Pria dan Wanita Bisa Alami Kanker Usus Besar, Kenali Gejalanya

Ilustrasi kanker usus besar
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle  – Berbicara tentang kotoran bukanlah sesuatu yang disukai kebanyakan orang untuk didiskusikan secara terbuka, tetapi ini adalah topik penting untuk dibicarakan dengan penyedia layanan kesehatan. Memperhatikan kebiasaan buang air besar Anda dan berbicara dengan dokter tentang mereka bisa menyelamatkan jiwa. 

Wanita Hamil Tewas di Ruko Kelapa Gading Dipaksa Aborsi oleh Kekasih Gelapnya

Mengetahui apakah ada darah di tinja Anda atau ada yang tidak beres adalah masalah yang harus diketahui oleh dokter karena itu bisa menunjukkan masalah yang lebih besar seperti penyakit Crohn, kolitis atau kanker usus besar, yang menjadi perhatian karena kanker adalah penyebab utama kedua kematian. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

The American Cancer Society memperkirakan akan ada 106.180 kasus baru kanker usus besar dan 44.850 kasus baru kanker dubur untuk tahun 2022, sehingga mengetahui gejalanya dapat menyelamatkan hidup Anda. Jagdish Khubchandani, MBBS, Ph.D., profesor kesehatan masyarakat di New Mexico State University mengungkapkan kanker kolorektal termasuk di antara lima kanker umum teratas yang terdeteksi pada populasi orang dewasa AS. 

Riwayat Penyakit Babe Cabita, Pernah Kritis Karena Anemia Aplastik

Pria dan wanita memiliki hampir 5 persen kanker risiko terkena kanker jenis ini dalam hidup mereka Sayangnya, banyak orang akan mengetahui tentang kanker hanya ketika telah tumbuh dan menyebar. 

Untuk beberapa lainnya, kanker terdeteksi dini dalam bentuk pertumbuhan prakanker atau polip yang lebih mudah untuk mengobati dan menghilangkan daripada kanker yang telah tumbuh dalam ukuran dan telah menyebar, demikian dilansir dari laman Eat This. 

Terungkap! Rahasia di Balik Air Mata Stevie Agnecya Sebelum Meninggal Dunia

Ilustrasi kanker usus besar

Photo :
  • Eat This

Dr. Khubchandani menambahkan, bagian yang sulit tentang gejala kanker kolorektal adalah bahwa seringkali orang tidak memiliki banyak gejala. Atau orang dapat memiliki gejala hanya ketika kanker telah tumbuh dengan cepat dan menyebar, atau gejalanya tidak spesifik untuk kanker kolorektal, atau gejalanya dapat meningkatkan kewaspadaan ketika seseorang mungkin benar-benar tidak menderita kanker kolorektal. 

Namun, gejalanya dapat dikelompokkan ke dalam kategori berikut di bawah ini. 

1. Ketahui mengenai kanker usus besar 

Stephanie Pannell, ahli bedah kolorektal di The University of Toledo Medical Center dan asisten profesor bedah di UToledo College of Medicine and Life Sciences di Toledo, Ohio mengatakan kanker kolorektal adalah jenis kanker paling umum keempat di Amerika Serikat. 

Seringkali orang tidak akan memiliki gejala apa pun sampai kemudian dalam perkembangan penyakit dan kanker menjadi lebih lanjut. Namun, dengan pemeriksaan rutin dan diagnosis dini, kanker usus besar bisa sangat dapat diobati.

James H. Tabibian, MD, PhD, FACP, FASGE. Tabibian Dokter Spesialis, GI-Invasif, Direktur Endoskopi, Departemen Kedokteran di Pusat Medis Olive View-UCLA dan Profesor Klinis Ilmu Kesehatan di Sekolah Kedokteran David Geffen di UCLA menambahkan, kanker kolorektal umum terjadi pada pria dan wanita dan dapat berkembang tanpa gejala hingga stadium akhir penyakit. 

Di Amerika Serikat, selain kanker kulit, ini adalah kanker keempat yang paling sering didiagnosis dan penyebab utama kedua kematian akibat kanker secara keseluruhan. Diperkirakan 1 dari 25 orang akan mengembangkan kanker kolorektal selama hidup mereka, dan itu adalah penyebab lebih dari 50.000 kematian per tahun di Amerika Serikat.

2. Tanda kanker usus besar yang harus diwaspadai

Tabibian mengatakan kanker kolorektal sering tidak memiliki tanda-tanda awal, tetapi ketika itu muncul, biasanya perubahan dalam kebiasaan buang air besar (seperti kesulitan baru/mengejan untuk buang air besar atau tinja yang jauh lebih tipis dari sebelumnya). 

Kemudian darah dalam atau di bangku (kotoran, yaitu), atau penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan Apakah pasien mengembangkan tanda-tanda ini atau lainnya sebagian besar tergantung di mana kanker berada; misalnya, apakah itu di awal usus besar, di rektum, atau di suatu tempat di antaranya. 

Sebagai catatan, tanda-tanda ini tidak selalu menunjukkan adanya kanker, tetapi tanda-tanda itu seharusnya memicu tanda bahaya yang menandakan perlunya evaluasi lebih lanjut.

Dr. Pannell menambahkan untuk memperhatikan hal-hal berikut:

Kanker usus besar bersifat erosif dan dapat menyebabkan kehilangan darah yang sangat lambat yang mungkin tidak terlihat jelas pada tinja Anda. Sebagian besar pasien ini akan datang dengan hemoglobin rendah yang juga dikenal sebagai anemia. Sayangnya, seperti gejala lainnya, ini adalah gejala lanjutan karena tidak ada tanda-tanda awal. Setiap pasien anemia harus menjalani kolonoskopi.

- Perubahan kaliber tinja

Tumor besar yang menyumbat usus besar dapat menyebabkan tinja menjadi tipis. Seringkali, kami menggambarkan ini sebagai bangku seperti pensil.

- Tinja berwarna gelap atau darah berwarna merah terang pada tinja

Sementara kanker usus besar dapat menyebabkan pendarahan yang tidak jelas, itu juga dapat menyebabkan tinja yang gelap dan lembek atau menunjukkan darah merah terang di tinja.

Ada sejumlah tipis yang dapat menyebabkan darah dalam tinja, tetapi juga bisa menjadi gejala awal kanker usus besar. Setiap kali Anda mengalami pendarahan dubur, Anda harus menjadwalkan janji temu untuk mendiskusikannya dengan dokter Anda."

3. Kebiasaan dan gerakan usus

Penn Medicine mengatakan pergerakan usus adalah perhentian terakhir makanan Anda saat melewati saluran pencernaan Anda. Kadang-kadang disebut tinja atau feses, kotoran Anda adalah sisa makanan dan minuman Anda setelah tubuh Anda menyerap nutrisi penting. 

Apa dan bagaimana Anda makan memengaruhi sistem pencernaan Anda, dan terkadang, gerakan usus Anda bisa berubah hanya karena perubahan pola makan Anda. Di lain waktu, perubahan gerakan usus menandakan sesuatu yang lebih serius. Apa yang "normal" tergantung pada setiap orang — tetapi ada beberapa tanda Anda dapat mencari itu berarti ada sesuatu yang salah [seperti perubahan warna, frekuensi, konsistensi].

Menurut Dr. Khubchandani perubahan dalam buang air besar, kebiasaan, frekuensi, atau kandungan adalah gejala umum dari kanker usus besar karena usus besar terlibat dengan usus. Gejala dapat bermanifestasi sebagai sembelit, diare, atau perubahan volume tinja. 

"Kadang-kadang, individu juga dapat mengalami ketegangan atau keinginan untuk buang air besar atau buang air besar yang tidak berkurang dengan satu kali buang air besar atau buang air besar. Juga, gejala-gejala ini harus berlangsung lebih dari beberapa hari untuk menghindari kebingungan dengan masalah usus yang umum (misalnya, gas, sesekali sembelit , gangguan pencernaan, dll.)," tutur dia.

4. Pendarahan

Dr. Khubchandani menjelaskan, "Tergantung pada stadium kanker, pendarahan pada tinja mungkin juga merupakan tanda peringatan dini. Hal ini dapat bermanifestasi sebagai pendarahan dari rektum atau darah bercampur dengan tinja sehingga berwarna gelap (misalnya, hitam atau coklat). Ini adalah karena kanker kolorektal dapat menyebar ke seluruh usus bagian bawah menyebabkan lesi yang menyebabkan pendarahan dan bercampurnya darah dalam tinja. Pendarahan seperti itu sering dianggap sebagai penyebab utama anemia pada individu atau kelemahan ketika usus besar terlibat."

5. Sakit

Dr Khubchandani mengungkapkan seiring dengan pendarahan, nyeri bisa menjadi gejala awal kanker kolorektal. Terutama, nyeri di daerah perut, kram, kembung (jika kelenjar getah bening yang terlibat) atau ace dan pembengkakan atau distensi daerah perut atau perut harus dianggap sebagai gejala kanker kolorektal bersama dengan tes diagnostik dan gejala lainnya.

Klinik Cleveland menyatakan kotoran harus lunak dan mudah dikeluarkan. Kotoran yang keras dan kering mungkin merupakan tanda konstipasi. Anda harus memberi tahu penyedia layanan kesehatan Anda jika konstipasi berlangsung lebih dari dua minggu. 

"Juga, jika Anda mengalami mual, muntah, sakit perut, dan belum bisa buang air besar atau tinja, ini bisa berarti ada halangan (penyumbatan). Anda harus memberi tahu penyedia Anda atau pergi ke Unit Gawat Darurat setempat."

6. Gejala sistemik dan non spesifik

Dr. Khubchandani  menjelaskan, banyak gejala umum yang merupakan indikator dari berbagai jenis kanker seperti kelemahan dan kelelahan dan penurunan berat badan tanpa berusaha menurunkan berat badan. 

Gejala lain mungkin bergantung pada penyebaran kanker (misalnya, kesulitan bernapas karena menyebar ke paru-paru), mual , sakit kuning, dan muntah (misalnya, jika kanker menyebar ke hati), atau kesulitan kognitif, kebingungan, sakit kepala, masalah penglihatan atau bicara, dan kejang (misalnya, ketika kanker menyebar ke otak atau sumsum tulang belakang).

Dengan tindakan sederhana, seseorang dapat mengurangi risiko kanker kolorektal. Beberapa faktor tidak dapat dimodifikasi (misalnya ras, usia, riwayat keluarga, dll). Namun, ada faktor lain yang perlu diperhatikan dalam pencegahan seperti obesitas, merokok, dan kurangnya aktivitas fisik. Peran diet selalu diselidiki, tetapi disarankan untuk menambahkan lebih banyak serat, buah-buahan, dan sayuran ke dalam diet."

7. Faktor risiko

Dr. Pannell menjelaskan,  faktor risiko utama kanker usus besar adalah memiliki riwayat penyakit dalam keluarga dan usia lanjut. Dikatakan, sekitar 75% orang tidak memiliki faktor risiko. Itulah mengapa skrining rutin sangat penting, bahkan bagi orang yang tidak memiliki faktor yang diketahui yang menempatkan mereka pada risiko yang lebih tinggi.

Tabibian menambahkan risiko terkena hampir setiap kanker meningkat seiring bertambahnya usia, dan kanker kolorektal tidak terkecuali untuk ini, seperti yang disarankan oleh rekomendasi berbasis usia untuk skrining pada populasi umum (sekarang dimulai pada usia 45). 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya