9 Manfaat Kencur, Dari Obat Batuk Hingga Bisa Hilangkan Stress

Ilustrasi kencur
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Manfaat kencur, selain menjadi bumbu dapur untuk menambah cita rasa masakan, juga ternyata memiliki khasiat lain yang tak kalah hebat, yaitu untuk kesehatan. 

MIND ID Pastikan Beri Kemanfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya

Kencur adalah salah satu jenis bumbu dapur yang memiliki aroma khas yang segar dan pekat. Tanaman yang berasal dari Asia ini masuk ke dalam keluarga suku jahe-jahean (Zingiberaceae). Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

Spesies Zingiberaceae tidak hanya berisikan tanaman kencur saja, tapi juga meliputi jahe, kunyit, serta lengkuas. Ya, dengan kata lain, kencur sebenarnya masih satu keluarga dekat dengan jahe, lengkus, maupun kunyit.

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Kencur

Photo :
  • http://sirupgurah.com

Kencur memang merupakan jenis empon yang kaya dengan kandungan minyak atsiri dan senyawa alkaloid yang berkhasiat obat.

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Dalam rimpang kencur terkandung berbagai senyawa kimia yang penting sebagai obat herbal.

Kandungan senyawa itu di antaranya berupa unsur mineral 13,73 persen, zat tepung atau pati 4,14 persen, dan minyak atsiri sekitar 0,02 persen.

Senyawa dalam minyak atsiri kencur bahkan ada cukup banyak, seperti asam metil kanil dan penta dekaan, asam sinamat, asam anisat, sineol, etil ester, paraeumorin, borneol, kamphene, gom, dan unsur alkaloid.

Tak hanya itu, ekstrak kencur juga dapat memberikan efek antiinflamasi, antioksidan, dan bersifat analgesik (pereda nyeri).

Nah, berikut 5 manfaat kencur, yang Viva rangkum dari berbagai sumber.

Manfaat Kencur
Mengobati Penyakit Akibat Bakteri

Kencur

Photo :
  • jagotani.com

Manfaat kencur pertama adalah mengobati penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Ekstrak methanol dari kencur sangat efektir dalam menangkal dan mengatasi bakteri, termasuk bakteri penyebab penyakit sistem saraf pusat yang dinamakan granulomatous amoebic encephalitis.

Kencur juga mampu membunuh amoebic keratitis, bakteri penyebab infeksi pada kornea mata, maupun dalam mengatasi cacing parasit penyebab penyakit toksokariasis.

Mengobati Diare

Ilustrasi diare

Photo :
  • fakultaskedokteran.net

Saat membeli obat diare, tak jarang kamu pasti melihat kencur menjadi salah satu bahan dasarnya.

Hasil penelitian sebelumnya yang dimuat dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, menemukan hal menarik. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa ekstrak kencurmemiliki kandungan zat sitotoksik dan antibakteri dalam jumlah yang cukup banyak.

Atas dasar itulah, kencur dipercaya bisa menjadi salah pilihan pengobatan manjur untuk diare. Hal tersebut dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan pada hewan coba yang dibagi menjadi 2 kelompok. Kedua kelompok tersebut telah diberikan minyak jarak dengan cara diminum (oral) guna menimbulkan diare.

Faktanya, hewan coba yang menerima ekstrak kencur menunjukkan tanda-tanda dan gejala diare khas yang lebih ringan, bahkan berangsur hilang.

Sedangkan kelompok hewan coba lainnya yang tidak mendapatkan ekstrak kencur, mengalami gejala diare terus-menerus. Misalnya feses cenderung cair, sakit perut, dan frekuensi buang air besar sering.

Mengatasi Muntah Muntah

Ramuan kencur.

Photo :
  • U-Report

Melansir buku Temu-temuan dan Empon-empon: Budidaya dan Manfaatnya (1999) karya Ir. Fauziah Muslisah, kencur memiliki banyak manfaat, salah satunya mengatasi muntah-muntah.

Untuk mendapatkan manfaat ini, ambilah 1,5 jari kencur yang masih segar, kemudian cuci hingga bersih. Berikan kencur tersebut kepada orang yang menderita muntah-muntah untuk dikunyah bersama sedikit garam.

Sesudah dikunyah halus, kencur ditelan. Lakukan 2 kali sehari langkah ini sampai penderita merasa lega.

Meningkatkan Energi
Kencur, jahe, dan kunyit dapat meningkatkan energi. Caranya rebus 2 cm kencur, jahe, dan kayu manis. Minuman hangat ini dianjurkan diminum sebelum tidur.

Kencur dapat meningkatkan energi, kesadaran, membuat tubuh rileks, dan mengatasi kelelahan.

Meningkatkan Nafsu Makan

Ramuan kencur.

Photo :
  • U-Report

Tambahkan jeruk nipis dan madu secukupnya. Kemudian minum obat herbal ini sehari tiga kali sampai batuk mereda.

Meminum ramuan ini digadang-gadang bisa membuat pernapasan lebih lega dan membantu meredakan batuk berdahak lebih cepat.

Selain bisa jadi obat batuk, ternyata bahan herbal ini sering dikonsumsi oleh para penyanyi sebelum mereka tampil untuk membantu menjaga kondisi pita suara sekaligus membuat tenggorokan terasa lebih lega, loh! Namun sayangnya belum ada penelitian yang membuktikan manfaat ini.

Mengurangi Kembung
Kencur bisa mengurangi kembung. Caranya cuci kencur sampai bersih, tambahkan garam secukupnya. Bersihkan lagi kemudian rebus di air hangat.

Cara lain adalah rebus 3 cm kencur dengan gelas air hangat. Tunggu sampai kencur meresap ke air. Kemudian minum larutan ini dua kali sehari untuk mencegah kembung.

Mencegah Kanker
Merangkum Buku 56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan (2018) oleh Yusuf CK Arianto, rimpang kencur juga mengandung etil p-metoksisinamat yang mampu menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler yang berguna sebagai antikanker.

Aroma kencur yang berasal dari kandungan etil p-metoksisinamat dan etil cinnamate juga dapat memberikan efek menenangkan.

Menghilangkan Stres 

Ramuan sehat dari kencur.

Photo :
  • U-Report

Kencur juga ternyata dapat menghilangkan stres. Sebuah penelitian yang dilakuan oleh para peneliti dari Departemen farmasi Universitas Jahangirnagar Bangladesh, berhasil menemukan manfaat kencur. 

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa ekstrak tanaman kencur baik rimpang/akar dan daunnya memiliki sifat antidepresan terhadap sistem saraf pusat yang bisa memberikan efek sedatif atau menenangkan.

Hasil penelitian tersebut turut menguatkan tentang manfaat kencur untuk kesehatan sebagai efek sedatif yang signifikan. Itu sebabnya, banyak orang memanfaatkan kencur sebagai obat yang digunakan untuk mengurangi efek stres, cemas, gelisah, dan depresi. 

Meski demikian, penelitian ini masih membutuhkan riset lebih lanjut mengenai khasiat kencur untuk kesehatan tubuh manusia.

Belimbing Wuluh atau belimbing sayur

Terpopuler: Manfaat Belimbing Wuluh sampai Tanggapan Buya Yahya Soal Kasus Inses

Round-up dari kanal Lifestyle pada Kamis, 28 Maret 2024. Salah satunya mengenai deretan manfaat belimbing wuluh.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024