Insiden Jembatan Runtuh di Gujarat, Deret Cedera Akibat Jatuh dari Ketinggian

Pencarian korban jembatan ambruk di Kota Morbi, negara bagian Gujarat, India
Sumber :
  • AP Photo/Ajit Solanki

VIVA Lifestyle – Sedikitnya 141 orang tewas dan ratusan hilang setelah sebuah jembatan runtuh di distrik Morbi Gujarat pada Minggu malam, 30 Oktober 2022. Lebih dari 500 orang, termasuk wanita dan anak-anak, berada di jembatan gantung itu ketika kabel-kabel yang menopangnya putus, membuat orang-orang jatuh ke sungai di bawahnya. 

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Menurut laporan, sebagian besar dari mereka yang meninggal adalah wanita, anak-anak, atau orang lanjut usia. Pihak berwenang setempat telah menyatakan, insiden itu terjadi pada saat orang-orang sedang melakukan ritual puja Chhath di jembatan berusia 150 tahun yang terletak 300 km dari Ahmedabad.

"Jembatan Gantung di Gujarat BJP runtuh. Lebih dari 400 orang jatuh ke air dan terluka! Sebagai catatan, jembatan ini baru direnovasi & dibuka 5 hari yang lalu," tulis sebuah akun di twitter.

Jatuh dari Kuda, Celine Evangelista Mimisan Hingga Sulit Gerakkan Tubuhnya

Cedera yang Mengintai Usai Jatuh Dari Ketinggian

Jembatan gantung di Kota Morbi, di negara bagian Gujarat barat India, ambruk

Photo :
  • AP Photo/Ajit Solanki
Kondisi Membaik, Beckham Putra Bisa Tampil Lawan Persebaya Surabaya

Insiden ambruknya jembatan terjadi tepat pada saat orang-orang di negara itu sibuk merayakan puja Chhath. Setelah insiden tragis itu, Perdana Menteri Narendra Modi telah membatalkan semua acaranya hari ini di Gujarat, di mana partai-partai politik berkampanye untuk pemilihan yang dijadwalkan dalam beberapa minggu. 

Meskipun banyak orang selamat dari insiden mengerikan itu, ada beberapa kekhawatiran yang dimiliki para ahli. Seorang yang selamat dari insiden semacam itu adalah pasien dengan beberapa tantangan kesehatan dalam hidup. Tahukah Anda, jatuh dari ketinggian dapat membuat tubuh menderita beberapa efek kesehatan yang sangat serius dan fatal? 

Berikut beberapa bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh jatuh dari ketinggian, dikutip dari laman The Health Site.

Cedera saraf tulang belakang

Tulang belakang.

Photo :
  • U-Report

Cedera tulang belakang sangat umum terjadi pada mereka yang menjadi korban keruntuhan jembatan besar. Ini dapat sangat merusak tulang belakang, yang menyebabkan efek samping yang serius dan mengancam jiwa.

Trauma kepala

Sakit kepala terus-terusan.

Photo :
  • U-Report

Kerusakan parah di kepala juga sering terjadi pada korban yang selamat dari ambruknya jembatan. Terkadang, cedera kepala bisa parah dan dapat menyebabkan kematian individu juga.

Patah tulang

Ilustrasi patah tulang.

Photo :
  • U-Report

Bahaya kesehatan lain yang dapat dihadapi seseorang setelah jatuh dari ketinggian adalah patah tulang. Banyak bagian tubuh yang terpengaruh ketika Anda jatuh dari ketinggian, tulang punggung, tulang bahu, tulang pergelangan kaki, dan bahkan tulang rusuk Anda bisa rusak parah.

Kerusakan neurologis

Sistem saraf.

Photo :

Para ahli juga telah menunjukkan dalam penelitian, bagaimana jatuh dari ketinggian dapat meninggalkan orang yang selamat dengan efek neurologis seumur hidup. Oleh karena itu, disarankan untuk memberi tahu dokter tentang pembaruan kesehatan harian Anda ketika Anda terluka setelah jatuh dari ketinggian.

Amputasi

Kaki anak tahun diamputasi.

Photo :
  • U-Report

Dampak serius dari jatuh dari ketinggian juga dapat menyebabkan amputasi bagian tubuh tertentu. Hal ini tentu menghambat mobilitas bagi individu yang mengalaminya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya