Ikuti 4 Cara Ini untuk Hindari Prediabete dan Diabetes

Seorang pria mengecek gula darah diabetes
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Pradiabetes sama mengkhawatirkannya dengan diabetes dan perlu dikontrol sebelum berkembang. Prevalensi prediabetes meningkat di negara di kalangan orang dewasa muda khususnya.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Pradiabetes sama mengkhawatirkannya dengan diabetes dan perlu dikontrol sebelum berkembang. Prevalensi prediabetes meningkat di negara di kalangan orang dewasa muda khususnya. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

Pradiabetes adalah kondisi tanpa gejala dan beberapa gejala yang terkait dengannya tumpang tindih dengan komplikasi lain sehingga mudah diabaikan. Namun, untuk meminimalkan risiko terkena diabetes, sangat penting untuk mengetahui apakah Anda mengidapnya atau tidak, demikian dilansir dari Times of India.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Ada beberapa tanda yang terkait erat dengan pradiabetes meskipun dapat menunjukkan beberapa komplikasi lain. Tanda-tanda ini adalah: pigmentasi pada kulit di sekitar leher dan ketiak yang dikenal sebagai acanthosis nigricans, penambahan berat badan, peningkatan berat badan di sekitar daerah perut, tag kulit di sekitar leher, keinginan gula, kekurangan energi, lesu, nyeri tubuh, sakit kepala, dan merasa mengantuk. setelah makan berat.

1. Makanan yang harus dimakan

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Makanan diabetes

Photo :
  • Eat This

Jika Anda telah didiagnosis menderita pradiabetes, sangat penting untuk mulai menjaga pola makan karena tubuh Anda sudah rentan terhadap diabetes dan penyakitnya berkembang pesat.

Diabetes atau pradiabetes tubuh mengalami kesulitan dalam menurunkan lonjakan gula darah setelah makan. Oleh karena itu Anda perlu mengawasi asupan karbohidrat untuk mengelola lonjakan gula darah.

Sertakan lebih banyak makanan kaya serat seperti kacang-kacangan, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, biji-bijian, serta buah-buahan dan sayuran musiman sehingga Anda tetap kenyang untuk waktu yang lebih lama. Ini mengurangi keinginan mengidam sebelum waktunya dan tidak sehat.

Anda juga harus mengetahui indeks glikemik makanan. Indeks glikemik atau GI makanan digunakan untuk menentukan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi gula darah Anda. Secara umum diyakini bahwa makanan dengan GI tinggi memengaruhi peningkatan gula darah dan sebaliknya.

2. Bagaimana harus makan

Selalu perhatikan ukuran porsi Anda. Makanlah dalam porsi kecil secara berkala, bukan satu porsi besar sekaligus. Ini menghilangkan waktu makan dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menangani kadar gula.

Jangan menghilangkan karbohidrat sepenuhnya dari diet Anda karena mereka sangat penting dalam memberi Anda energi. Alih-alih makan porsi yang lebih kecil dari makanan yang memberi energi ini. Selain itu, seseorang harus memasukkan banyak air sebelum dan sesudah makan dan juga sepanjang hari.

3. Diet dan olahraga berjalan seiring

Olahraga tulang

Photo :
  • Eat This

Diet dan olahraga berjalan beriringan. Anda tidak akan pernah bisa mendapatkan manfaat penuh dari salah satu dari mereka tanpa menggabungkan yang lain.

Organisasi kesehatan telah menyarankan bahwa orang dewasa harus mendapatkan setidaknya 150 hingga 300 menit aktivitas aerobik intensitas sedang per minggu atau 75 hingga 150 menit aktivitas aerobik intensitas kuat per minggu atau kombinasi setara aktivitas aerobik intensitas sedang dan kuat setiap minggu. .

Jangan memaksakan diri untuk berolahraga berat. Kegiatan berdampak rendah seperti berjalan, jogging, dan bahkan menari juga dapat membantu mencegah timbulnya diabetes.

4. Tes pradiabetes

Diagnosis pradiabetes dilakukan melalui tes darah yang sama yang dilakukan untuk diabetes. Jika Anda ragu dengan kadar gula darah Anda, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter dan melakukan tes Hba1c, glukosa darah puasa dan glukosa postprandial.

Tes-tes ini akan memberikan perkiraan kadar gula darah selama periode puasa, cara tubuh Anda merespons gula setelah makan dan profil gula darah dalam tubuh Anda selama lebih dari 2-3 bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya