5 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Kopi, Menurut Sains

Ilustrasi secangkir kopi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle  – Tanpa secangkir kopi, pagi Anda terasa tak menggairahkan. Dan, berapa banyak Anda bisa minum kopi selama seminggu. Sebenarnya disarankan agar orang tidak mengonsumsi lebih dari 28 cangkir kopi seminggu, yaitu sekitar empat cangkir kopi sehari. 

Idap Gangguan Identitas Integritas Tubuh, Pria Ini Minta Dokter Potong 2 Jarinya yang Sehat

Namun, minum lebih banyak dapat menyebabkan efek negatif pada kesehatan seseorang—terutama umur mereka. Satu studi yang mengevaluasi 40.000 orang dewasa menemukan bahwa minum lebih dari rata-rata empat cangkir kopi sehari memang menyebabkan efek samping yang buruk pada tubuh mereka. Scroll untuk simak selengkapnya.

Sebuah studi baru-baru ini dari European Society of Cardiology menemukan bahwa sweet spot adalah dua hingga tiga cangkir sehari. Ditambah lagi, ia mencatat bahwa semua jenis kopi—bubuk, instan, dan kopi tanpa kafein—memiliki efek positif yang dapat memperpanjang umur Anda.

Ramalan Zodiak Jumat 12 April 2024: Leo Mungkin Bertengkar dengan Pasangan

Jika Anda orang yang mengonsumsi lebih dari 32 ons kopi sehari atau suka menurunkan latte manis dari rantai kopi lokal Anda, mungkin bijaksana untuk mengevaluasi efek samping buruk ini jika Anda minum terlalu banyak kopi. 

Meski memiliki sedikit kafein dapat menyebabkan risiko kematian yang lebih rendah menurut AARP, minum terlalu banyak dapat menciptakan efek samping negatif bagi kesehatan seseorang.

Sederet Buah yang Baik Dikonsumsi Setelah Makan Daging, Bantu Turunkan Kolestrol Saat Lebaran

Berikut adalah efek samping buruk yang diharapkan jika Anda minum terlalu banyak kopi, menurut penelitian yang dikutip dari Eat This.

Ilustrasi secangkir kopi.

Photo :
  • U-Report

1. Merasa cemas

Secangkir kopi delapan ons yang khas memiliki 95 miligram kafein di dalamnya. Jadi jika Anda minum lebih dari empat cangkir kopi, Anda akan mencapai sekitar 500 miligram kafein dalam sehari. 

Satu studi oleh Journal of Psychopharmacology melaporkan bahwa menjadi konsumen kafein yang tinggi pada tingkat jenis ini dapat menyebabkan tingkat stres, kecemasan, dan bahkan depresi yang tinggi. 

Studi tersebut mengatakan bahwa mengonsumsi lebih dari 1.000 miligram kafein seminggu bahkan terbukti menjadi prediktor kecemasan yang tinggi.

Sementara kecemasan dan stres adalah hal yang baik untuk dibicarakan dengan seorang profesional medis — terutama dalam hal kesehatan mental Anda — penting juga untuk mengevaluasi asupan kafein Anda dengan profesional itu dan mendiskusikan kebiasaan kafein yang lebih baik di masa depan.

Mengonsumsi kopi secara teratur dapat menyebabkan masalah dengan pola tidur normal Anda, terutama jika Anda menikmati secangkir kopi di sore hari. Satu studi mengevaluasi 197 siswa sekolah menengah, sejumlah campuran pengguna dengan asupan kafein moderat melaporkan bangun pagi dan kantuk di siang hari dibandingkan dengan kelompok yang minum kafein dalam jumlah lebih rendah. 

Meskipun ada banyak manfaat kesehatan untuk minum kopi secara teratur, menjaga asupan kopi harian seminimal mungkin — dan di pagi hari — dapat membantu pola tidur di malam hari.

3. Detak jantung meningkat

Ilustrasi menikmati kopi.

Photo :
  • U-Report

Meskipun satu studi terkontrol menunjukkan bahwa minum 100 miligram kafein antara setiap jam hingga lima jam tidak menyebabkan peningkatan detak jantung, minum dalam jumlah yang signifikan dapat menyebabkan perubahan ritme detak jantung. Tapi itu akan mengambil sejumlah besar asupan kafein untuk melakukannya.

4. Gelisah

Pernah merasakan getar setelah terlalu banyak minum kopi? Ini sebenarnya dapat didefinisikan sebagai overdosis kafein, yang menurut Healthline dapat menyebabkan sakit kepala, kegelisahan, kesulitan tidur, dan seperti yang telah kami sebutkan, peningkatan detak jantung. 

Jika Anda mengalami salah satu dari efek samping buruk yang parah ini karena Anda terlalu banyak minum kopi, Anda harus mencari perhatian medis.

5. Merasa lelah

Ilustrasi kelelahan(shutterstock)

Photo :
  • vstory

Wajar jika Anda beralih ke kopi—atau bentuk kafein lainnya—saat Anda merasa lelah. Tapi tahukah Anda mengonsumsi terlalu banyak kafein ternyata bisa berdampak negatif? Apalagi jika ditambah gula. 

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Innovations in Clinical Neuroscience, di mana peserta diberi minuman berkafein dalam jumlah tertentu untuk energi, minum minuman berkafein — terutama dengan gula — secara teratur memang menyebabkan kelelahan mental bagi peserta. 

Meskipun kafein umum menyebabkan penurunan tingkat energi saat ia habis, yang terbaik adalah mengatur waktu ketika Anda berencana untuk tidur — daripada beralih ke lebih banyak kopi untuk membuat Anda tetap terjaga. Karena tidur yang terganggu nantinya akan menyebabkan lebih banyak kelelahan sepanjang hari, menciptakan lingkaran setan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya