4 Minuman Ini Dapat Membantu Melawan Demam Berdarah

Ilustrasi Tes Demam Berdarah
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Penyakit demam berdarah dengue (DBD) masih menjadi masalah kesehatan dan ancaman serius di sejumlah wilayah di Indonesia. Pasalnya penyakit ini tidak hanya berdampak terhadap sektor kesehatan, namun juga sektor sosial dan ekonomi masyarakat. Peningkatan kasus DBD terus terjadi terutama saat musim hujan.

Masyarakat Diminta Waspada DBD dan HFMD, Kemenkes: Penyakit Tak Libur saat Libur Lebaran

Menurut para ahli kesehatan, tidak ada obat antivirus tunggal yang dapat mengobati demam berdarah. Oleh karena itu, terapi pemeliharaan seperti rehidrasi oral, antipiretik untuk menurunkan demamsangat penting. Pasien dengan gejala parah diberikan perawatan terbaik di rumah sakit. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

Pasien demam berdarah harus menjaga diri tetap terhidrasi, dan minum maksimal 4 liter air setiap hari. Berikut adalah beberapa minuman yang dapat membantu orang yang menderita demam berdarah dikutip dari Times of India.

Pemilik Mobil Ini Niat Curhat karena Merasa Terzalimi Pengendara Lain, Eh Malah Kena Hujat

1. Jus daun pepaya

Manfaat daun Pepaya

Photo :
  • U-Report
Kemenkes Catat Lebih dari 60 Ribu Kasus DBD di Indonesia, Pemudik Harus Waspada

Jus daun pepaya adalah obat populer untuk meningkatkan jumlah trombosit, yang turun pada pasien demam berdarah. Ini juga membantu memperkuat kekebalan Anda. Ambil beberapa daun pepaya dan hancurkan untuk mengekstrak jusnya. Konsumsilah sedikit jus daun pepaya dua kali sehari.

2. Jus jambu biji segar

Jus jambu biji kaya akan vitamin C yang meningkatkan kekebalan yang sangat dibutuhkan. Pastikan Anda menyiapkan jus jambu biji segar daripada minum jus kemasan. Anda juga bisa makan jambu biji segar sebagai pengganti jus.

3. Air Tulsi

Daun tulsi telah digunakan untuk mencegah demam berdarah secara tradisional. Hal ini diyakini untuk membantu dalam memerangi infeksi dan membantu pemulihan yang cepat. Rebus daun tulsi segar dalam air dan saring. Anda juga bisa menambahkan jus lemon atau madu ke dalam minuman.

4. Jus pare

Sayuran Pare

Photo :
  • Freepik

Sesuai beberapa penelitian, ekstrak Karela telah menunjukkan tindakan penghambatan terhadap perbanyakan virus dengue. Untuk membuat jus, kupas kulitnya terlebih dahulu dan potong-potong. 
Tambahkan segelas air dan haluskan. Setelah tercampur, saring cairannya. Anda bisa menambahkan lebih banyak air untuk rasa pahit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya