Selain Jamur Hitam, WHO Ungkap Infeksi Jamur Mematikan Lainnya

Ilustrasi jamur tahi sapi.
Sumber :
  • www.pixabay.com/Hans

VIVA Lifestyle – Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa penyakit yang diakibatkan oleh jamur kian mengintai dan berbahaya. Setelah sebelumnya marak kasus jamur hitam di pertengahan COVID-19, kini WHO mulai menemukan lagi penyakit terkait jamur yang dapat membahayakan kesehatan.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Dikutip dari laman The Health Site, teror yang disebabkan oleh jamur hitam pertama kali diamati pada tahun 2021 ketika menyebabkan komplikasi pada pasien kritis yang menderita COVID. Menurut WHO, infeksi jamur menjadi semakin umum dan diketahui menyebabkan penyakit parah dan bahkan kematian. 

Sementara infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus sangat umum, jamur adalah patogen yang paling sedikit mempengaruhi sampai sekarang. Dengan kurang diketahui tentang mereka dan beberapa bentuk yang resisten terhadap pengobatan, ini telah menjadi penyebab keprihatinan global.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Ilustrasi orang sakit

Photo :
  • vstory

Sesuai dengan pengawas kesehatan global, ketika jamur yang menyebabkan infeksi menjadi resisten terhadap pengobatan, risiko tertular infeksi invasif juga meningkat. Hanya empat kelas obat antijamur yang saat ini tersedia di dunia. Sebagian besar patogen jamur tidak memiliki diagnostik yang cepat dan sensitif dan yang ada tidak terjangkau dan tersedia secara luas

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal di Dunia

Siapa yang lebih berisiko?

Selama pandemi, insiden infeksi jamur invasif meningkat secara dramatis di antara mereka yang dirawat di rumah sakit. Menurut WHO, beberapa jamur patogen suka mengintai di sekitar rumah sakit untuk menyerang pasien yang paling rentan. 

Bentuk invasif dari infeksi jamur ini sering mempengaruhi pasien yang sakit parah dan mereka yang memiliki kondisi terkait sistem kekebalan yang mendasarinya. Populasi dengan risiko terbesar infeksi jamur invasif termasuk mereka yang menderita kanker, HIV/AIDS, transplantasi organ, penyakit pernapasan kronis, dan infeksi tuberkulosis pasca-primer.

Infeksi Jamur Paling Berbahaya

Menurut beberapa ahli, di bawah bayang-bayang resistensi antimikroba, infeksi jamur tumbuh dengan cepat. Infeksi ini menjadi lebih resisten terhadap pengobatan. Menurut WHO, berikut ini adalah beberapa jamur patogen mematikan yang paling dicari yang dapat menyebabkan penyakit parah pada tubuh manusia, antara lain:

Jamur Kuping Hitam

Photo :
  • Pixabay.com

Cryptococcus neoformans dapat menginfeksi otak yang menyebabkan kematian dan kecacatan serius. 

Aspergillus fumigatus, terutama mempengaruhi paru-paru dan obat-obatan kehilangan efeknya.

Candida auris, di mana jamur berkeliaran di rumah sakit selama berbulan-bulan, sulit diobati atau dibersihkan

Candida albicans, saat jamur masuk ke dalam darah menyebabkan infeksi mematikan di masa depan.

Sesuai rekomendasi WHO, untuk mengatasi patogen jamur, langkah-langkah harus diambil untuk melindungi yang paling rentan dan menyelamatkan nyawa. Berikut ini adalah beberapa langkah yang direkomendasikan oleh WHO yakni meningkatkan pengawasan, dukungan yang ditargetkan untuk penelitian, pengembangan & inovasi, meningkatkan kesadaran & meningkatkan intervensi kesehatan masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya