Mengenal Interseks, Orang yang Lahir dengan Jenis Kelamin Ganda

Ilustrasi interseks
Sumber :
  • United Nations

VIVA Lifestyle – Interseks adalah istilah untuk menggambarkan kondisi seseorang yang terlahir dengan dua jenis kelamin yang berbeda. Sebelumnya keadaan ini kerap disebut dengan hermafrodit. 

3 Cara Bikin Pasangan Happy di atas Ranjang dan Gak Bosen Sama Kamu

Orang dengan kondisi ini tampak seperti wanita atau pria pada umumnya namun mempunyai organ reproduksi ganda. 

Dilansir dari Medical News Today, beberapa ciri interseks mungkin terlihat saat lahir. Ada pula yang tidak muncul sampai orang tersebut mencapai masa pubertas. Dalam beberapa kasus bahkan seseorang mungkin tidak pernah tahu bahwa ia adalah interseks. 

Warga Kian Resah Dengan Maraknya Pelacuran di Jalanan Kota Ini

Ciri-ciri interseks dari lahir 

Ilustrasi interseks

Photo :
  • Jstor Daily
Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan 3 Penyakit Ini, Berujung pada Masalah Seksual

Seperti yang sudah diutarakan, interseks bisa diketahui sejak lahir dengan ciri sebagai berikut.

  • Tidak ada lubang vagina
  • Ukuran klitoris lebih besar
  • Labia (bibir vagina) tertutup atau menyerupai kantung zakar
  • Ukuran penis kecil
  • Tidak ada lubang atau bukaan di ujung penis 
  • Skrotum (kantung zakar) kosong dan mirip dengan labia 

Dalam beberapa kasus interseks, orang yang mempunyai lebih banyak ciri-ciri biologis pria saat kecil bisa terlihat lebih feminin setelah pubertas atau sebaliknya. 

Penyebab interseks serta jenisnya

Ilustrasi interseks

Photo :
  • Medium

Wanita memiliki kromosom XX sementara pria kromosom XY. Orang yang terlahir sebagai interseks diduga memiliki susunan kromosom X dan Y yang berbeda saat di dalam kandungan. Ini jenis interseks secara genetik.

1. 46, XX interseks 

Jenis ini memiliki kromosom seks wanita dan organ reproduksi wanita yaitu ovarium (sel indung telur), rahim, dan tuba falopi. Tapi alat kelamin luarnya terlihat seperti alat kelamin pria. 

Bagian labia akan menyatu dan ukuran klitoris membesar sehingga tampak seperti penis. Hal yang menyebabkan tipe ini ada yakni:

  • Hiperplasia adrenal kongenital (kelainan genetik yang membuat kelenjar adrenal bekerja terlalu aktif sehingga penampilan fisik wanita tampak lebih maskulin)
  • Terlahir dari ibu yang menggunakan terapi testosteron selama mengandung atau mengidap tumor ovarium
  • Kekurangan aromatase (enzim yang berperan dalam mengubah hormon seks pria menjadi hormon wanita)

2. 46, XY interseks

Orang yang lahir dengan tipe interseks ini mempunyai kromosom pria tapi alat kelamin bagian luarnya tidak terbentuk sempurna dan menyerupai alat kelamin wanita. Penyebabnya antara lain:

  • Sindrom insensivitas androgen (kelainan genetik saat seorang terlahir dengan kromosom pria tapi tubuhnya tak merespons hormon androgen sehingga fisik seseorang tampak seperti wanita)
  • Gangguan pada testis yang menyebabkan tidak memproduksi hormon seks dengan benar
  • Gangguan pada hormon testoteron

3. 46, XX ovotesticular intersex (true gonadal intersex)

Jenis ini bisa dibilang yang paling langka. Bahkan penyebabnya belum diketahui dengan jelas. Orang dengan true gonadal intersex mempunyai jaringan ovarium dan testis. 

Mereka juga kemungkinan memiliki kromosom XX, kromosom XY, atau keduanya dengan alat kelamin seperti pria atau wanita dan bisa terlihat berbeda dari keduanya. 

4. Sex chromosome intersex

Adanya interseks juga bisa disebabkan jika seseorang mempunyai pola kromosom selain XY atau XX. Misalnya hanya memiliki satu kromosom X (XO) atau kromosom ekstra (XXY). 

Bayi yang terlahir sebagai interseks jenis ini dapat memiliki organ reproduksi internal dan eksternal seperti pria atau wanita. Namun mereka tidak mengalami perkembangan fisik penuh ketika pubertas. Contohnya terlahir dengan organ intim wanita tapi mungkin tidak akan mengalami menstruasi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya