Gejala Diabetes Paling Umum Menyerang Mulut, Segera Cek Kadar Gula Darah

Ilustrasi diabetes.
Sumber :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

VIVA Lifestyle – Diabetes bisa tidak terdeteksi selama bertahun-tahun hingga masalah yang memicu gejala-gejalanya, kadar gula darah yang tinggi, memacu tanda peringatan.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Namun, mengetahui apa yang harus diwaspadai bisa menjadi langkah awal untuk mengidentifikasi kondisi ini. Satu tanda peringatan yang menyerang adalah di mulut Anda.

Menurut badan kesehatan Inggris, NHS, gejala diabetes seringkali digolongkan gejala yang umum, membuat pasien tidak menyadari bahwa ada sesuatu yang salah. Namun, salah satu gejala paling umum diabetes yang menargetkan banyak orang adalah polydipsia, demikian menurut Diabetes UK.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Ilustrasi tes diabetes.

Photo :
  • Pixabay

Diabetes UK menjelaskan, polydipsia, atau rasa haus berlebih, adalah salah satu gejala awal dari diabetes. Walaupun haus dirasakan orang dari waktu ke waktu, portal kesehatan itu merinci tanda umum yang bisa membantu mengidentifikasi peningkatan haus sebagai gejala diabetes.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

"Kita semua merasa haus pada berbagai waktu di siang hari. Asupan air yang cukup setiap hari (beberapa gelas) sangat penting karena air sangat penting bagi banyak fungsi tubuh, termasuk meregulasi suhu tubuh dan membuang kotoran," kata Diabetes UK dikutip laman Express.

"Namun, jika Anda merasa haus setiap waktu atau haus Anda lebih kuat dari biasanya dan terus dirasa meski setelah minum, itu bisa menjadi tanda bahwa semua tidak baik-baik saja di dalam tubuh Anda," lanjutnya.

Satu kunci yang harus diketahui adalah bahwa polydipsia sering disertai dengan baik kekeringan sementara maupun lama di mulut.

Lebih lanjut, polydipsia tidak bisa dihilangkan dengan minum banyak cairan karena tanda ini terus ada dan tidak bisa dijelaskan.

Diabetes.co.uk menambahkan bahwa pasien dengan diabetes juga akan menyadari bahwa mereka buang air kecil lebih dari lima liter sehari.

Ilustrasi minum air putih.

Photo :
  • U-Report

Jika Anda mengalami tanda ini yang menunjukkan rasa haus berlebih, penting untuk segera menemui dokter. Sama halnya dengan gejala diabetes lainnya, polydipsia dipicu oleh kadar gula darah tinggi.

Ketika diabetes Anda tidak diatasi, ginjal Anda akan dipaksa bekerja lebih keras untuk menyaring dan menyerap kelebihan gula darah.

Mayo Clinic menyatakan, saat organ kecil mencapai titik di mana tidak bisa lagi menyeimbanginya, kelebihan gula darah dikeluarkan ke dalam urine, menarik seluruh cairan dari jaringan Anda, yang membuat dehidrasi.

Ini adalah penyebab peningkatan rasa haus. Namun, penting untuk dicatat bahwa masalah kesehatan lain, mulai dari diare hingga sepsis, juga bisa muncul di gejala ini.

Untungnya, polydipsia adalah salah satu gejala paling umum dari diabetes tapi bukan satu-satunya tanda bahaya. Menurut NHS, ada beberapa gejala lain yang juga patut diwaspadai, di antaranya buang air kecil lebih sering, lelah, penurunan berat badan, gatal di area intim, hingga pandangan kabur.

Anda harus segera menghubungi dokter jika mengalami salah satu dari gejala utama tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya