Kulit Selangkangan dan Ketiak Menghitam? Begini Cara Mengatasinya

Ilustrasi ketiak
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Kamu memiliki masalah kulit selangkangan dan ketiak yang menghitam? Taukah kamu jika masalah ini salah satunya berasal dari kebiasaan kita yang selalu memakai pakaian ketat dan menggunakan bahan-bahan kimia yang dapat membuat kulit selangkangan dan ketiak menghitam.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Hal ini tentunya dapat mengurangi rasa percaya diri kita. Lantas bagaimana solusinya? Dan bagaimana cara pencegahannya agar kulit selangkangan dan ketiak kita tidak menghitam? Yuk temukan jawaban dan solusinya yang di bahas oleh dr. Haekal Anshari, M.Biomed (AAM) di kanal YouTube Kata Dokter. Scroll untuk simak selengkapnya.

Apa penyebab selangkangan dan ketiak menghitam?

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Wanita memegang ketiak.

Photo :
  • http://www.nyanter.com/

Sebagian orang mungkin yang memiliki selangkangan dan ketiak hitam kurang percaya diri. Ternyata penyebabnya menghitamnya selangkangan dan ketiak sangat banyak sekali. Salah satu faktornya yaitu menggunakan pakaian ketat.

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

“Sebetulnya penyebab dari ketiak dan selangkangan hitam ini banyak. Pertama bisa karena factor genetic (keturunan). Kemudian dapat disebabkan karena sering menggunakan pakaian yang ketat seperti baju ketat, celana dalam ketat, yang menyebabkan terjadinya gesekan antara kulit dengan bahan pakain. Lama-lama ini bisa menyebabkan area tersebut menghitam atau menggelap,”ujar dokter Haekal dikutip dari kanal YouTube Kata Dokter.

Selain itu, penggunakan produk pembersih yang tidak sesuai dengan jenis kulit juga bias menyebabkan kulit ketiak dan selangkangan menghitam.

“Yang kedua mungkin bagi kalian yang menggunakan bahan atau produk pembersih yang tidak sesuai dengan jenis kulit sehingga menyebabkan area ketiak dan juga area selangkangan menghitam,”pungkasnya.

Apakah bisa area kulit yang menghitam ini diatasi?

Ketiak hitam kasar.

Photo :
  • Pixabay

Untuk mencerahkan ketiak dan selangkangan sebenarnya bisa menggunakan teknologi laser. Tentu ini harus dilakukan di klinik.

“Sebetulnya ada cara untuk kembali mencerahkan supaya area ketiak dan selangkangan tidak lagi menghitam. Dan tentunya dilakukan di klinik menggunakan teknologi laser,”ungkap dokter Haekal.

Namun, untuk mencegahnya kulit menghitam bias menggunakan bahan-bahan alami seperti lidah buaya

“Ada, yang pertama adalah gunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Contohnya lidah buaya. Tapi kalo lidah buaya kita bisa mendapatkan di toko yang bentuknya gel. Nah ini dapat kalian oles di selangkangan ataupun ketiak,”terangnya.

“Dan juga misalnya kalo kalian menggunakan pakaian yang terbuka, kayak pakaian kaos yang terbuka, kaos tanpa lengan, selalu gunakan tabir surya. Dan ingat, kalian ketika menggunakan bahan kosmetik untuk mencegah bau badan, gunakan bahan yang non-alergenic. Sehingga tidak akan membuat kulit ketiak kalian menghitam,”tambahnya. 

Simak video pembahasan tentang cara mencerahkan kulit ketiak dan selangkangan berikut di kanal YouTube Kata Dokter. Jangan lupa subscribe, like, komen, dan share konten ini. Semoga bermanfaat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya