Hangatkan Ranjang di Musim Hujan, 6 Kiat Seks Ini Ampuh Lecut Libido

Ilustrasi bercinta
Sumber :
  • unsplash

VIVA Lifestyle – Beberapa orang mungkin berpikir ini adalah musim untuk membantu merasa nyaman dan dekat, tetapi bagi yang lain melihat dorongan seks malah menurun selama musim hujan. Bukan tanpa alasan, banyak pakar menyebut bahwa musim hujan sebenarnya bisa berdampak besar pada kehidupan seks bersama pasangan.

Bukan Cuma Mahal, Konsep Pernikahan Harvey Moeis dan Sandra Dewi di Disneyland Kembali Disorot

Pippa Murphy, pakar seks dan hubungan di condoms.uk, mengungkapkan bagaimana seks bisa baik untuk kesehatan mental seseorang. Dikatakan bahwa tidak merasa menginginkan seks bisa menjadi akibat dari gangguan afektif musiman (SAD), yang merupakan jenis depresi yang datang dan pergi sesuai musim. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Meskipun orang dapat mengalaminya setiap saat sepanjang tahun, momen itu paling umum selama musim hujan. Walau penyebab pasti SAD tidak diketahui, hal itu diduga terkait dengan kurangnya sinar matahari, yang dapat menyebabkan penurunan produksi melatonin dan serotonin yakni dua bahan kimia yang membantu mengatur ritme sirkadian dan suasana hati kita.

Kian Romantis, Nikita Mirzani dan Rizky Irmansyah Tertangkap Kamera Lakukan Hal ini

Selain menyebabkan perasaan sedih, lelah atau putus asa, perubahan ini juga dapat menyebabkan penurunan gairah seks bagi sebagian orang. Hal ini dapat menciptakan lingkaran setan karena banyak hormon perasaan baik dilepaskan saat berhubungan seks seperti endorfin dan oksitosin, di mana keduanya mengaktifkan rasa senang, relaksasi, dan keintiman, sekaligus mencegah kecemasan dan depresi.

Ilustrasi bercinta/pasangan.

Photo :
  • Freepik/lookstudio
Ustaz Khalid Basalamah: Kalau Ada Tanda Ini saat Mau Menikah, Cepat Batalkan!

Jika kesehatan mental malah menghentikan keinginan berhubungan seks untuk sementara waktu, dan pikiran untuk berhubungan intim dengan pasangan jadi menakutkan. Pippa membagikan kiat-kiat terbaiknya untuk menyalakan kembali percikan dalam kehidupan seks. Berikut triknya dikutip dari laman Daily Star.

Jadikan pelumas sebagai sahabat baru
Ketika seorang wanita mengalami depresi, kadar estrogen mereka turun, yang berarti lebih sedikit pelumasan (dan lebih sedikit aliran darah) ke vagina mereka. Hal ini dapat menyebabkan seks yang menyakitkan atau kesulitan ketika mencoba untuk terangsang. Untungnya, ada cara untuk memerangi efek kekeringan vagina selama menopause.

Pertama, Anda harus menambahkan kelembapan pada diet Anda dengan minum lebih banyak air dan makan lebih banyak buah dan sayuran. Namun, cara tercepat dan termudah untuk mengatasi kekeringan pada vagina adalah dengan menggunakan pelumas.

Tidak hanya mengatasi kekeringan pada vagina, tetapi juga dapat meningkatkan kenikmatan. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa pelumas membuat 50 persen lebih mudah bagi kedua belah pihak untuk orgasme.

Berhubungan seks sebelum minum antidepresan
Jika sedang menjalani pengobatan antidepresan, kemungkinan besar Anda menyadari bahwa beberapa gejala termasuk libido rendah, kekeringan pada vagina, dan disfungsi ereksi. Namun, waktu di mana Anda menggunakan antidepresan dapat berdampak pada seks Anda.

Ilustrasi minum obat

Photo :
  • Times of India

Jika Anda meminum tablet Anda setelah berhubungan seks, Anda mungkin menemukan bahwa seks lebih menyenangkan karena Anda berhubungan intim pada saat tingkat obat-obatan dalam tubuh Anda berada pada titik terendah.

Memutuskan kapan harus meminum pil Anda akan bergantung pada banyak faktor, seperti rutinitas harian Anda atau efek samping lainnya. Jika ini adalah sesuatu yang Anda yakini bermanfaat, mungkin ada baiknya mendiskusikan dengan dokter umum Anda sebelum mencoba.

Hindari menonton TV dan jauhkan ponsel untuk sementara
Sementara malam yang panjang dan dingin adalah alasan sempurna untuk menonton acara TV bersama pasangan Anda, sesi ini tidak bagus untuk kehidupan seks Anda. Terpapar cahaya biru layar TV dan layar ponsel membuat Anda tetap terjaga di malam hari dan, sayangnya, kurang tidur dapat memengaruhi gairah seks Anda.

Jadi, sebagai gantinya, Anda harus menghabiskan satu atau dua malam dalam seminggu untuk mengganti malam maraton film untuk malam permainan apapan, atau bahkan hanya mengobrol satu sama lain dengan musik favorit Anda di malam hari. Ini akan membuatnya lebih mudah untuk masuk ke dalam suasana hati.

Tanyakan kepada pasangan apa yang menurut mereka seksi
Secara alami, selama bulan-bulan yang lebih dingin, Anda cenderung mengenakan pakaian santai, pakaian yang nyaman, atau banyak lapisan. Ini mungkin membuat Anda merasa terputus dari tubuh Anda, dan bahkan kurang menarik, yang membuat Anda sulit mendapatkan mood untuk berhubungan seks.

Bertanya kepada pasangan Anda apa yang menurut mereka seksi tentang Anda dapat mengatasi hal ini. Cari tahu apa itu, ini tidak hanya akan meningkatkan kepercayaan diri Anda berdua, tetapi juga bisa mengarah pada seks yang lebih baik jika mereka menyebutkan sesuatu yang bisa Anda tekankan di kamar tidur.

Ilustrasi bercinta/ciuman.

Photo :
  • Freepik/freepik

Coba metode ciuman enam detik
Sebuah penelitian menemukan bahwa pasangan yang berciuman setidaknya selama enam detik memiliki hubungan yang paling sukses. Ini karena ciuman memberi Anda cukup waktu untuk keluar dari otak Anda dan sebaliknya, berada di saat ini.

Cobalah melakukan sesi bercumbu setidaknya selama enam detik dan lihat bagaimana perasaan Anda. Kemungkinan Anda akan mendapatkan lebih banyak rangsangan seksual seiring berjalannya waktu, mendorong Anda untuk melangkah lebih jauh.

Sadarilah bahwa keintiman jauh lebih dari sekadar seks
Jika kamu Anda tidak merasa ingin berhubungan seks sama sekali Anda tidak perlu khawatir. Ada kesalahpahaman umum bahwa seks adalah keintiman, tetapi itu tidak bisa jauh dari kebenaran. Sebaliknya, Anda harus fokus membangun keintiman non-seksual dengan meluangkan waktu untuk kencan siang atau malam setiap minggu. 

Jika Anda lelah, ini tidak harus menjadi sesuatu yang terlalu berat, atau mengharuskan Anda meninggalkan rumah. Ini bisa menjadi sesuatu yang sederhana seperti memesan makanan baru dan mematikan TV atau memasak tiga hidangan bersama, sehingga pikiran Anda sibuk. Kenangan intim ini akan membantu membangun ikatan yang lebih kuat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya