Simak! Cara Menjaga Kesehatan Ginjal dan Penyebab Gangguan Fungsi Ginjal

Ilustrasi ginjal/batu ginjal.
Sumber :
  • Freepik/brgfx

VIVA Lifestyle – Tahukah kamu bahwa ginjal memiliki peran penting dalam tubuh kita. Maka dari itu kesehatan ginjal harus selalu terjaga karena ginjal bisa menjadi pemicu munculnya penyakit-penyakit lain, seperti hipertensi, jantung, diabetes, kolesterol dan lainnya.

Polisi Amankan 5 Orang terkait Kasus Bensin Dioplos Air di SPBU Bekasi

Selain itu, ada beberapa faktor dan kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan dan menyebabkan kerusakan pada ginjal seperti kurangnya minum air putih, merokok, makan-makanan yang berlemak, menahan buang air kecil dan masih banyak lagi. Kali ini akan membahas seputar ginjal termasuk cara merawat kesehatan ginjal, yang akan dijelaskan oleh Prof. dr. Harrina E. Rahardjo, SpU(K), PhD.

Ilustrasi ginjal.

Photo :
  • U-Report
Makan Kacang Secara Berlebihan Bisa Berdampak Buruk pada Kesehatan, Apa Saja?

Darah yang dialirkan oleh jantung kemudian akan memasuki ginjal kita, kemudian ginjal akan menyaring zat-zat yang diperlukan untuk kembali ke badan kita. Kemudian zat-zat yang tidak diperlukan akan jatuh ke dalam saluran ginjal,” kata Prof. dr. Harrina E. Rahardjo, SpU(K), PhD, dikutip dari Kata Dokter pada 8 November 2022.

Setelah proses itu, ginjal akan melakukan hal-hal yang bersifat memekatkan atau mencairkan urine yang ujungnya terbentuk air kencing. Lalu, dialirkan ke ureter atau saluran yang menuju kandung kemih dan dikeluarkan.

Apakah Berkumur saat Wudhu Tidak Membatalkan Puasa? Ini Penjelasan Para Ulama

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

ginjal bermasalah

Photo :
  • U-Report

1. Pastikan jumlah cairan yang cukup

Pertama adalah memastikan meminum atau memasukkan jumlah cairan yang cukup ke adalam tubuh. Sebaiknya mengonsumsi air minum sebanyak 2 liter sehari atau setara 8 gelas.

2. Hidup sehat

Untuk mencegah penyakit-penyakit yang bisa menimbulkan gangguan pada fungsi ginjal. Mulailah menjalankan hidup sehat dengan konsumsi makanan yang sehat dan lakukan aktivitas fisik yang baik.

3. Menjaga kandung kemih

Agar tidak terkena infeksi atau batu saluran kemih, sebaiknya konsumsi air mineral cukup dan tidak menahan buang air kecil. 

Gangguan yang Menggangu Fungsi Ginjal

Beberapa penyakit yang mengganggu fungsi ginjal diantaranya adalah hipertensi atau darah tinggi, diabetes, kolesterol, kelebihan asam urat, selain itu juga obesitas. 

Kurang aktvitas fisik juga dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal. Karena pembuluh darah yang kurang baik menyebabkan aliran darah ke dalam ginjal juga ikut terganggu.

Informasi lain untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kerusakan pembuluh darah dapat disaksikan dalam kanal YouTube Kata Dokter, dijelaskan oleh Prof. dr. Harrina E. Rahardjo, SpU(K), PhD.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya