4 Cara Sederhana Menghilangkan Batuk Tanpa Obat-obatan

Ilustrasi batuk.
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

VIVA Lifestyle – Batuk adalah refleks yang normal tubuh untuk membersihkan saluran udara dari lendir, asap, dan iritasi lainnya. Meski demikian, batuk terus-menerus juga bisa jadi pertanda buruk bagi kesehatan dan tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

5 Cara Masukkan Lemon ke Dalam Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Untuk itu, sering kali orang mencari informasi mengenai bagaimana cara meredakan batuk yang cepat dan tentunya aman. Nah, berikut kami telah merangkum dari laman Everyday Health 5 cara yang dapat dicoba untuk meredakan batuk. Yuk Scroll ke Bawah

Ilustrasi batuk.

Photo :
  • YouTube/Massachusetts Institute of Technology (MIT)
Penyanyi Hizrah yang Sempat Viral Kini Sukses Jadi Milyarder di Bisnis Herbal

4 Cara menghilangkan batuk
Jika batuk yang kamu alami belum terlalu lama, kami sarankan untuk jangan buru-buru mengkonsumsi obat-obatan, melainkan kamu dapat melakukannya dengan cara di bawah ini:

1. Air hangat

Penyanyi Bro Hizrah yang Sempat Viral Kini Sukses Jadi Milyarder di Bisnis Herbal

Air hangat bisa membantu membuang racun yang menumpuk di tenggorokan, sehingga meredakan sakit tenggorokan dan batuk.  Minum air panas juga bisa membantu tubuh tetap terhidrasi. Saat sel-sel tubuh terhidrasi, ia mengencerkan lendir sehingga memudahkan mengeluarkan dahak atau batuk.  Air hangat juga bisa meningkatkan gerakan silia sehingga menyapu lendir dari rongga mulut dan meredakan batuk.

2. Madu

Ilustrasi madu

Photo :
  • healthline.com

Berikutnya adalah Madu, cairan manis yang berasal dari lebah ini telah lama digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Bahkan madu juga dapat meredakan batuk lebih efektif dibandingkan obat bebas resep yang mengandung dekstrometorfan.

Catatan: Jangan berikan madu pada bayi, itu tidak akan membantu penyembuhan batuk justru malah dapat menyebabkan penyakit baginya.

3. Jahe

Manfaat jahe untuk batuk dapat diperoleh karena jahe mengandung zat anti inflamasi dan antitusif yang efektif dalam meredakan batuk. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan gingerol dalam jahe mampu membuat saluran napas menjadi lebih lega sehingga mampu mengurangi gejala asma dan juga batuk.

4. Berkumur dengan air garam

Ilustrasi air garam.

Photo :
  • U-Report

Berkumur air garam dipercaya dapat mengurangi batuk dengan menenangkan iritasi tenggorokan, melonggarkan lendir yang kental, dan menghilangkan iritasi dari tenggorokan. Cukup campurkan garam ke dalam air hangat, berkumurlah secukupnya, lalu keluarkan.

Kunjungi dokter jika batuk tidak kunjung hilang

Jika kamu tidak bisa menghilangkan batuk setelah beberapa minggu atau mengalami gejala lain seperti, demam, sesak napas, rasa sakit atau tekanan yang terus-menerus di dada, temui dokter secepatnya.

Batuk mungkin hal yang sepele di mata seseorang, tapi jika batuk sudah bertahan lama sebaiknya perlu penanganan yang lebih dari petugas medis. Hati-hati dalam memilih obat-obatan untuk menyembuhkan batuk.

Tasya Kamila

Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Tasya Kamila menyadari tidak bisa selalu mengawasi anak-anaknya 24 jam. Oleh sebab itu, ia punya cara tersendiri untuk menjaga kesehatan anak-anaknya. Bagaimana caranya?

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024