6 Hal Ini Akan Terjadi pada Tubuh Saat Makan Buah Bit

Buah bit.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Bit adalah sayuran akar bersahaja yang datang dalam beberapa varietas termasuk merah tua, rona kuning/oranye, dan varietas bit gula putih. 

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Bit merah tua adalah yang paling populer dan sering ditemukan mentah di bagian produk, dimasak di bagian barang kemasan berpendingin, atau dijus. Scroll untuk simak artikel selengkapnya. 

Akar bukan satu-satunya bagian dari sayuran yang bisa Anda makan; sayuran bit juga dapat dimakan dan banyak orang memasaknya mirip dengan sayuran collard, demikian dilansir dari laman Eat This.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Apa pun jenisnya, bit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Mereka tinggi potasium, nitrat, serat, dan antioksidan. Banyak ahli percaya bahwa mereka adalah pembangkit tenaga listrik untuk aliran darah dalam sirkulasi, menurunkan peradangan, dan jalur detoksifikasi dalam tubuh.

1. Manfaat buah Bit untuk kesehatan jantung

5 Rekomandasi Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi, Sayuran Hijau Paling Wajib

Ilustrasi denyut jantung

Photo :
  • Times of India

Jika Anda belum pernah menyukai rasa bit sebelumnya, Anda bahkan dapat mempelajari beberapa cara baru yang lezat untuk memakannya!

Jika Anda mencari cara baru untuk memasukkan bit ke dalam makanan Anda, pertimbangkan Salad Bit, Arugula, dan Persik ini atau salah satu resep smoothie ini! Baca terus, dan untuk lebih lanjut, jangan lewatkan Apa yang Terjadi pada Tubuh Anda Saat Anda Makan Kentang.

2. Menurunkan tekanan darah

Bit memiliki efek yang sangat unik pada tekanan darah dibandingkan dengan sayuran lainnya. Karena kandungan potasium dan nitratnya, mereka sangat kuat untuk menurunkan tekanan darah. 

Kita tahu bahwa diet tinggi tanaman meningkatkan kalium dan menurunkan tekanan darah. Nitrat juga dikenal untuk memperluas pembuluh darah dalam tubuh, juga disebut vasodilatasi, yang berarti jantung kita tidak harus bekerja keras untuk mengedarkan aliran darah.

Shannon Western, BSc., MSc., ahli gizi terdaftar di Inggris, dan Pendiri Ease Nutrition Therapy menjelaskan bagaimana bit telah terbukti membantu tekanan darah: "Bet telah ditemukan untuk mengurangi tekanan darah pada mereka yang minum jus bit. Ini adalah karena nitrat dalam bit. Dampak jus bit pada tekanan darah tetap hingga tiga bulan setelah berhenti meminumnya. Jus bit hanya memungkinkan lebih banyak bit untuk dikonsumsi dalam satu porsi."

3. Kesehatan usus

Ilustrasi kanker usus besar.

Photo :
  • U-Report

Bit mengandung serat spesifik yang memberi makan mikrobioma. Kita sekarang tahu bahwa serat ini bertindak sebagai prebiotik, yang meningkatkan jumlah dan keragaman bakteri baik kita. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa prebiotik dapat meningkatkan efek probiotik — "bakteri baik" — pada kesehatan usus kita.

Anya Rosen, MS, RD, LD, IFNCP, CPT, seorang praktisi kedokteran fungsional dan pendiri klinik Birchwell, memberi tahu kami mengapa dia merekomendasikan makan bit dalam praktiknya. Bit luar biasa untuk kesehatan usus. 

Mereka mengandung senyawa seperti pektin dan pektin-oligosakarida yang telah terbukti bermanfaat bagi mikrobiota usus, yang berarti bahwa mereka memelihara bakteri 'baik'. Senyawa lain yang ditemukan dalam bit, seperti betalain dan fenolik, mungkin meningkatkan asam lemak rantai pendek di usus. Ini dapat mengurangi peradangan, memperkuat penghalang usus, dan banyak lagi. Jangan panik jika kotoran Anda berubah menjadi merah; itu karena betacyanin, "kata Rosen.

4. Sebagai detoks alami

Buah Bit

Photo :
  • Eat This

Bit mendukung jalur detoksifikasi alami kita—hati kita! Meskipun beberapa perusahaan suplemen nutrisi akan membuat Anda percaya secara berbeda, hati kita cukup mampu mendetoksifikasi tubuh kita sendiri. Sebenarnya, itulah salah satu fungsi utamanya.

Namun, bukan berarti diet tidak bisa berperan dalam mendukung kesehatan hati dan detoksifikasi. Kami menemukan ribuan bahan kimia dan molekul yang dapat berbahaya bagi kami jika mereka menumpuk di dalam tubuh. Hati dapat mengeluarkan zat berbahaya ini sehingga tidak diserap oleh tubuh.

Betalain adalah nutrisi dalam bit yang bertanggung jawab untuk meningkatkan dukungan jalur detoksifikasi. Betalains meningkatkan produksi glutathione, yang merupakan enzim yang secara alami mendukung detoksifikasi hati. Glutathione adalah enzim kuat yang sedang diteliti untuk segala hal mulai dari anti-penuaan hingga penyakit hati berlemak.

Bit dikemas dengan antioksidan yang membantu menetralkan sel-sel yang berpotensi berbahaya. Antioksidan telah terbukti melindungi terhadap sel kanker.

Buah-buahan dan sayuran berwarna-warni kaya akan antioksidan. Setiap warna mewakili kelas yang berbeda dari senyawa anti-inflamasi, yang masing-masing memiliki fungsi sendiri dalam tubuh.

Betaxanthins adalah nutrisi yang hidup dalam bit emas atau oranye. Nutrisi ini adalah bagian dari kelas antioksidan yang lebih besar yang disebut betalains. Betalains dikenal untuk menurunkan peradangan dan membantu melawan sel-sel teroksidasi yang mungkin berpotensi berbahaya.

5. Membuat pencernaan teratur

Dengan hampir empat gram serat per cangkir bit, Anda berada di jalur yang tepat untuk memenuhi jumlah serat yang disarankan yaitu 25 gram per hari. Bit mengandung serat larut, yang membantu meningkatkan kebersihan kamar mandi dan mencegah atau mengelola sembelit.

Untuk pencernaan, ini sangat besar. Lebih banyak serat dikaitkan dengan kebiasaan mandi yang teratur dan mencegah penyakit gastrointestinal dan beberapa jenis kanker. Serat juga bertindak sebagai prebiotik yang "memberi makan" bakteri sehat di usus kita.

6. Peningkatan sirkulasi

Anda mungkin menemukan atlet profesional menggembar-gemborkan jus bit mereka setelah latihan mereka. Ini karena manfaat peningkatan sirkulasi membantu membawa aliran darah ke otot-otot yang perlu diperbaiki setelah sesi latihan berat.

Nitrat dalam bit bertanggung jawab atas peningkatan aliran darah dan manfaatnya. Ahli diet terdaftar Mandy Tyler, M.Ed., RD, CSSD, LD menjelaskan bagaimana nitrat meningkatkan sirkulasi.

"Bit adalah sumber nitrat, yang diubah menjadi oksida nitrat dalam tubuh. Oksida nitrat mempengaruhi vasodilatasi, atau peningkatan aliran darah, dan bronkodilatasi, yang membuat pernapasan lebih mudah. ??Untuk atlet dan individu yang aktif, peningkatan aliran darah ke otot yang bekerja dapat memberikan keuntungan kinerja. Kuncinya adalah mengonsumsi nitrat diet yang cukup untuk mendapatkan efek positif ini, itulah sebabnya bentuk terkonsentrasi, seperti jus bit atau bit tembakan dikonsumsi," kata Tyler.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya