Studi Terbaru: Perubahan Otak Signifikan Terdeteksi pada Penderita Covid Jangka Panjang

Ilustrasi otak manusia.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Otak beberapa penderita Covid-19 dapat berubah karenapenyakit ini, sebuah studi baru yang menggunakan mesin MRI khusus telah ditemukan. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Pada hari Senin, Radiological Society of North America (RSNA) merilis temuannya setelah menggunakan jenis khusus mesin MRI untuk mengukur efek jangka panjang dari Covid.

Pemindaian mengungkapkan kelainan otak yang signifikan pada orang pasca-Covid yang dapat menjelaskan masalah kognitif, kecemasan, dan masalah tidur, menurut pernyataan dari RSNA, melansir People, Selasa 22 November 2022. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Ilustrasi otak manusia.

Photo :
  • U-Report

Para peneliti mempelajari dan mengidentifikasi perubahan pada batang otak dan lobus frontal pada pasien, bahkan terkadang enam bulan setelah infeksi Covid, kata RSNA.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Daerah otak yang terkena terkait dengan kelelahan, insomnia, kecemasan, depresi, sakit kepala, dan masalah kognitif, menurut penelitian tersebut.

"Studi kami menyoroti aspek baru dari efek neurologis Covid-19 ini dan melaporkan kelainan signifikan pada penyintas Covid," kata rekan penulis studi, Sapna S. Mishra, Ph.D.

Untuk penelitian tersebut, para peneliti menggunakan pencitraan tertimbang kerentanan untuk mengukur dampak Covid-19 terhadap otak. Jenis pencitraan ini sering digunakan untuk mendeteksi dan memantau banyak kondisi neurologis termasuk microbleeds, tumor otak, dan stroke, menurut RSNA.

Ilustrasi vaksin COVID-19.

Photo :
  • Pexels/Maksim Goncharenok

Para peneliti menganalisis data dari 46 pasien sembuh Covid dan 30 pasien kontrol yang sehat dan menemukan bahwa pasien dengan Covid lama biasanya mencatat gejala seperti kelelahan, sulit tidur, kurang perhatian, dan masalah ingatan.

"Studi ini menunjukkan komplikasi serius jangka panjang yang mungkin disebabkan oleh virus corona, bahkan berbulan-bulan setelah sembuh dari infeksi," kata Mishra. "Temuan ini berasal dari jendela temporal kecil. Namun, titik waktu longitudinal selama beberapa tahun akan menjelaskan jika ada perubahan permanen."

Orang Amerika yang selamat dari Covid memiliki kemungkinan 20 persen untuk menghadapi gejala Covid yang lama setelah infeksi mereka, menurut sebuah penelitian besar dari Pusat Pengendalian Penyakit, yang dirilis Januari.

Di antara penyintas Covid-19 dewasa di bawah usia 65 tahun, 1 dari 5 terus menghadapi setidaknya satu gejala Covid-19 yang panjang seperti kabut otak, pembekuan darah, gagal ginjal, masalah pernapasan, masalah kardiovaskular, dan kondisi otot.

Ilustrasi otak.

Photo :
  • U-Report

Risiko Covid lama bahkan lebih tinggi untuk penyintas virus di atas usia 65 tahun, dengan 1 dari 4 menghadapi gejala yang menetap setelah penyakit awal mereka. Mereka juga berisiko lebih tinggi mengalami gagal ginjal dan kondisi neurologis dibandingkan kelompok usia yang lebih muda.

Studi tersebut mengamati catatan medis hampir 2 juta orang Amerika untuk membandingkan kondisi kesehatan mereka yang mengidap Covid-19 dan mereka yang tidak. Studi diperpanjang dari Maret 2020 hingga Oktober 2021.

Gejala Covid panjang yang paling umum adalah masalah pernapasan dan nyeri otot atau persendian.

Gejala Covid yang panjang ini dapat "mempengaruhi kemampuan pasien untuk berkontribusi pada tenaga kerja dan mungkin memiliki konsekuensi ekonomi bagi orang yang selamat dan tanggungan mereka," kata penulis penelitian, dan bahwa "persyaratan perawatan mungkin membebani layanan kesehatan."

Mereka juga mengatakan temuan mereka menunjukkan perlunya "penilaian rutin untuk kondisi pasca-Covid di antara" orang yang tertular virus, dan "penting untuk mengurangi kejadian dan dampak kondisi pasca-Covid."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya