Penyebab Bisul dan Komplikasinya yang Bisa Mengakibatkan Meningitis

Ilustrasi bisul.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Penyebab bisul ini harus diwaspadai oleh setiap orang karena bisa berbahaya. Bisul sendiri adalah benjolan berisi nanah di kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Ini sedikit seperti jerawat kuning yang sangat besar, tetapi lebih dalam di kulit dan lebih sakit. Bisul berkembang ketika folikel rambut dan jaringan di sekitarnya terinfeksi. 

Sebelum Meninggal Dunia, Babe Cabita Disarankan Transplantasi Tulang Belakang, Kenapa?

Folikel rambut terdiri dari satu rambut, akar rambut, kelenjar sebaceous dan otot kecil yang dapat menarik rambut ke atas, membuatnya berdiri. Peradangan folikel rambut kadang-kadang juga disebut sebagai "folliculitis dalam" atau "perifolliculitis." Infeksi ini menyebabkan jaringan kulit di dalam bisul mati, menciptakan ruang kosong berisi nanah (abses). 

Abses kulit dapat berkembang dari bisul, tetapi juga dari hal-hal lain seperti gigitan serangga yang terinfeksi atau suntikan dengan jarum kotor. Jika beberapa hal tersebut bergabung menjadi benjolan yang lebih besar, itu disebut bisul. Namun terkadang, bisul hilang lagi dengan sendirinya, tanpa menimbulkan masalah. 

Profil Melitha Sidabutar, Penyanyi Rohani yang Meninggal Dunia

Tetapi akan lebih baik bila orang mengalami bisul mendapatkan perawatan medis. Ini dapat membantu membuat bisul hilang lebih cepat, menghilangkan rasa sakit dan mencegah komplikasi. Untuk mengenal penyebab bisul dan beberapa hal lainnya, simak ulasan selengkapnya berikut ini yang dirangkum dari National Library of Medicine. 

Gejala Bisul

Biar Aman dan Terpercaya, 5 Faktor Ini Wajib Dipertimbangkan saat Pilih Klinik Kecantikan

Bisul

Photo :

Bisul adalah benjolan bengkak yang menyakitkan, mulai dari seukuran jerawat hingga seukuran batu kerikil. Mereka merasa hangat dan terlihat merah, dan nanah kekuningan dapat terlihat melalui kulit. Jika sekelompok bisul (karbunkel) berkembang, infeksi dapat menyebabkan demam juga, membuat kamu merasa lemah dan lelah.

Bisul paling sering terjadi pada wajah dan leher, termasuk bagian belakang leher. Tapi terkadang juga berkembang di ketiak, selangkangan, area genital, di punggung, bawah atau paha.

Penyebab Bisul dan Faktor Risiko

Ilustrasi jerawat

Photo :
  • Flickr

Bisul disebabkan oleh bakteri, paling sering oleh bakteri Staphylococcus aureus (infeksi staph). Banyak orang memiliki bakteri ini di kulit mereka atau misalnya di lapisan lubang hidung mereka, tanpa menimbulkan masalah.

Mereka lebih cenderung menyebabkan bisul atau infeksi kulit lainnya pada orang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah. Untuk alasan ini, bisul lebih sering terjadi pada orang dengan kondisi medis seperti diabetes, infeksi kronis atau kanker. Mereka juga lebih sering terjadi pada orang dengan eksim, konjungtivitis atau alergi tertentu seperti asma alergi.

Proses Terjadinya Bisul

Ilustrasi bisul.

Photo :
  • U-Report

Infeksi kulit umumnya sangat umum, tetapi kebanyakan disebabkan oleh hal lain. Hanya sekitar 3 dari 100 orang yang pergi ke dokter dengan infeksi kulit mengalami bisul. Bisul berkembang dalam beberapa jam atau hari. 

Setelah nanah keluar dari benjolan merah dan bengkak setelah beberapa hari – baik dengan sendirinya atau setelah perawatan – bisul akan sembuh dalam beberapa minggu. Bekas luka kecil tertinggal. Terkadang bisul sembuh tanpa keluar nanah. Nanah kemudian dipecah oleh tubuh.

Efek Bisul

bisulan

Photo :
  • U-Report

Jika kamu meremas bisul atau menggaruknya, bakteri mungkin menyebar di dalam tubuh di sepanjang pembuluh darah atau getah bening. Jika, misalnya, kamu dapat melihat garis merah yang menjauh dari bisul, itu berarti infeksi bergerak di sepanjang pembuluh getah bening (limfangitis). Kelenjar getah bening di daerah yang terkena juga bisa meradang dan sakit (limfadenitis).

Orang terkadang berpikir bahwa garis merah yang disebabkan oleh limfangitis adalah tanda keracunan darah (sepsis). Tetapi komplikasi yang sangat jarang dan parah ini hanya berkembang jika banyak bakteri masuk ke dalam darah sekaligus dan dengan cepat menyebar ke seluruh tubuh.

Jika bisul terjadi di wajah – terutama di sekitar hidung dan area bibir atas – ada risiko tertentu bahwa bakteri mungkin masuk ke otak, di mana mereka dapat menyebabkan meningitis atau pembekuan darah yang mengancam jiwa di pembuluh darah besar yang disebut vena serebral trombosis sinus, atau CVST.

Terutama pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah, bisul dapat terus muncul kembali atau terjadi di beberapa tempat berbeda pada waktu yang bersamaan. Dokter menyebut ini furunculosis.

Jika beberapa bisul berkembang di folikel rambut dan bergabung menjadi area infeksi yang lebih besar di bawah kulit, itu disebut carbuncle. Carbuncle sering terjadi di bagian belakang leher, dan masuk lebih dalam ke jaringan daripada bisul.

Diagnosa

Bawang putih untuk obati bisul.

Photo :
  • U-Report

Dokter biasanya mengenali bisul berdasarkan penampilan khasnya dan deskripsi gejalanya. Prosedur diagnostik lebih lanjut seperti tes darah atau usap nanah hanya diperlukan jika seseorang sering mengalami bisul, memiliki beberapa bisul sekaligus, atau dianggap berisiko tinggi mengalami komplikasi.

Nanah diperiksa di laboratorium untuk mengetahui dengan tepat jenis bakteri apa yang menyebabkan infeksi, dan menentukan antibiotik mana yang paling mungkin bekerja paling baik. Tes darah membantu untuk mengetahui apakah infeksi telah menyebar dan apakah orang tersebut memiliki kondisi medis lain yang dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi bakteri.

Treatment

Pecahkan jerawat.

Photo :
  • U-Report

Bisul biasanya ditangani oleh dokter. Perawatan biasanya melibatkan membuka abses berisi nanah dengan sayatan kecil, mengeringkan nanah, mendisinfeksi luka dan menempatkan strip kasa di dalamnya untuk menyerap dan menghilangkan sisa nanah. Luka tetap terbuka saat penyembuhan, jadi tidak harus dijahit. Sangat penting untuk tidak memencet bisul sendiri – terutama jika bisul itu berada di bagian wajah.

Jika bisul masih membesar, abses belum sepenuhnya berkembang. Dokter dapat merasakan bisul dengan tangan mereka untuk melihat apakah itu masalahnya. Pada fase ini, kamu dapat mencoba memulai atau mempercepat proses penyembuhan dengan mengoleskan kain hangat yang lembab atau salep khusus yang mengeluarkan (menarik) nanah dari bisul. Salep semacam ini juga dikenal sebagai "salep menggambar".

Antibiotik hanya diperlukan jika komplikasi mungkin atau telah terjadi. Misalnya, jika beberapa bisul telah bergabung dan berkembang menjadi bisul. Orang-orang kemudian kadang-kadang pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan antibiotik melalui infus (infus). Sangat penting bahwa karbunkel dipotong terbuka sehingga nanah dapat keluar. Luka tersebut kemudian berulang kali dibersihkan menggunakan larutan antiseptik.

Melitha Sidabutar

Keluarga Ungkap Kronologi Meninggalnya Melitha Sidabutar

Kakak laki-laki Melitha Sidabutar mengungkap kronologi meninggalnya sang adik pada Senin 8 April kemarin pukul 09.59 WIB.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024