Pita Suara Ternyata Ada Jenisnya, Kenali dan Cari Tahu Cara Merawatnya

Ilustrasi pita suara
Sumber :
  • Freepik/cookie_studio

VIVA Lifestyle – Pita suara adalah jaringan elastis di dekat tenggorokan tepatnya laring yang berperan menghasilkan suara manusia. Bentuknya seperti huruf V dengan selaput berwarna keputihan.

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Di mana ketika manusia berbicara, akan ada udara yang melewati pita suara dari bawah — saluran napas bawah akan menggetarkan pita suara. Setelah menggetarkan pita suara lalu diteruskan ke daerah rongga mulut. 

Kemudian rongga mulut memegang peran untuk artikulasi. Otot pipi, otot muka, lidah, dan gerakan rahang membantu untuk membentuk artikulasi dari suara yang sudah terbentuk akibat getaran civitas suara.

Puasa Ramadhan Bisa Batal Hanya Karena Obat Tetes Mata? Buya Yahya Bilang Begini

Kasus suara serak

Suara serak.

Photo :
  • U-Report
Bawaslu Putuskan KPU Melanggar dalam Kasus Penggelembungan Suara di Jatim

Jika suara menjadi serak bisa diakibatkan oleh beberapa hal seperti yang dipaparkan oleh dr. Hamida Hayati Faisal, Sp. THT-KL di kanal YouTube Kata Dokter.

  • Pembengkakan pita suara

Sebab pembengkakan pita suara paling umum adalah kelanjutan dari gangguan radang tenggorokan yang bisa karena virus. Infeksinya tidak hanya melibatkan area amandel atau faring bagian atas, tapi sudah ke bagian maring — di mana ada struktur pita suara.

  • Pekerjaan yang sering membutuhkan suara 

Profesi seperti guru atau penyanyi — yang sering menggunakan suara terkadang bisa tumbuh nodul pita suara. Nodul merupakan sebuah benjolan halus yang menempel pada dinding pita suara yang timbul akibat gesekan suara yang berlebihan.

  • Asam lambung

Lokasi saluran pencernaan dan saluran pernapasan saling berdekatan. Maka dari itu, pada orang yang mengidap asam lambung tinggi terkadang ada arus baik ke daerah laring. Apabila terjadi paparan asam lambung secara terus-terusan dan tidak diobati, maka proses radang juga bisa melibatkan aera sekitar pita suara. 

Jenis pita suara

Ilustrasi pita suara

Photo :
  • Freepik/cookie_studio
  • Pita suara asli: struktur dengan bentuk huruf V dengan warna keputihan.
  • Pita suara palsu: struktur di samping pita suara asli yang membantu gerakan dari pita suara.

Cara merawat pita suara

  • Membatasi penggunaan suara dengan istirahat bicara. Kalau diharuskan berbicara, tidak dengan volume yang keras.
  • Jangan kurang asupan cairan
  • Menghindari makanan dan minuman yang berminyak, pedas, coklat, soda, kopi, dan teh 

Tumor pita suara

Ilustrasi tumor

Photo :
  • Freepik/kjpargeter

Kalau seseorang mengalami suara serak selama berbulan-bulan — tidak membaik atau malah semakin berat, perlu diingat bahwa bisa saja ada kemungkinan benjolan atau tumor yang muncul di daerah pita suara.

Tumor pita suara sendiri ada yang jinak dan ganas. Bila disertai penurunan berat badan yang drastis, selera makan menurun, dan nafas berat atau sesak, segara lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya