Hati-hati, 7 Buah Ini Dapat Menyebabkan Gula Darah Naik Tajam

Tes gula darah dan mangga
Sumber :
  • Express.co.uk

VIVA Lifestyle – Seperti kita ketahui buah-buahan adalah sumber vitamin dan nutrisi yang sangat baik, beberapa jenis bisa membuat Anda mengalami lonjakan gula darah, menurut seorang ahli.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Ketika datang untuk mengendalikan diabetes tipe 2, senjata terbesar di gudang senjata Anda adalah diet. Meskipun Anda dapat menjinakkan kadar gula darah tinggi melalui pilihan makanan sehat, terkadang, tidak jelas apa yang harus dihindari. Scroll untuk simak artikel selanjutnya.

Dikemas dengan vitamin dan mineral, berbagai buah berwarna-warni memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Sementara hampir semua buah diperhitungkan dalam lima hari Anda, camilan manis juga mengandung dua jenis gula - fruktosa dan glukosa.

Terpopuler: 5 Minuman Hambat Penurunan Berat Badan, 100 Wanita Rayakan Hari Kartini di Puncak Gunung

Makanan yang berbeda memiliki efek yang berbeda pada kadar gula darah Anda, tetapi indeks glikemik (GI) dapat membantu Anda membedakan yang baik dari yang buruk. Sayangnya, beberapa buah mendapat skor tinggi pada skala ini, yang mengarah ke potensi lonjakan gula darah.

Jika Anda tidak menyadarinya, indeks glikemik menjelaskan seberapa cepat tubuh Anda memecah karbohidrat menjadi gula darah, dengan makanan yang diberi peringkat rendah, sedang atau tinggi.

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

Ini berarti bahwa makanan yang berperingkat tinggi GI dengan cepat dipecah menjadi gula darah. Orang dengan diabetes menyebut kenaikan tajam gula darah seperti ini sebagai paku.

Meskipun buah-buahan cenderung memiliki skor GI yang rendah, ada beberapa pengecualian untuk aturan ini. Menurut Diabetes.co.uk, buah-buahan GI yang lebih tinggi termasuk pisang, jeruk, mangga, anggur, kismis, kurma dan pir.

Pisang

Photo :
  • Eat This

Portal kesehatan menjelaskan bahwa makan makanan GI tinggi “bisa berbahaya” bagi mereka yang memiliki kondisi gula darah.

Ini menyatakan: “Bagi mereka yang memproduksi insulin sendiri, makanan GI tinggi dapat memaksa tubuh untuk mencoba memproduksi lonjakan insulin untuk melawan karbohidrat yang bekerja cepat dan konsekuensi umum dari ini adalah rasa lapar dalam dua hingga tiga jam, yang dapat membuat pelaku diet menginginkan lebih banyak makanan.

“Bagi penderita diabetes, ini bisa sangat berbahaya karena kemampuan tubuh untuk mengontrol kadar glukosa darah berkurang atau tidak ada sama sekali. Untuk alasan ini, penderita diabetes harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan dengan GI tinggi.”

Namun, Anda tidak boleh memotong buah-buahan ini sepenuhnya karena nilai gizinya sangat banyak. Portal kesehatan berbagi bahwa "hati-hati" dengan buah-buahan dan sayuran tinggi GI sebagai gantinya.

Plus, ada banyak pilihan buah yang mendapat skor rendah seperti berry, plum, kiwi, dan grapefruit.

Apa saja gejala diabetes tipe 2?

Seorang pria mengecek gula darah diabetes

Photo :
  • Eat This

Meskipun gejala diabetes mungkin tidak selalu membuat Anda merasa sakit, mengetahui apa yang harus dicari dapat membantu. Menurut NHS, gejala utama diabetes tipe 2 meliputi:

- Kencing lebih dari biasanya (terutama di malam hari)
- Merasa haus sepanjang waktu
- Merasa sangat lelah
- Penurunan berat badan yang tidak disengaja
- Gatal di sekitar penis atau vagina Anda, atau sariawan   berulang kali
- Luka atau luka sembuh perlahan
- Penglihatan kabur.

Layanan kesehatan menyarankan untuk menemui dokter umum jika memiliki gejala-gejala ini atau Anda khawatir bahwa Anda mungkin memiliki risiko diabetes yang lebih tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya