Ampuh Deteksi Penyakit Fatal, Ini Sejarah Hari Patologi Internasional

Ilustrasi Patologi, dokter bedah
Sumber :
  • Pixabay/ Mitrey

VIVA Lifestyle – Hari Patologi Internasional diselenggarakan setiap bulan November, di mana pada tahun 2022 mengusung tema ‘Pathologists: Hand In Hand, All Together, For A Better World’ seraya mendukung tema HUT IDI ke-72 ‘Berbakti Untuk Negeri, Mengabdi Untuk Rakyat, Satu IDI Terus Maju’. Melalui peringatan ini, digelar acara bakti sosial secara bersama dan diselenggarakan secara serentak di 24 kota di seluruh Indonesia.

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Kegiatan puncak Hari Patologi Internasional 2022 ini dibuka dengan jalan sehat bersama Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT bersama seluruh peserta dan masyarakat umum. Dalam sambutannya, dr Adib menyampaikan bahwa Patologi merupakan peran kunci dalam mendeteksi dan mendiagnosa penyakit pada tubuh manusia.

"Dalam perkembangannya bidang patologi ini mendapat banyak tantangan. Beberapa tantangan yang dihadapi saat ini, baik secara global maupun di Indonesia adalah kekurangan sumber daya manusia sebagai ahli dibidang patologi. Meningkatnya kebutuhan dan kompleksitas tes dan beban kerja juga dikarenakan oleh peningkatan populasi penduduk, serta peningkatan angka kejadian penyakit kanker serta penyakit infeksi," kata Adib, dalam keterangannya.

Sosok Dewi Puspitorini, Jenderal Bintang 1 Jabat Dokter Ahli CVC di RSPAD

Peringatan Hari Patologi

Photo :
  • IDI

Kegiatan ini digelar di kota Jakarta yaitu di Gelora Bung Karno dengan penyelenggara kerja sama antara Pengurus Pusat IAPI, Pengurus Pusat PDS PatKLIn, Pengurus Pusat PDFI dengan Pengurus Cabang Jakarta dari masing-masing perhimpunan tersebut. Acara ini dikemas dengan suasana yang santai dan "fun" disertai dengan kegiatan olahraga bersama dan permainan yang dapat diikuti oleh keluarga besar patologi maupun masyarakat umum.

Khawatir Dokter Gadungan? PB IDI Beri Cara Identifikasinya

"Kegiatan bersama ini menjadi wadah untuk menyampaikan informasi kesehatan seluas-luasnya, khususnya di bidang patologi klinik, patologi anatomik, dan patologi forensik secara langsung ke masyarakat serta peran patologi dalam pelayanan kesehatan," ujar Ketua Panitia Nasional Hari Patologi Internasional di Indonesia tahun 2022, Dr dr Diah Rini, SpPA.

Acara tersebut diadakan oleh seluruh pathologis di Indonesia yaitu yang terdiri atas dokter spesialis Patologi Klinik (Sp.PK), dokter Spesialis Patologi Anatomik (Sp.PA) dan dokter Spesialis Forensik (Sp.FM) yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium Indonesia (PDS PatKLIn), Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Anatomik Indonosia (IAPI), dan Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia (PDFI).

"Melalui kegiatan ini dan kegiatan-kegiatan setema di kota-kota lain di Indonesia dapat terbina rasa kekeluargaan di antara anggota ketiga organisasi profesi ini dan dapat meningkatkan kerja sama yang baik demi peningkatan kualitas layanan kesehatan bagi penduduk Indonesia," katanya.

Sejarah Hari Patologi

Patologi adalah salah satu cabang ilmu Kedokteran yang mempelajari penyebab dan sifat suatu penyakit. Seorang dokter yang berspesialisasi dalam bidang kedokteran ini disebut seorang Pathologist (ahli bidang patologi atau ahli patologi). 

Pathologist melakukan pemeriksaan dari berbagai bagian tubuh untuk mendiagnosa suatu penyakit. Bagian tubuh yang dimaksud meliputi jaringan tubuh, organ tubuh dan cairan tubuh. Selain itu Pathologist juga membantu menentukan penyebab kematian dari bagian tubuh tersebut yang didapat dari tindakan autopsi. Saat ini terdaftar lebih kurang 1800 dokter Sp.PK, 800 dokter Sp.PA, dan 400 dokter Sp.FM yang tersebar di seluruh Indonesia.  

Mengulas balik sejarah keberadaan dokter ahli di bidang Patologi di Indonesia, bermula di tahun 1968, yaitu pada penyelenggaran seminar patologi pertama di Indonesia yang bekerja sama dengan WHO, digagas pembentukan Organisasi Profesi Ikatan Ahli Patologi Indonesia. Sejalan dengan kemajuan ilmu kedokteran dan tuntutan pelayanan kesehatan di Indonesia, Organisasi Profesi tersebut berkembang menjadi tiga organisasi profesi dokter spesialis. 

Ketiganya antara lain Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium Indonesia (PDS PatKLIn), Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Anatomik Indonosia (IAPI), dan Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia (PDFI) yang merupakan bagian dan bernaung pada Organisasi Profesi Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Sementara itu, Hari Patologi International diinisiasi pelaksanaannya oleh perkumpulan dokter spesialis patologi di Inggris (Royal College of Pathologists) pada Tahun 2014, dan sejak itu diperingati secara rutin pada setiap awal bulan November. Kegiatan Hari Patologi Internasional diperingati sebagai ajang berkumpulnya dokter ahli patologi (Pathologist) dari berbagai belahan dunia untuk saling berbagi ilmu mengenai kemajuan di bidang Patologi dan isu terkini masalah kesehatan global yang berhubungan dengan layanan Patologi dan Kedokteran Laboratorium.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya