Terlalu Sedikit Vitamin D Mempercepat Penuaan Otak, 9 Cara Ini Bisa Memperbaikinya

Ilustrasi perempuan minum pil
Ilustrasi perempuan minum pil
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle  – Vitamin D sangat penting untuk tulang sehat yang kuat dan ketika kita kekurangan nutrisi penting, perubahan suasana hati dapat terjadi, kelelahan, kelemahan otot dan sekarang mempercepat penuaan otak, menurut sebuah penelitian. 

"Kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan penurunan fungsi neurokognitif dan proses neurodegeneratif," kata Jagdish Khubchandani, Profesor Kesehatan Masyarakat di New Mexico State University. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

Dr Khubchandani menjelaskan penelitian menunjukkan kekurangan Vitamin D terkait dengan percepatan penuaan otak dan mengurangi kepadatan otak total dan massa materi abu-abu (materi abu-abu adalah lapisan luar otak yang bertanggung jawab untuk mengendalikan pemikiran, memori, emosi, dan gerakan tubuh). 

Peneliti melihat data MRI dan kadar vitamin D dari lebih dari 1.800 orang dalam populasi umum dan menemukan hubungan antara vitamin D dan struktur otak.

"Studi baru ini menambah basis pengetahuan yang ada tentang hubungan antara vitamin D dan fungsi otak. Di luar studi baru yang menunjukkan hubungan antara struktur otak dan Vitamin D, vitamin ini juga terkait dengan fungsi otak secara langsung dan tidak langsung (karena perubahan struktur otak)," ujar Dr Khubchandani

Apa yang perlu diketahui tentang studi

Ilustrasi penuaan dini.

Ilustrasi penuaan dini.

Photo :
  • U-Report

Sebanyak 1.865 orang berpartisipasi dan data MRI struktural dan kadar vitamin D diperoleh. Studi tersebut menyatakan, regresi linier diterapkan untuk menyelidiki hubungan kadar vitamin D dan defisiensi vitamin D dengan pencitraan yang diturunkan dari usia otak, total otak, materi abu-abu dan volume hipokampus. 

Kumpulan kovariat yang berbeda dimasukkan. Kekurangan vitamin D secara signifikan terkait dengan peningkatan usia otak. Juga, kadar vitamin D linier secara signifikan terkait dengan total volume otak dan materi abu-abu, sementara tidak ada hubungan signifikan dengan volume hipokampus yang ditemukan.

Selain itu, hasil dari penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kadar vitamin D yang rendah dan kekurangan vitamin D terlibat dalam patofisiologi berbagai defisit neuropsikologis dan percepatan penuaan otak dan gangguan fungsi memori. 

Halaman Selanjutnya
img_title