khawatir bagaimana hal itu akan memengaruhi rumah sakit.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

 Bernadette Boden-Albala, MPH, DrPH, Direktur dan Dekan Pendiri, University of California, Program Irvine di Kesehatan Masyarakat menjeaskan, berdasarkan laporan CDC FluView musim flu 2022-2023, ada sinyal bahwa musim flu akan lebih awal. 

Yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Anak Mulai Sakit, Dokter: Jangan Diajak ke Mall!

Dengan virus influenza dan SARS-CoV-2 yang beredar pada saat yang bersamaan, vaksinasi terhadap keduanya diperlukan untuk mengurangi beban sistem perawatan kesehatan serta ancaman terhadap kesehatan dan keselamatan masyarakat luas.

CDC memperkirakan bahwa flu telah mengakibatkan 9 juta - 41 juta penyakit, 140.000 - 710.000 rawat inap dan 12.000 - 52.000 kematian setiap tahun antara 2010 dan 2020, dan para ahli bersiap untuk yang terburuk tahun ini. 

Dr. Ehsan Ali,  pendiri dan CEO Beverly Hills Concierge Doctor and Urgent Care menjelaskan tahun lalu, masyarakat diwajibkan memakai masker, sehingga diagnosis flu lebih sedikit. 

"Tahun ini, karena mayoritas masyarakat tidak memakai masker, akan terjadi peningkatan insiden flu. Dan itu tidak diharapkan menjadi lebih serius dalam tingkat keparahan," ujarnya.

Sementara itu Barbara Bawer, Family Medicine Physician dari The Ohio State University Wexner Medical Center mengatakan, flu diperkirakan akan lebih buruk dari musim sebelumnya. 

"Kami tidak memiliki banyak kasus flu selama beberapa tahun terakhir karena pandemi, mandat masker, dan orang-orang mempraktikkan kebersihan tangan dan batuk yang lebih baik secara keseluruhan. Akibatnya, banyak orang memilih untuk mengabaikan vaksin flu beberapa musim terakhir sebagai akibatnya. Oleh karena itu, kita memiliki kekebalan populasi yang jauh lebih sedikit terhadap virus yang kemungkinan akan menyebabkan musim flu yang lebih parah tahun ini."

David Cutler, MD, dokter kedokteran keluarga di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, CA menambahkan prediksi tentang musim flu yang akan datang didasarkan pada asumsi tertentu. 

Asumsi ini termasuk jenis virus flu mana yang akan beredar, seberapa menular dan seriusnya. Ketegangan yang akan terjadi, bagaimana orang akan berperilaku dalam hal bepergian dan memakai masker, berapa banyak orang yang akan divaksinasi atau menerima pengobatan, dan keakuratan pengumpulan data penyakit flu. 

"Karena jelas ada ketidakpastian yang signifikan dalam masing-masing faktor individu ini, dapat dimengerti bahwa ada ketidakpastian besar dalam memprediksi tingkat keparahan musim flu yang akan datang."

Apa yang harus diketahui tentang flu

Dr. Boden-Albala mengungkapkan selama dua musim flu terakhir, telah terjadi penurunan vaksinasi flu terutama di kalangan kelompok berisiko tinggi, termasuk anak-anak dan orang hamil. 

Seringkali aktivitas flu pertama kali meningkat pada anak-anak dan kemudian menyebar ke kelompok usia yang lebih tua. Tren ini menandakan musim flu yang berpotensi lebih buruk dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Dr. Cutler mengatakan strain yang diperkirakan akan memengaruhi Amerika Serikat umumnya adalah strain yang memengaruhi Belahan Bumi Selatan pada bulan-bulan sebelumnya. Ini juga strain yang dilindungi dari vaksin flu saat ini. 

Semua sembilan vaksin flu yang disetujui FDA melindungi terhadap empat varian yang sama. Namun, perlindungan terhadap penyakit masih jauh dari sempurna dan jenis yang beredar dapat bervariasi seiring dengan musim flu yang berlangsung.

Yang harus dilakukan saat sedang flu

Ilustrasi sakit/demam.

Photo :
  • Pexels/Andrea Piacquadio

Dr. Boden-Albala mengingatkan jika Anda terkena flu, lakukan tindakan pencegahan setiap hari untuk melindungi orang yang Anda cintai dan masyarakat saat sakit. 

Cobalah untuk tinggal di rumah, ketika Anda merasa lebih baik dan jika Anda harus berada di luar, tutup hidung dan mulut Anda. ketika batuk atau bersin dan sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air.

Christopher Kang, Board Certified, American Board of Internal Medicine, dokter primer di Health 1 Care mengatakan, jika tertular virus, yang terbaik adalah membatasi kontak dengan orang lain sebanyak mungkin agar tidak menulari mereka. 

Tetap di pulang dan istirahat, pastikan untuk tetap terhidrasi. Anda dapat minum obat penurun demam yang dijual bebas seperti Tylenol untuk meringankan gejala. 

"Jika Anda berada dalam kelompok berisiko tinggi, atau sangat sakit atau khawatir tentang penyakit Anda, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda."

Dr. Cutler memberi tahu kita kasus flu yang parah dibedakan dari pilek biasa oleh nyeri tubuh, demam tinggi, dan sesak napas. 

Penyakit ini disebabkan oleh pneumonia, di mana virus influenza menginfeksi paru-paru. Perkembangan pneumonia yang menyebabkan penurunan kadar oksigen dalam darah inilah yang menyebabkan kematian pada beberapa kasus flu.

Pengobatan antivirus tersedia dengan resep untuk mereka yang berisiko tinggi dengan penyakit yang signifikan. Tapi ingat bahwa satu ons pencegahan bernilai satu pon pengobatan. Vaksin dan masker yang efektif adalah cara yang bagus untuk mencegah flu dan COVID-19.

Dr. Boden-Albala mengatakan gejala flu bisa berupa beberapa atau semua gejala ini, demam atau merasa demam/menggigil, batuk, sakit tenggorokan, pilek atau hidung tersumbat, nyeri otot atau tubuh, sakit kepala, kelelahan, dan beberapa orang mungkin mengalami muntah dan diare.

Cara melindungi diri dari flu

Dr Bawer mengatakan Anda dapat melindungi diri dari flu dengan mendapatkan vaksinasi. Mengenakan masker di depan umum dan mencuci tangan juga dapat membantu mencegah flu. Menghindari orang lain yang sakit juga penting untuk membatasi peluang Anda terkena.

Dr Kang menambahkan, perlindungan dari flu dimulai dengan tindakan kecil sehari-hari. Seseorang harus menghindari kontak dekat dengan orang yang sakit, menutupi batuk dan bersin, sering mencuci tangan dengan sabun dan air, dan menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut. 

Juga selalu disarankan kepada siapa pun yang berusia di atas 6 bulan untuk menerima vaksin flu tahunan untuk perlindungan kekebalan jika terjadi kontak dengan virus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya