Cerita Melly Goeslaw Pasca Operasi Bariatrik, Aturan dan Pantangannya

Melly Goeslaw berhasil turunkan berat badan tanpa produk apapun.
Sumber :
  • IG Melly Goeslaw

VIVA Lifestyle  – Belum lama ini, penyanyi Melly Goeslaw menjalani operasi bariatrik. Prosedur operasi bedah bariatrik hadir sebagai opsi lebih efektif untuk menangani kasus obesitas. Diungkap oleh istri dari Anto Hoed ini, tindakan operasi bariatrik ini merupakan langkah besarnya setelah hampir 22 tahun berjuang untuk menurunkan berat badan.

Klaim Tangkis 99 Persen Serangan Rudal dan Drone Iran, Pakar Militer Sebut Israel Halu

"Sejak tahun 2000 saya sudah mencoba berbagai macam metode untuk menurunkan berat badan, mulai dari diet sehat dengan olahraga, konsumsi obat minum sampai suntikan, bahkan bedah kosmetik untuk mengecilkan beberapa area tubuh. Semuanya berujung kegagalan, berat badan turun sesaat, setelah itu meningkat kembali (yo-yo), bahkan menimbulkan rasa trauma," kata dia dalam media group discussion RSPI di Grand Hyatt Jakarta, Jumat 11 November 2022.

Melly Goeslaw

Photo :
  • Instagram
Tukul Arwana Masih Rutin Jalani Terapi, Anak Minta Doa

Lebih lanjut, diungkap oleh Melly Goeslaw mengaku sempat mendapatkan informasi terkait operasi ini. Namun kala itu dirinya tidak begitu menanggapinya lantaran merasa takut. Hingga akhirnya dia bertemu dengan Tompi, yang juga berprofesi sebagai dokter bedah estetika.

"Tompi ngasih masukan, bilang kenapa enggak bariatrik aja. Temen ngasih masukan ke Kuala Lumpur, komunikasi sama temen di sana. Tapi COVID naik lagi suami mikir kalau keluar negeri terpapar dan harus isolasi dan lain-lain. Kita pikir lagi kenapa gak lakuin di Indonesia," kata dia.

Yordania Izinkan Israel-AS Gunakan Wilayah Udaranya untuk Tangkis Serangan Iran

Di sisi lain, Spesialis bedah subspesialis bedah digestif RS Pondok Indah-Pondok Indah, Dr. dr. Peter Ian Limas, Sp.B,SubSp.BDig, mengungkap beberapa hal yang perlu dijalani oleh Melly Goeslaw sebelum melakukan prosedur operasi ini.

"Persiapan ada dua minggu diet rendah kalori karena kita bekerja di bawah liver, kalau overweight ukuran liver akan besar," kata dia.

Sementara itu, pasca menjalani operasi bariatrik ini para pasien juga harus mematuhi beberapa aturan makan. "Diet cair dua minggu, diet bubur dua minggu, baru makan biasa tapi dalam porsi kecil. Lebih banyak konsumsi protein agar tidak menggerogoti otot sehingga pasien lemas. Jangan makan sampai muntah, belajar berhenti sebelum kenyang," kata dia.

Sementara itu, Melly mengungkap bahwa pasca dua hari menjalani operasi bariatrik dirinya sudah bisa kembali ke rumahnya dan menjalani aktivitas seperti biasa.

"Dua minggu aku air aja teh tawar, susu protein abis dua minggu bubur cair baru bubur yang agak kental," kata dia.

Di sisi lain, istri dari Anto Hoed ini mengaku bahwa mengalami begitu banyak perubahan yang positif usai menjalani operasi ini. 

"Aku merasa perubahan baik karena makanan bagus dan enggak banyak (makanan) sampah masuk ke tubuh aku," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya