Sering Menghirup Polusi Udara Sebabkan Gangguan Kesuburan Pria

Ilustrasi pria sedih.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

VIVA Lifestyle – Saat ini banyak negara di dunia tengah fokus berbenah agar terhindar dari polusi udara. Berbagai cara dilakukan untuk menghindari udara yang dipenuhi zat berbahaya itu, di antaranya beralih ke kendaraan listrik dan menanam pohon.

Ramalan Zodiak Senin 15 April 2024, Leo Bertemu Cinta Masa Lalu

Polusi udara yang umumnya dihasilkan dari asap pabrik, asap kendaraan dan asap pembakaran sampah memiliki banyak pengaruh buruk bagi kesehatan. Jika selama ini kita mengetahui bahwa polusi udara hanya berdampak bagi kesehatan paru-paru, mata dan jantung, ternyata tak hanya itu. Polusi udara juga dapat mempengaruhi kualitas kesuburan pria.

Ilustrasi polusi di Kota Jakarta

Photo :
  • Ist
Ramalan Zodiak Minggu 14 April 2024: Cancer Akan Menemukan Belahan Jiwa, Kehidupan Cinta Libra Rumit

Ketidaksuburan pria atau gangguan reproduksi seringkali menjadi pemicu hubungan yang tidak harmonis. Sebab, pasangan bakal kesulitan untuk memiliki buah hati. Selain itu, penurunan kadar testosteron akibat polusi udara juga dapat menyebabkan hilangnya hasrat seksual bagi seorang pria.

Seperti dilansir dari Times of India, pria yang tinggal di perkotaan memiliki masalah kesuburan 15 persen lebih banyak dibandingkan wanita. Masalah itu muncul karena kebiasaan orang-orang yang tinggal di kota menghirup udara terpapar polusi sehingga menyebabkan kualitas jumlah sperma menurun secara signifikan.

Ramalan Zodiak Jumat 12 April 2024: Leo Mungkin Bertengkar dengan Pasangan

Dengan jumlah, motilitas dan konsentrasi yang rendah, sperma akan sulit mencapai bagian dalam tuba falopi yang menyebabkan kegagalan untuk mengandung. Menurunnya hasrat seksual pada pria merupakan salah satu gejala pertama yang menunjukkan munculnya infertilitas pria.

“Aktivitas yang mengganggu endokrin atau ketidakseimbangan hormon merupakan proses yang menyebabkan sel sperma berkurang dan bahkan mati. Udara yang kita hirup terdiri dari partikular seperti tembaga, seng, timbal dan sejenisnya yang memiliki sifat estrogen dan antiandrogen sehingga menghambat produksi testosterone dan sel sperma jika menghirup terlalu lama,” ujar pakar kesuburan, Dokter Gunjan Gupta.

Dokter yang mendirikan Gunjan IVF World Group itu juga mengatakan bahwa sel sperma memiliki siklus hidup 72 hari dan efek buruk akibat terlalu sering menghirup polusi akan terlihat 90 hari.

Polusi Udara

Photo :

Dengan setiap kenaikan 10g sulfur dioksida, ada penurunan konsentrasi sperma sebesar 8 persen, jumlah sperma turun 12 persen dan motilitas berkurang 14 persen.

“Dengan mempengaruhi bentuk dan motilitas sperma, kesuburan pria dipengaruhi oleh pemicu stres oksidatif dan kerusakan DNA,” terangnya

Penggunaan solar dapat meningkatkan kadar ozon, sulfur dioksida dan partikel yang tercampur di udara menyebabkan reaksi kimia dalam darah yang menyebabkan peningkatan konsentrasi radikal bebas yang secara tidak langsung mempengaruhi kualitas sperma.

“Bahkan pada pria yang sebenarnya subur,” tutupnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya