5 Manfaat Kismis Bagi Kesehatan Jantung hingga Pencernaan

Kismis
Sumber :
  • Pixabay/ Gregroose

VIVA Lifestyle – Kismis adalah buah anggur yang dikeringkan dan telah diambil bijinya. Biasanya kismis digunakan sebagai topping pada kue atau campuran oatmeal dan yoghurt. Meskipun sudah melalui proses pengeringan, namun rasa dan nutrisi kismis masih tetap terjaga.

Perkembangan Terbaru Pengobatan TBC Resisten Obat, Bikin Cepat Sembuh dengan Obat Ini!

Menurut informasi nutrisi yang terdapat pada U.S. Department of Agriculture, dalam 100 gram kismis memiliki komposisi gizi yang baik untuk tubuh, diantaranya:

Yuk scroll ke bawah untuk info selengkapnya!

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

Kismis.

Photo :
  • Energi: 299 kilokalori (kkal)
  • Protein: 3,3 g
  • Lemak: 0,25 g
  • Karbohidrat: 79,32 g
  • Gula: 65,18 g
  • Vitamin C: 2,3 miligram (mg)
  • Serat: 4.5 g
  • Kalsium: 62 mg
  • Besi: 1,79 mg
  • Vitamin B6: 0.174 mg
  • Magnesium: 36 mg
  • Fosfor:98 mg
  • Kalium: 744 mg
  • Natrium: 26 mg
Ramalan Zodiak Jum’at 19 April 2024, Sagitarius: Teman dekat Mungkin Mengkhianatimu

Di samping berisi karbohidrat, protein, serat, dan lemak, kismis juga mengandung berbagai mikronutrien seperti magnesium serta antioksidan berupa fenol dan polifenol. Terdapat juga komponen antimikroba pada kismis yaitu asam oleanolik dan asam linoleat yang membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi kamu.

Manfaat kismis bagi kesehatan tubuh

Mengutip dari beberapa sumber, Sebagai buah kering, kismis tidak mengandung air seperti anggur biasa. Karenanya, makanan ini tidak bisa mengenyangkan seperti buah utuh sehingga seseorang cenderung ingin memakannya berlebihan.

Yang perlu diwaspadai, kandungan gula dalam kismis cukup tinggi sehingga konsumsinya perlu dibatasi. Jika dikonsumsi sewajarnya, makanan sehat ini mampu memberikan manfaat kesehatan berikut ini:

1. Melancarkan pencernaan

Manfaat kismis yang satu ini datang dari kandungan seratnya. Satu setengah gelas kismis mengandung 2,7 gram serat atau sekitar 6-12% dari kebutuhan harian secara umum. Serat membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit dengan cara melembutkan dan menambah berat serta ukuran feses.

Alhasil, kamu bisa buang air besar dengan lebih lancar. Di samping itu, kismis juga mengandung prebiotik yang baik untuk meningkatkan jumlah bakteri baik yang membantu proses pencernaan di dalam usus. Dengan demikian, konsumsi kismis dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

2. Menjaga kesehatan mulut

Kue Kelapa Kismis.

Photo :
  • YouTube Blue Band Indonesia

Jenis fitonutrien dalam kismis, seperti asam oleanolic dan linoleic punya sifat anti bakteri. Studi telah menemukan bahwa efek ini dapat membatasi bakteri pembentuk plak di mulut. Zat tersebut juga membantu menjaga tingkat pH mulut yang sehat dan mencegah air liur menjadi terlalu asam.

3. Mengurangi berat badan

Serat yang terkandung dalam kismis juga membantu kamu agar merasa kenyang lebih lama karena memperlambat proses pengosongan lambung. Jika kamu sedang mencoba menurunkan berat badan, mengkonsumsi makanan berserat mungkin dapat membantu.

Potensi manfaat kismis dalam mengontrol berat badan ini ditunjukkan pada penelitian dari jurnal Food & Nutrition Research. Konsumsi kismis sebagai cemilan membantu menurunkan risiko obesitas sebanyak 39 persen dan kelebihan berat badan 54 persen.

4. Melindungi kesehatan mata

Salad Buah Kismis

Photo :
  • Cookpad/Liawati Iskandar

Manfaat kismis lain yang tak boleh terlewatkan adalah melindungi kesehatan mata. Senyawa polifenol pada kismis merupakan antioksidan yang memperkuat fungsi sel dalam retina mata. Hal ini dapat menjaga kemampuan penglihatan mata yang berisiko menurun akibat pertambahan usia sekaligus mengurangi risiko penyakit mata seperti degenerasi makula dan karatak.

5. Menjaga kesehatan jantung

Kismis diklaim dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengurangi tekanan darah dan gula darah. Serat di dalamnya bekerja menurunkan kolesterol jahat pemicu masalah jantung. Kandungan potasiumnya juga berkontribusi mencegah tekanan darah tinggi, dan stroke.

Demikian pembahasan mengenai 5 manfaat kismis bagi kesehatan tubuh. Perlu diingat jumlah kalori dan gula yang tinggi merupakan ciri buah yang dikeringkan. Oleh karenanya mengkonsumsi kismis secara berlebih juga tidak dianjurkan.

Susu kedelai.

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Susu kedelai, minuman nabati yang terbuat dari biji kedelai, telah lama menjadi alternatif populer bagi mereka yang mencari pengganti susu sapi memiliki segudang manfaat.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024